Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Thursday, 6 July 2017

Kontrol ke-8 Dr. Yuditya Purwosunu SPOG

Tanggal 1 Juli 2017, menjadi pilihanku untuk kontrol berikutnya. Sempet agak was-was juga sih, takut dokternya masih belum praktek karena masih suasana lebaran. Tapi setelah WA dr. Yuditya, alhamdulillah dia udah mulai praktek kalo tanggal segitu.

Hari itu aq memasuki kehamilan yang ke-36 minggu. Shakila ikut kontrol. Ini yang ke-2 kalinya selama aq hamil dia ikut kontrol. Hari itu pasien gak begitu banyak. Yang biasanya lebih dari 30 orang, lah ini cuma 13 orang. Gak tau sih kalo sorenya nambah lagi apa enggak.
 
OK, singkat cerita saatnya aq masuk ruang dokter. Langsung berbaring untuk USG. Percakapan pun dimulai.

Dr. Yudit : Hallo, apa kabar?
Aq           : baik dok
Dr. Yudit : gimana? masih mau normal ?
Aq           : Kalo bisa sih normal
Dr. Yudit : ow... soalnya kalo mau sesar,saya rencanakan dari sekarang (sambil tuang gel ke perut)


Dr. Yudit : ni ya bu, lingkar kepala normal, lingkar perut, ni pahanya, aliran darahnya normal, ketuban normal.
aq            : Kepala udah dibawah ya dok?
Dr. Yudit : iya sudah
aq            : sudah masuk panggul dok?
Dr. Yudit : sudah nih
aq            : jenis kelamin masih **** ? (sambil senyum2)
Dr. Yudit : iya nih masih sama, belum berubah (sambil senyum2 juga)
aq            : ketebalan rahim gimana dok? apa masih bisa normal?
Dr. Yudit : coba saya liat dulu ya. Bisa bu, ni otot perutnya. Bisa kok normal. Tebalnya sekitar 4 cm (eh cm apa mm ya? lupa dokternya bilang apa). Berat janinnya 2,5 kg. sudah nambah ya dari yang kemarin.
aq            : normal dok? gak terlalu besar?
Dr. Yudit : normal
  
Ok, USG selesai. Makin kesini kayaknya makin sedikit aq tanya2. Jadi diruang dokter gak terlalu lama. Sekarang konsultasi di mejanya. Lah, yang pertama dikomentarin malah shakila :D
Kakaknya rambutnya panjang ya, cantik. Mirip papanya.

Abaikan komentar tentang shakila dulu, sekarang waktunya aq yang konsultasi. Informasi yang aq dapat :

1. jika baru 1x sesar, masih boleh induksi
Pernah baca kalo pernah sesar itu, lahiran selanjutnya gak boleh di induksi. Takut rahimnya gak kuat & akhirnya robek. Karena saat mules, rahim menipis. Itulah sebabnya waktu usg aq tanya ketebalan rahimku. Tapi kata dr. Yuditya, kalo baru 1x sesar sih masih boleh di induksi.

2. Mata minus 1,5 masih boleh normal

3. Boleh makan duren & tidak bikin kontraksi
Waktu aq tanya, boleh apa enggak makan duren. Katanya duren bisa bikin kontraksi. Dr. Yudit langsung tanya balik. Suka duren ya? boleh, asal jangan banyak-banyak. masalah bikin kontraksi, itu ga bener. Lega deh rasanya. Kan jadinya gak ngiler-ngiler amat kalo pas lagi ada duren. Tapi kalo duren gak bikin kontraksi, berarti gak bisa dijadiin induksi alami dong ya. Padahal kan enak tuh, kalo pas udah waktunya, tapi belum mules2, bisa makan duren biar mules. hehehehe....

Karena aq maunya lahiran normal, maka disarankan sama dr. Yudit untuk 2 atau 3 minggu lagi untuk kontrol. Selesai konsultasi, aq disaranin sama susternya untuk kebagian PMO (Personal Maternity Officer) di lt. 3. Apa itu PMO?
PMO itu bidan yang bisa kita ajak konsultasi mengenai kehamilan dan persalinan.

