Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Tuesday, 2 August 2016

Cara membuat mini book

mini book

     Rasanya dihampir setiap meja kerja para ibu-ibu terpampang foto anaknya. Tidak terkecuali aq.xixixixi.... 

    Ya iyalah, secara seharian ga ketemu anak. Salah satu obat kangennya ya itu tadi. Majang foto anak dimeja kerja. Hem, kalo foto doang kayaknya masih ada yang kurang gitu. Aq mau ada kata-kata sebagai ungkapan isi hatiku untuk shakila. 

     Kayaknya kalo bikin mini book lucu juga ya. Ok lah, mari kita bikin kalo gitu.

    Pertama aq bikin kata-katanya di excel (pake yang gampang-gampang aja). 
Tes print, untuk sesuaikan besarnya buku yang kita inginkan. Aq pakai ukuran kertas A4. 1 kertas bisa untuk 2 atau 3 buku. Tergantung seberapa besar dan tebal halaman yang mau kita buat. Kalo udah sesuai, ya print benerannya deh.

    Potong kertas sesuai ukuran. Aq buat sekitar 30 halaman. Jadi ada proses sambung menyambungnya deh.

    Lipat kertas yang sudah dipotong seperti kita membuat kipas. Pasti bisa kan?

Jangan lupa kasiih lebihan ya untuk cover depan dan belakang. Biar bisa dilipat & di lem seperti buku.

Jadi deh...

Eh tapi, ini buku enaknya ditaro dimana ya? hem.... 
Kayaknya enaknya taro di kalender aja tuh ya. di deket fotonya shakila. Tapi pake apa ya? Nyari kardus kecil bekas korek api ga ada. Akhirnya nemu isi steples.hehehehe... pake itu aja deh.

Isi steplesnya dikasih double tip biar bisa nempel dikalender.

Karena aq pakai isi steples yang kecil, jadi lebarnya cuma muat untuk 2 buah buku aja.


Gimanaaaa..... ada yang tertarik bikin mini book? Bagus juga loh buat kado orang terkasih. Bikin yang banyak, isinya curhat tentang si dia. Taro di dalam box kecil, boxnya kasih pita. Huaaa... pasti klepek-klepek dah tuh yang nerima. Apalagi isinya rayuan maut.....














Tuesday, 26 July 2016

ulang tahun shakila yang ke-5 (part-1/3)

5th b'day shakila part-2


Pukul 15.00 teman-temannya shakila satu per satu mulai dateng. Shakila harus stand by nih di depan. Ada aunty fitri dan aunty retno sebagai penerima tamu.


Ditulis dulu namanya di topi ya. Biar MCnya gampang manggil nama-namanya


Jam sudah menunjukkan pukul 15.30 wib. Isyarat dari papanya shakila, acara dimulai aja. Kasian yang udah dateng dari jam 3. Ok, isyaratpun aq lanjutkan ke gurunya shakila yang bertugas sebagai MC.

Acarapun dimulai, shakila mulai masuk dan berdiri di depan.


Setelah semuanya tenang, acara dibuka dengan doa bersama.
dilanjutkan dengan acara puncak, yaitu tiup lilin. Haduh, bagian ini harusnya bagian yang terpenting ya. Maunya papa & bundanya shakila berdiri berdampingan disampingnya shakila. trus cium shakila di pipi kanan & kiri. Tapi apa daya, papa & bundanya shakila merangkap jadi seksi dokumentasi juga. jadinya kita gantian deh. aq aja sampe lupa cium shakila (T _T).


Potong kuenya, potong kuenya, potong kuenya sekarang juga, sekaraaaangggg juuuugaaaaa, sekaraaaaanggg juuugaaaaa...






Sekarang gantian, papanya shakila.
 
Disuruh sayang papa (cium) ga mau, akhirnya papanya yang cium.


 Eh Shakilanya nangis. Mungkin dia terharu

Rayu-rayu lagi biar dia mau tetep didepan



Lanjut ke acara game. Aturan mainnya begini : akan ada musik yang dimainkan, peserta harus oper tongkat perinya shakila. Begitu musik berhenti, orang terakhir yang pegang tongkat itulah yang maju. Saat maju ada 5 balon yang harus dipilih. Tiap balon berisi 1 pertanyaan seputar shakila. Pertanyaannya sih gampang-gampang aja.
1. Siapa nama lengkap shakila ?
2. Shakila ulang tahun yang keberapa?
3. Shakila sekolah dimana?
4. Berapa tanggal lahir shakila?
5. Apa bahasa inggrisnya 5 ?

