Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Monday, 11 May 2015

Cemilan



Shakila itu akhir-akhir ini lagi banyak makan. Apa aja dimakan, ga perduli walau dia abis makan nasi. Dari pada dia makan kulit pisang goreng yang lagi aq makan, mending kasih yang lebih sehat aja deh.

Stock yang lagi ada di rumah :
1. Anggur merah (dari jidda nih, makasih jidda)
2. Roti tawar pandan (Shakila harus tanggung jawab ya, kan shakila yg minta)
3. Sereal koko Krunch

Biar lebih menarik, roti tawarnya di cetak pakai cookies cutter. 1 lembar roti tawar, bisa jadi 4 hasil cetakan.

cetakan ini yang aq pakai
Ga sempet foto-foto selfphy sama Shakila nih cemilan. Shakilanya ga bisa diem, mondar mandir kesana kemari sambil nyemilin kok krunch.

Niatnya ini mau dibawa buat ke Giant, tapi aktualnya ga sempet makan cemilan ini di giant. Akhirnya sampe rumah masih utuh. Baru di makan ya setelah sampe rumah. Sayang banget koko krunchnya udah alot (nyesel nih ga pake tempat makan yg kedap udara). Jadi shakila ga mau deh.

Buat camilan sehat itu ga susah dan ga ribet kok, buktinya ini kan ga ada yang dimasak. hahahahaha.....




Tuesday, 5 May 2015

puding buah naga dengan kulit jeruk


waktu ke swalayan beli stok buahnya shakila, teringat akan penampakan puding ini yang unyu-unyu. Jadilah aq beli buah naga merah, jeruk, anggur, pisang.

sampai rumah ga langsung di eksekusi sih. Waktunya belum sempet. Baru seminggu kemudian nih di eksekusi. Buatnya sih sama aja kayak buat puding biasa. Beda wadahnya aja. aq ga berani bikin banyak-banyak dengan wadah kulit jeruk ini. Takut kulitnya keburu ga bagus kalo disimpen di kulkas lama-lama. Jadi aq buat paling sekitar 3 buah jeruk (jadi 6 wadah). sisanya, masuk ke wadah plastik.

Resep :
1 bungkus agar2 putih
1/2 buah naga
gula pasir, secukupnya (inget ya, buah naga udah ada rasa manisnya)
air secukupnya (aq cuma kira-kira aja)
kulit jeruk (jangan lupa dicuci dulu ya)

Cara membuat :
1. tuang agar-agar kedalam air
2. tambahkan gula pasir
3. masak hingga matang / mendidih. matikan api
4. hilangkan uap panas sebentar
5. masukkan potongan buah naga
6. blender semua (aq pake tokebi, blander langsung di panci)
7. tuang kedalam wadah
8. dinginkan & siap dihidangkan

gampang kan... aq sengaja buah naganya ga ikutan dimasak. Takut hilang kandungan nutrisinya (eh iya ga sih ?)

Untuk cara membelah kulit jeruknya, bisa di liat di sini

shakila bolak balik nih makan puding ini. Entah karena emang dia doyan, atau cuma seneng karena bentuk & sensasi cara makannya. hehehehehe....

you must try this at home. karena tantenya shakila (yg seumuran sama dia) juga seneng banget. Padahal dirumahnya ada buah naga & dia ga mau makan. Tapi dibentuk begini, dia bisa bolak balik makan. hahahahahahahaha.....

Saturday, 2 May 2015

Tahu bumbu bali




Makanan favorit keluargaku adalah tahu bumbu bali. Suamiku kalo sudah makan pakai itu, wuih bisa berkali kali makannya.

Tau resep ini dari ibu mertua,karena ini masakan favorit suami, jadi aq harus bisa.

Sengaja aq buat ini ga pedes,biar shakila bisa makan.