Tapi sebelum ke PMO, aq ke kasir dulu untuk bayar2.
Untuk obat-obatan sendiri, masih sama aja seperti bulan-bulan yang lalu. Bulan ini aq dapat : lameson (utk radang), osfit dha, prohelic (suplemen) dan ascardia (pengencer darah).

Setelah urusan bayar-bayar selesai, Cus lah kita ke lt.3, ketemu sama bidan eulis. Kesan pertama, orangnya ramah. Langsung nyambut, dan jelasin mengenai proses kalo mau lahiran di hermina. Di kasih tau tarif kamar & peraturan2nya. Di Hermina bekasi sih kalo lahiran normal, boleh ditemenin suami atau siapapun 1 orang. Tapi kalo sesar, gak boleh ditemenin. Untuk bayinya sendiri rooming in sama ibunya. Biar bisa dikasih ASI. Paling diambil suster kalo pas lagi jam besuk atau dimandiin. Aq juga tanya tips2 biar bisa lahiran normal.

Trus, aq dikasih kartu, yang isinya jadwal senam hamil dan kelas untuk persiapan melahirkan. Dapet free 2x senam hamil. tapi di hari kerja :( . Walaupun minggu depan aq udah cuti, tapi siapa yang nganterin ?
aq juga dikasih kartu untuk monitor grak janin. PR ku nih sekarang tiap hari kudu cek list setiap kali si dedek gerak. 

Sepulang dari RS, karena shakila udah dijanjiin mau ke MM. Jadilah dia nagih mulu tiap menit. Akhirnya aq ke MM, sekalian upgrade kartu IM3 ku. Di MM, pastilah yang dituju itu game zone nya. Seneng banget deh shakila disana. Bisa mengenang masa lalu waktu dia liat video naik perahu air di MM.

Baru juga 1,5 kali puteran, dia udah mulai mau nangis aja minta turun. hahahaha....
permainan lanjut ke mainan yang pake koin & kereta kuda. Gak lama-lama disana, ntar keburu isi dompet kempes. hehehehe....
Lanjut pulang, eh ke Hokben Harapan Indah dulu deh. Janjian sama Ponakan. Makan dulu disana, trus ke Giant Harapan Indah. Sampe sana ngapain? ya maen game lagi. hahahaha......

Duh, capek juga ya hari ini. Berangkat dari jam 11 siang, sampe rumah jam 9 malem. Lelah saiya....
Lelah fisik, lelah dompet. hahahaha...
Tapi alhamdulillah, di Syukuri aja masih bisa jalan-jalan.

 

 

Wednesday, 7 June 2017

Kontrol ke-7 Dr. Yuditya Purwosunu SPOG

Hai hai, aduh maaf ya bulan kemaren aq ga sempet nge-blog tentang kontrol kehamilanku. Kok rasanya maleeeeessss banget. Gak tau kenapa. Mungkin bulan kemaren kontrol juga biasa2 aja kali ya. Gak ada yang istimewa. Eh ada deh, si Shakila untuk pertama kalinya ikutan ke RS. yah, walaupun dia takut-takut. hehehehe.....

Posting kali ini aq cuma bisa ceritain hasil kontrol bulan juni ini. Sampai RS jam setangah 1an, lah kok tumben-tumbenan RS penuh banget sama orang-orang ini. Mau daftar ulang aja sampe numpuk buku dulu. 

Ok, daftar ulang udah, sekarang tinggal nunggu dipanggil untuk nimbang dan tensi. Begitu nimbang, wadduhh... kenapa beratku bisa turun 2kg ya? Apa karena aq puasa? Kalo tensi sih masih dibilang normal. 120/70. Yah naek dikit lah dibanding bulan lalu 110/70.

Hari ini aq gak puasa dulu, alesannya karena mau kontrol. Pasti ngantrinya lama. Takut gak kuat.hehehehe....

Jadwal praktek dokternya sih jam 14.00 ya. Eh, tapi kok jam 13.00 udah mulai. Mungkin karena bulan puasa. Si doktenya juga mau buka puasa kali ya.