Ada 5 buah hadiah buat yang maju dan jawab pertanyaan dengan benar.

Waktu balon dipecahkan, semua tutup kuping tanpa terkecuali shakila. Shakila sempet nangis juga nih gara-gara ada acara pecahin balon. Dia kan takut sama suara-suara yang menggelegar.

Untuk yang ga kedapetan hadiah, ada hadiah hiburan berupa balon.

Ayo siapa yang berani maju buat nyanyiiiii...??

Tepat pukul 4 sore acara selesai. Pembagian snack lalu pulang. Waktu bagiin snack, lupa ga di foto. Abis pada sibuk semua.hahahaha.... eh tapi, masih ada yang dateng loh. masih ada beberapa anak yang baru dateng, karena baru bangun tidur. jadi baru bisa dateng sekarang. Ga apa-apa ya acaranya udah selesai. Yang penting kan masih dapet snack ;)

Alhamdulillah acaranya shakila udah selesai, Askanah (anaknya aunty retno) mau foto dulu ah...

Semua udah pada pulang, saatnya istirahat sejenak. Shakila udah lesu nih, udah capek & ngantuk.



Tapi mau selfi dulu ah sama kado-kado



Kado dari aunty retno

Waktunya buka kadooooo......




Macam-macam kado yang shakila dapat, antara lain :
1. Baju
2. sendal
3. Buku + alat2 tulis
4. krayon
5. Boneka Barbie
6. Boneka yang berbulu
7. tas
8. puzle
9. buku cerita
10. mainan masak-masakan
Kadonya shakila di dominasi sama baju. alhamdulillah...

Tinggal berantakannya deh, besok baru dirapihin. soalnya besok malem mau ada pertemuan panitia untuk acara nikahannya aunty fitri.

Keesokan harinya....
Sebelum para panitia dateng, kita foto-foto lagi yuk dede askanah.

 



Alhamdulillah ya Allah atas nikmat hari ini yang engkau berikan. 

Doaku untuk Shakila :
Ya Allah, sehatkanlah badannya,
panjangkanlah umurnya,
Jadikan dia anak yang solehah,
kuatkan iman islamnya,
bimbinglah dia selalu ke jalan yang benar,
lindungilah dia dari orang2 zolim & godaan syaitan yang terkutuk,

Ya Allah, Murahkanlah rejekinya,
Berikan dia kecantikan luar & dalam,
agar menjadi penyejuk bagi semua orang,

Ya Allah, bahagiakanlah dia di dunia & akhirat.
Aamiin, aamiin, ya robbal 'aalamin.

Lihat juga juga :

5th b'day shakila part-1



Duh, udah lama banget ga ngeblog nih. Terakhir ngeblog dibulan april. Sekarang bulan juli. 
Apa?? 
bulan juli ??
ya, bulan juli. Bulannya Shakila. Blog kali ini aq mau ngebahas ulang tahunnya shakila (ada yang mau tau ga sih?).

ok, kilas balik dulu nih ya. 5th yang lalu, adalah hari yang paling bersejarah buat ku. Hari dimana aq menjadi seorang ibu untuk pertama kalinya :).



Perjuangan banget deh waktu aq hamil sampe lahirin shakila (ceritanya disini). Tahun demi tahun shakila tumbuh (videonya disini), ga terasa sekarang udah besar & pintar, Insya Allah jadi anak solehah.aamiin.

Dari tahun ke tahun setiap ulang tahun shakila bertepatan sama puasa atau lebaran. Jadi baru tahun ini kayaknya pas untuk di buat acara. Dia udah punya temen sekolah dan udah ngerti juga sih.