Aq duluan dateng ke RS, sedangkan papanya shakila nyusul dari kantor. Sambil nunggu antrian yang ternyata aq dapet nomer 26, aq solat & maksi dulu. Maksi sendirian.hahaha....

Duh, kok rasanya cuma jalan dari ruang eksekutif lt.4 kedepan RS aja udah ngos-ngosan banget ya. Rasanya tuh capeeeeekkk... banget. Hadeh... alamat gak bisa ke ITC nih beli baju lebarannya Shakila.hahahaha.....

Selesai makan, langsung menuju ke TKP aja lah. Nyari tempat duduk. WA-an sama papanya shakila, bilang kalo udah tinggal dikit lagi dipanggil. Udah deg-degkan takut papanya shakila blm dateng tapi aq udah dipanggil. Tapi alhamdulillah pas banget. Pas papanya shakila dateng, pas gak lama aq masuk ruang dokter.

Begini situasi diruang dokter.
Begitu masuk, biasanya ya langsung tiduran untuk USG. Disambut dengan senyuman ramah dr. Yuditia. Suster tanya ada keluhan apa enggak. Ya aq cuma bilang perut sering keras.

Tibalah saatnya USG. Dikasih tau 

dr. Yudit : nih bu pahanya, lingkar kepalanya, lingkar perutnya, aliran darahnya. Semua normal. usia kandungan 32w, Beratnya 1800gr. Normal ya, kemaren kan kelebihan. Puasa ya? Tanya dr. Yudit.

aq : Iya dok, tapi gak apa2 kan ya puasa?

dr. Yudit : iya gak apa2, semuanya normal kok. Ya walaupun air ketubannya pas-pasan. Bayinya aktif ya? padahal lagi puasa.

aq : kalo hari ini saya gak puasa dong (sambil cengangas cengenges)

dr. Yudit : (cuma ketawa sambil cari muka di dede bayi) 
ayo dek, perutku digoyang-goyang karena tangannya si dede nutupin mukanya.

aq : sambil usaha juga elus-elus perut biar tangannya geser. Dan akhirnya geser juga tuh tangan.

dr. Yudit : nih bu muka bayinya, lucu. Mirip momy nya (sambil senyum)

lah, nih dokter gak konsisten, bulan kemaren katanya idungnya mancung mirip papanya, sekarang mirip momynya. hahaha... aq mah cuma senyum-senyum aja ngeliatin si debay.

nih hasilnya :
Untuk USG 4D, aq cuma dikenain biaya USG 2D loh. hehehe... Baik kan dokternya. Tapi emang sih hasil print nya 2D. Tapi cukuplah, gak berwarna gak apa-apa yang penting jelas.

Karena  usia kandunganku sudah mau 8 bulan (eh 32w itu udah 8 bulan apa blm sih?), jadi aq mulai tanya-tanya apa aq bisa lahiran normal. Yah walaupun dari awal aq udah tanya-tanya sih.

Untuk posisi bayinya, kepala udah dibawah. Plasenta juga gak nutupin jalan lahir. Berat bayi normal. Insya Allah sih aq bisa normal. Alhamdulillah, seneng banget dengernya. Makin membuatku optimis bisa normal. Dan yang paling seneng itu, obatku berkurang. hahahaha... cuma diresepin 3 macem obat. Pravastatin utk kolesterol juga udah gak usah diminum lagi. Beda banget sama bulan kemaren yang obatnya segambreng. Dan itu semua mengeluarkan biaya yang cukup menguras kantong :(
1,5jt booook.... 

Tapi kali ini alhamdulillah, gak sampe segitu. Karena obat yang dikasih juga sama kayak bulan lalu, kebetulan obatnya masih ada. Jadi aq minta copy resepnya aja. Jadi aq cuma bayar jasa dokter & usg. Tarifnya masih sama seperti bulan lalu.


Kontrol lagi 1 bulan kemudian. Wew, bukannya kalo udah masuk 8 bulan itu udah 2 minggu sekali ya?
Ya sudah lah, semoga semua baik-baik aja. Aamiin....