Sempet maju mundur buat ngadain acara ini. Karena bulan-bulan kemaren udah  lumayan nguras dompet nih (kalo iklan di tv, dompetnya nangis), buat DP rumah + lebaran ('~')!. Sempet terbesit, apa bikin nasi kuning aja ya dibagi-bagiin ke temen sekolahnya. Pikir punya pikir, kasian juga shakila kalo ulang tahun ga dapet kado. Akhirnya 1 minggu sebelum hari H baru aq buat keputusan untuk ngadain acara ulang tahun. Aq pengen shakila punya cerita & kenangan dimasa kecilnya :)

Grabak grubuk karena ga ada waktu lagi. waktu mepet,cuma 5 hari. Aq kerja, papanya shakila kerja, untung auntynya shakila udah ga kerja. hahahaha.... bisa lah dimintain tolong untuk ngurus ini ono kucrut.

Karena waktunya ga banyak, nyari semua perlengkapan yang di deket2 rumah aja. emang sih pilihannya ga banyak. Makanya banyak juga yang ga sesuai sama rencana awal.Berbekal WA, aq sama auntynya shakila (retno) komunikasi.

Mulai dari siapa aja yang harus di undang. list punya list, laaahh... banyak ammmatt yaaaaa....?? itung-itungan budget, waduh, kayaknya tempat & dananya ga cukup nih. Terpaksa harus dipangkas. Dari 100 lebih, sampe akhirnya 70an anak aja yang di undang. Terdiri dari :
* temen sekolah shakila (ambil yang anak2 lama aja waktu di TK A)
* temen rumah (ambil yang 1 RT aja)
* Sodara (undang yang deket-deket aja)


Akhirnya rencana mau buat undangan pake explosion box, ga mungkin terlaksana. Karena alasan waktu & budget juga sih. hehehe...

ok, list nama udah dapet, sekarang berburu snack. Mikir apa aja yang enak & sesuai budget. kasih list ke aunty lewat WA. 

Niat awal  --------------------------> hasil akhir
1. tempat nasi
    mika yang biasa buat bento --> mika biasa

  ------------->
     karena nyarinya cuma dipasar tradisional, ga ada mika bento.

2. bungkus untuk snack
    mika jinjing ------------------> plastik jinjing ulang tahun
  ----------------->
   lagi-lagi karena nyarinya dipasar tradisional

3. isi snack

    taro yang sedeng --------> piattos & smax rings
    teh botol sosro yang kotak -----> ultra
    tanggo + richesse -----> richesse nabati
    inaco jelly ---> kiko jelly
    chupa chups + sugus ----> milkita
    nyam-nyam ----> ok
    top   ---> ok
    better --> ok
    coklat koin 2 pcs ---> tambahan
    sosis ---> tambahan
    gantungan kunci ---> tambahan


nyari yang ada aja di agen ('_')!

4. Hadiah game
  Isi dari hadiahnya sih ga seberapa. yang penting buat ngeramein aja. 1 hadiah isinya buku + pensil + penghapus. Bikin 5 bungkus hadiah.

5. Balon
    Balon hello kitty -------> balon love

6. Kue ulang tahun
   awalnya pengen pake yang fondant, keliatan bagus + rapih. kayaknya rasanya juga lebih enak ketimbang cream. Tapi ternyata harganya bisa 3x lipat coy. haduduuu.... urungkan saja niatnya untuk kali ini. Akhirnya beralih ke cream-cream juga tuh kue.
    Shakila sebenernya pengen kue frozen (lagi musim dijamannya dia), tapi berhubung aunty retno dapet dekorasinya kebanyakan hello kitty, akhirnya banting stir ke hello kitty. Untung aja dia mau.hahahaha.... anak piintar ;)

7. Meja untuk tempat makanan
    Awalnya pengen ditaro dimeja. Tapi pikir-pikir, kok kayaknya nanti malah jadi ribet. Karena tempatnya yang ga terbuka & terbatas. Jadi susah orang lalu lalang untuk ambil snack. Akhirnya snack untuk ibu-ibu di taro di piring-piring aja.

8. Banner
   Bikin banner biar ada backgroundnya dan nyambung sama tema acaranya (ceritanya tema Hello kitty). Ada beberapa pilihan untuk banner dalam dan luar. 
untuk banner luar :
Niat awalnya mau pake yang ini

hasil akhir jadi pake yang ini
   kenapa ga jadi pake fotonya shakila? nanti kalo shakila yang foto di depan banner + di banner udah ada fotonya shakila juga. Jadinya dobel. akhirnya diputuskan untuk pilih yang ga ada foto shakilanya. Trus ga di tulis juga ultah ke berapanya, biar bisa dipake tahun-tahun depannya lagi.