Haduh, jadi gak sabar nunggu abis lebaran nih. Ga sabar launching si dedek. Bulan Juli bakalan jadi bulan tersibuk aq nih. Ngurusin sekolahnya shakila, ulang tahun shakila, dan persiapan launching my baby bala bala ;)





Wednesday, 26 April 2017

Serah terima kunci



22 April 2017 itu moment yang aq tunggu-tunggu. Gimana enggak, udah nyicil hampir setahun, tapi rumah belum jadi-jadi juga. Dan akhirnya....

Alhamdulillah di telp sama marketingnya untuk serah terima kunci. Acara dari jam 09.30 sampai 11.30 wib. Berangkat dari rumah jam setengah 9, sampe sana jam berapa ya? gak liat jam. Pokoknya perjalan lumayan bikin bokong pedes deh. hehehehe... maklum baru punya motor doang.

Shakila tentu ikut dong. Kebayang ya kalo shakila ikut. Dengan kondisi perutku yang lagi buncit, harus nahan shakila yang tidur dimotor. Itu Papanya shakila udah duduk di ujung motor kali ya biar perutku gak ke gencet. hahahaha..... 

Sampe disana gak lama acara dimulai. Itu juga telat mulainya. Acara bertempat di kantor pemasaran yang baru.


kantor pemasaran yang baru. Masih belum rapih 100%

Dari pihak marketing kasih semacam wejangan-wejangan kalo rumah sudah mulai ditempatin. Yah, wejangan klasik rumah cluster lah. Seperti gak boleh di pager, meskipun cuma 30 cm sebagai pembates tetangga. Cukup pake tanaman aja katanya. Trus taman yang udah ada harus dijaga, jangan sampe mati. itu mahal katanya. Ga boleh ngerubah tampilan depan, Kalo mau buat kanopi, harus disepakati sama tetangga dulu biar tingginya sama, masalah sampah, iuran bulanan, dll.

Waktu acara berlangsung, disana juga disediakan snack dan minuman. Jadi ga BT lah. Acara lanjut ke serah terima kunci, Namanya dipanggil satu persatu untuk maju. Sekarang tiba giliranku nih. Isi data dulu.

Lanjut ke acara serah terima kunci dan asesoris rumahnya. Seperti hendle pintu, keran dan shower.

wokeh, kunci udah ditangan. Sekarang kita mampir dulu yuk ke rumahnya. Sekalian coba kunci, bener apa enggak kuncinya. 

Sampe sana sempet gak bisa dibuka pintunya. Tuh kan, untung di coba. Sempet mikir, apa salah ya kuncinya? Apa salah ya handle nya? Akhirnya papanya shakila balik lagi ke kantor pemasaran buat bilang ke marketingnya kalo pintunya ga bisa dibuka. 

Sambil nunggu papa dateng, kita foto-foto dulu yuk laa... (Shakila)
Kalo diliat di foto, handle pintu emang sengaja belum dipasang sama marketingnya. Takut ada orang iseng masuk. Bukan cuma handle pintun aja yang belum dipasang, tapi kabel listrik, colokan listrik, saklar lampu, lampu2, pompa air juga belum di pasang. Alasan pompa air belum dipasang, karena takut ilang. Soalnya kan belum pada nempatin rumah. Kalo mau dipasang, tinggal bilang aja ke marketingnya minta pasangin. 

Duh, papanya shakila lama amat ya. Foto dulu deh kalo gitu saiya...
 
Gak lama akhirnya Papanya shakila dateng. Katanya nanti ada tukang yang kesini. Tapi tukangnya belum dateng, pintunya udah bisa kebuka. hahahaha... Akhirnya.

Sempet coba pasang handle pintu 1 untuk kamar depan. Loh kok ga bisa nyangkut ya. Pintu tetep bisa dibuka walaupun udah ditutup. Kalo kata papanya shakila sih, coakan yang buat kuncinya ga pas.