  Banner dalam :
    Sengaja pilih yang simple, soalnya mau dikasih balon huruf.

9. Meja penerima tamu
    alur awalnya :
    tamu dateng -- kasih topi ultah -- kasih kado ke shakila -- foto sama shakila di banner yang udah disediain

    Faktanya :
    tamu dateng -- kasih kado -- kasih topi -- langsung masuk

    ga keburu waktunya cuy. akhirnya sesi foto-foto dilewatin.

kalo waktu beli snack sempet gonta ganti jenis snacknya, nah ini kejadian juga waktu mau beli hiasan rambutnya shakila. Rencana Shakila pake baju yang ada aja. Baju warna merah. Dengan hiasan rambut bunga yang melingkar dikepala. Cuss aunty retno nyari di dunia kado. Tapi rangkaian bunga dikepala yang warna merah ga ada. Adanya warna pink. Aunty sempet ngirimin fotonya dl lewat WA, minta persetujuanku.



karena bajunya merah, sedangkan hiasan kepala pink, kok ga nyambung ya. Akhirnya aunty retno bilang kalo beli aja tongkat peri yg pink juga. jadi mendingan lah. warna pinknya ada temennya.
ok lah, daripada ga ada sama sekali.

 
Urusan beli membeli udah beres. Tinggal eksekusinya nih. Setiap pulang kerja, nyicil-nyicil apa aja yang bisa dikerjain. Mulai dari masuk-masukin snack.


sssstttt... jangan diganggu ya, aunty retno lagi nyiapin buat snacknya nih. Bundanya Shakila mah dokumentasiin aja. hahahaha... enggak deh. ikut bantuin juga. Shakila ikutan heboh mau bantuin.



Alhamdulillah, akhirnya selesai juga urusan bungkus snack. Bikin sekitar 80 bungkus snack.



Snack beres, sekarang waktunya niup-niupin balon. Malam itu, terdengar suara : daar... dooor... daar... door... hahahaha.... ternyata balonnya pecah melulu. Yang mompa balon (papanya Shakila) udah kemang pratama tangannya alias kemeng alias pegel. Bisa kurang nih balonnya kalo begini caranya.

untuk urusan dekorasi, aq serahin ke aunty retno & papanya shakila aja. Aq mah urusannya ngedekor nasi aja deh.hehehe...

Mulai browsing bento ulang tahun yang ga terlalu rumit & lama ngerjainnya. Ga sama persis sih, karena di sesuai-in sama menunya.

yang ada di fikiranku ada 2 design. Yang pertama, nasi kuning di gulung seperti sushi. isinya wortel & ketimun. kalo gulung pake nori, ga semua anak suka nori. Sepertinya pake telor dadar aja. Ilustrasinya seperti ini :
kalo yang kiri, kebanyakan telor. Mungkin pake yang kanan
nasi & lauknya pesen, jadinya jam 9 pagi (bertahap). Acara mulai jam 3 sore. Rencana bikin kurleb 70 pcs. Mulai mikirrrrr...... Keburu ga ya? Telor dadar, sosis goreng, nuget, ga mungkin di buat dari malem hari. Aisshh..... berubah design aja lah kalo gitu.

Alhamdulillah shakila mau kuenya pake Hello kitty. Jadi bikin aja bentuk hello kitty. Setelah diskusi sama jidda (neneknya shakila), menunya pun berubah jadi : nasi uduk + orek tempe + telor dadar + ayam kecap + ketimun. 

Kenapa pake nasi uduk? bukan nasi kuning? karena warnanya bentrok sama telor dadar. sama-sama kuning.

Nyari ide lagi susunan bentonya, tapi kok ga kebayang ya. soalnya belom tau potongan ayamnya seberapa besar, nasinya seberapa besar.hem...
yang kebayang cuma ilustrasi kepala HK nya aja.