Ok, istirahat sambil liat-liat rumahnya udah puas kayaknya. Udah siang juga nih. Akhirnya kita memutuskan untuk balik ke rumah. Sebelum balik, mampir ke masjid dulu untuk sholat zuhur, ngadem2, dan makan siang. Trus mampir ke pemasaran dulu buat bilang minta pasangin listrik sama handle-handle pintu dan lampu.

Untuk kunjungan rumah selanjutnya, biar papanya shakila aja deh yang kesana. Duh, aq ga kuat kayaknya nih. Pantat udah pedes banget, padahal perjalanan cuma 1 jam. Paling lama 1,5 jam kalo macet.

ok, segitu aja ceritanya. Nanti kalo ada cerita lagi, aq share lagi disini.




Tuesday, 18 April 2017

Nari di Ancol

Setiap tahun di TK pasti ada moment pensi di Ancol. Di sekolah Shakila untuk anak perempuannya semua ikut nari. Sedangkan anak laki-laki ikut lomba sholat, adzan, dan surat-surat pendek. Sebelum acara di ancol hari selasa (11 April 2017), beberapa hari sebelumnya ada gladiresik dulu di sekolah. Alhamdulillah hari sabtu. Jadi aq bisa foto-foto dan video.


Untuk nari, dibagi 2 kelompok. Shakila kebagian nari "Kun Anta". Bajunya beli sendiri ya. Jadi habis nari masih bisa dipake lagi. Kecuali untuk rok, disumbangin ke sekolah.

Bergaya dulu sebelum nari.


Duduk-duduk dulu sambil nunggu giliran nari.

sekarang tiba gilirannya kelompok Shakila nih nari. Masih berantakan banget. Maklumlah namanya juga anak TK.









Untuk video gladiresiknya, bisa liat disini & disini ya.

Nah, sekarang tiba waktunya berangkat ke ancol. Pengennya sih aq yang ikut. Tapi takut ga kuat nih. Perut udah mulai berat.hehehehe...
Jadi Shakila sama papa dan jidda aja ya. Untung aja mau anaknya.

Dari rumah udah aq wanti-wanti biar dia mau makan, biar ga sakit. Shakila kalo kemana-mana susah makannya.

Singkat cerita, shakilanya udah sampe ancol nih.
Itu kerudung udah diincer banget sama shakila. Biar ga panas katanya, jadi pake kerudung yang ada topinya.

Sekarang waktunya persiapan, dandan dulu biar cantik. Untuk tempat, sedapetnya aja. Lesehan dibawah. Untung bawa tiker.


Kata papanya shakila, shakila susah banget di dandaninnya. Ini gak mau, itu gak mau.hahahaha.... akhirnya dia paling buncit selesai dandannya.






Untuk video performance nya nyusul ya. Videonya ada di HP papanya Shakila. Belum dipindahin.

Selesai acara, istirahat dulu di pantai. Makan siang dilanjut main pasir. Sebenernya shakila minta main air di pantai. Berhubung cuma bawa baju ganti 1, jadi main pasir aja deh ya.








Alhamdulillah shakila pulang sampe rumah dengan selamat dan tanpa kurang suatu apapun. Paling cuma pegel-pegel aja kakinya pas malem. hahahahaha....



Nengokin rumah - Cluster Atlanta

Shakila seneng banget diajak nengokin rumah. Setelah 2 minggu yang lalu gagal karena hujan, trus minggu depannya lagi dia harus nari di ancol. Baru minggu kemaren kesampean nengok rumah.

Rumah kecil, yang penting punya sendiri walau masih nyicil. Alhamdulillah.


Baru dateng, kita foto dulu lah di taman depan rumah.



Papanya Shakila lagi cek-cek meteran listrik sama marketingnya.





Gayanya Shakila kalo lagi di foto. Fotonya agak burem ya, soalnya aq foto dari dalam jendela kamar.




Shakila maennya jauh-jauh. Mamanya ga bisa ngejar. Maklum perut lagi gendut.




Foto dulu sama Jidda sebelum pulang.


Yang punya Blog mejeng dulu ah. hahahahaha....
(gak penting ya)


Yang mau liat video rumahnya, bisa liat disini