 Mulai ngubek-ngubek perlengkapan bento. Cetakan di rumah adanya cetakan ager.
Terlalu kecil ini mah. Walaupun dibuat 2, tetep keliatan dikit & makan tempat. Mau dibentuk pake tangan, ga mungkiiiinnn... bakalan ga keburu. Pulang kerja cusss ke giant. Nyari cetakan HK yang rada gedean. Minimal tempat makan bentuk kepala HK. Alhasil, ga nemu...

Sampe rumah curhat sama aunty, ternyata dia punya tempat makan bentuk kepala beruang. yeey..... ga apa2 aunty, itu juga bisa jadi kepala hello kitty. Urusan kepala HK beres. Tinggal urusan pita, mata, kumis, hidung.

Pita
untuk pitanya nih, sempet bolak balik antara : wortel / keju / paprika / sosis / daging burger. ah pusing. ya udah pake wortel aja lah. yang sesuai budget. Malem udah aq potong-potong wortelnya. besok tinggal direbus aja.

Mata
penuh perjuangan nih untuk bikin matanya. karena nori yang aq pake cepet banget letoy kalo kelamaan di luar ruangan. jadi susah motong pake punchernya. Puncher yang aq punya model seperti ini
Sekali motong, bentuk yang aq butuh (bentuk oval) cuma dapet 1 biji. Hadehh... mana norinya letoy, mau dimasukin ke puncher robek melulu. Ah, sempet mau ganti aja deh matanya pake keju. Keju yang aq beli keju yang rasa strawberry. Karena awalnya utk pita. Potong pake sedotan pop ice.Coba-coba dijadiin mata, kok ga idup ya? warnanya pucet. Nori sebagian udah aq potong-potongin. Sayang juga kalo ga dipake. Coba di mix aja deh. lumayan lah hasilnya. Dari malem aq buat mata, cuma kuat sampe 60 pasang mata aja.hahaha... 
 sisanya nyerah. Pake kacang panjang aja di potong2 buat matanya.

kumis
ini juga aq kerjain dari malem. aq potong-potong. Awalnya mau pake puncher yang bentuk melengkung. Ah tapi susah. kasusnya sama kan seperti mata. Akhirnya pilih gunting-gunting manual aja lah. toh cuma digunting lurus ini. Eh tapi, nori itu kalo dipotong-potong trus terlalu lama kena udara kan jadi letoy. Jadinya nori nempel satu sama lainnya. Wuaaaaa...... ini mah kudu gunting2 secara spontan besok.

Hidung
kalo ini mah ga ada masalah. Tinggal rebus sebentar, trus di peret.

Ke-esokan harinya (pas hari H nya), jam 8 orek tempe + ayam mulai dianter ke rumah, menyusul telor dadar. Laaahh.... nasinya belomaaann.... beneran jam 9 ya ternyata. Kirain bisa lebih cepet. hehehehe....

Sebenernya dari awal, papanya shakila udah ga setuju kalo nasinya dibentuk bento. Dia takutnya ga keburu. Papanya shakila emang udah pesimis aja. Tapi aq sih masih optimis.

Nasi dateeeeengg.... langsung deh aq kejar setoran.dibantu jidda yang cetak2in nasinya, aq yang hias, aunty fitri yang nyusun di meja + steples2in, shakila yang ikut gerecokin. 1 mika nasi itu sangat berharga buatku. Makanya waktu aq liat shakila ambil 1 mika yang udah jadi, buat boneka kumbang katanya. spontan aq teriak. Jangaaaannnn...... ah, bisa nangis aq kalo nasinya kurang.

Waktu terus berlalu,mbah sibuk nyusun tiker & hambal, jidda sibuk nyetakin nasi + dekor meja, aq sibuk ngebento.Aunty fitri sibuk jagain 2 balita, Aunty retno & papanya shakila sibuk ngedekor + bolak balik beli balon gara2 balonnya pecah mulu. hahaha....

Dan shakila? shakila mana shakila? Shakila sibuk buat aunty fitri & se isi rumah teriak2 gara2 dia mondar mandir lari-larian, pegang ini pegang itu, mau ikut motong2 ketimun sedangkan waktunya udah mepet.

tik-tok, tik-tok.Jam cepet amat kayaknya ya.Papanya shakila dari tadi ngecek melulu udah berapa bento yang udah aq buat. jam udah menunjukkan jam 12 siang.
Papanya shakila : "udah dapet berapa?"
bundanya shakila : "ga tau, tuh itung aja dikamar"
papanya shakila : "40, kamu mau bikin brp?"
bundanya shakila : "70"
papanya shakila : "ga bakalan keburu yank, dari awal kan aq udah bilang, ga usah dibentuk2 segala. jadi lama" sambil nada marah2.
bundanya shakila : "ya mana tau kalo ga dicoba, kalo ga keburu, baru di cetak bulet biasa aja. eh tapi ntar ada yg irian ya?" (masih optimis sedikit pesimis)
papanya shakila : "au ah. kalo begini kah harus semuanya dibentuk"

tuing.... tiba2 jantung jadi berdetak kenceng nih. antara optimis sama pesimis. Sambil ngebento, sambil liat jam, sambil mikir ntar kalo ga keburu mau diapain nih nasi.

Jam 13.00 waktunya ambil kue ulang tahun. Aunty retno & papanya shakila pergi ambil kue.sedangkan aq masih sibuk ngebento. Akhirnya jam 13.30 selesai juga. horeeeeeyyy......

Papanya shakila dateng bawa kue, aq udah selesai ngebento. Begitu ditanya : 
papanya shakila : "udah selesai?"
bundanya shakila : "udah" (jawab dengan lantang)
papanya shakila : "dapet brp?"
bundanya shakila : "76"

ya alhamdulillah selesai juga ngebentonya. walaupun belom rapih seperti yang udah profesional & mata HK nya campuran ada yang keju & ada yang kacang panjang. hahaha... tapi aq puas.

Bento selesai, sekarang waktunya ngeliat kue & hasil kerja dari aunty retno & papanya shakila.

Kita intip yuk kuenya shakila. Ini sebenernya agak ga sesuai sih sama pesenan ku yg ada di gambar. Kalo digambar backgroundnya pelangi. tapi kalo ini istana. Yo wes lah, udah terlanjur, mau di apain lagi.




Ini tumpengnya. Pengennya sih bentuk HK juga. Tapi sepertinya si pembuat tumpeng ga punya loyangnya. Jadi aq ga request bentuk macem-macem. Yang standar2 aja.

Kue sengaja pesen yang 2 tingkat & tumpeng yang agak besar, biar keluarga "Kamidi" (keluarga besar dari papanya shakila) & anak-anak Ex "karang taruna Rt.04" angkatan Papa & bundanya shakila bisa ikutan makan. Yah... manusia hanya berencana. Allah lah yang menentukan.

ok, Sekarang kita liat hasil kerja papa & aunty.


ini sebenernya mau di kasih balon bertuliskan " HBD Shakila". Berhubung ga muat, jadi huruf "HBD" ga dipake. Itu huruf "K" & "I" beda ya? hahaha... karena belinya dilain toko. Harganya pun beda. Sempet bolah balik beli huruf "B" karena pecah & beli huruf "K" karena lembek. ternyata kalo cuma lembek, bisa ditiup lagi ya.hahahaha.... norak.

Balon love itu awalnya ada 4 atau 5. Tapi... gara-gara dar der dor mulu, jadi tinggal 2 biji. Dekorasi atap ga aq foto. Standar2 aja sih.

Itu banner kepanjangan mesennya. aq pesen ukuran 2,5 x 3 m. alhasil semua ketutupan sampe tv-tvnya. Akhirnya dilipet aja seukuran bufet.

Lanjut kebagian luar.


yang dibagian luar ukurannya lebih kecil. cuma 2x2 m. Harusnya yang di dalem ukurannya aq samain aja ya. dibanner sengaja ga ditulis ultah yang keberapa. Biar tahun depan bisa dipake lagi. Yah, kalaupun ga dirayain, ujung2nya jadi hiasan dinding kamar atau malah buat alas tidur kalo abis kebanjiran.


waktu sudah menunjukkan jam 14.30. Gurunya shakila (Bu Sri) juga udah dateng. waduh, aq belum apa-apa nih. Tunggu ya bu, silahkan menikmati hidangan dulu. 

Bersambung ke "Ulang tahun ke-5 (part-2)

baca juga :
ulang tahun ke-1
ulang tahun ke-2