Tahu bumbu bali
Bumbu halus :
4 siung Bawang putih
8 siung bawang merah
1 buah tomat
1 ruas jari jahe
5 buah cabai merah (sesuai selera)

Bahan lainnya :
lengkuas secukupnya digeprak,
tahu, digoreng setengah matang,
Udang,
2 lbr daun jeruk,
kecap manis,
gula pasir secukupnya,
garam secukupnya,
air (sampai kira2 tahu terendam)

cara :
1. Tumis bumbu halus + lengkuas + daun jeruk hingga harum.
2. Masukkan udang, tumis hingga udang matang
3. Masukkan tahu
4. Beri air kira2 tahu terendam



5. Tambahkan kecap manis, gula pasir,garam
6. Koreksi rasa
7. Biarkan sampai bumbu meresap dan air agak berkurang



8. Matikan api,siap di hidangkan

ciri khas tahu bumbu bali adalah manis asin.


Selamat mencoba



Thursday, 9 April 2015

Agar-agar pepaya


Biasanya makan pepaya ya di potong-potong gitu aja. Makan ager atau puding, ya begitu-begitu aja. Paling taro di wadah plastik. Pernah liat di internet bikin puding, yang wadahnya pepaya. Ok lah, kita buat. Pas banget semua bahan ada di rumah.

Bahan :
* 1 buah pepaya california (milih california krn bentuknya yg ga terlalu besar & biasanya manis)
* 1 bungkus agar-agar putih
* Air 900 cc
* SKM (susu kental manis) sesuai selera
* Gula pasir sesuai selera (aku bikin ga terlalu manis, shakila kurang suka manis)

Cara memasak agar-agar
1. Tuangkan agar-agar kedalam air, tambahkan gula
2. Masak hingga mendidih sambil di aduk-aduk
3. Setelah mendidih, matikan api.
4. Tuang SKM,aduk rata
5. Tunggu hingga uap panas menghilang
6. Agar-agar siap dituang kedalam pepaya

Cara memasukkan agar-agar kedalam pepaya :
1. Cuci pepaya yang masih utuh
2. Potong bagian atasnya
Wuih, ternyata bagian dalem pepaya itu kalo dipotong bagus ya. Bentuk bintang.

3. Buang semua biji yang ada.


4. Letakkan pepaya di wadah, agar bisa berdiri & tidak jatuh
5. Tuang agar-agar kedalam pepaya

6. Tutup pepaya, biar ga kemasukan debu atau binatang. Soalnya kan ga bisa langsung dimasukkan kedalam kulkas. Harus tunggu agernya mengeras dulu. Kecuali kalo space kulkasnya besar ya. Bisa masuk pepaya dalam keadaan berdiri seperti ini.

7. Kalau ager sudah mengeras, bisa langsung di potong atau masuk kulkas dulu biar seger.

Taraaaa.... ager pepaya siap disantap.



Foto ini ambil dari google

Pas banget nih buat anak kita yang lagi susah BAB. Oh ya, ini untuk anak di atas 2thn ya. Soalnya pake susu kental manis. Jika ingin membuat cemilan ini untuk anak dibawah 2thn, susu kental manis bisa diganti dengan susu murni. Atau susu formula yang dipakai oleh si anak.

Selamat mencobaaa...





Update :
Gara-gara masang foto ini di BBM, temen kuliah ada yang tanya-tanya. Buka blog ini & akhirnya mencoba.



Hasil karya "Ubay_Queen"
Alhamdulillah, seneng deh bisa menularkan hal yang positif buat orang lain :)

Tuesday, 7 April 2015

Bento nasi Hello Kitty 2



Sabtu adalah hari libur kerja, sekaligus waktunya buat bikin makanannya shakila. Pulang kerja mampir dulu ke swalayan. Beli bahan-bahan buat besok.

Hem.. pengennya paprika warna kuning nih. Tapi lagi ga ada. Adanya merah & hijau. ya udah lah merah aja. Loh ? kok merah? kan yg di foto hijau. Hehehehehehe... abis di foto, aq berubah pikiran. Jadi dituker merah deh paprikanya. Buat bikin pizza.

Besok, langsung eksekusi. Tapi paginya kepasar dulu.Beli ikan & telur ayam kampung buat shakila.
Goreng ikan, sambil cetak nasi, potong-potong nori, dan rebus telur. Telur udah direbus, tinggal rebus sayur. Ikan mateng, suir-suir, tinggal di tata deh ke tempat makan yang udah di isi nasi + sayur rebus :)
Taraaaaa.....


Menu shakila siang ini adalah :
* karbohidrat : Nasi putih
* sayur          : Brokoli + wortel mentah + tomat mentah
* Protein       : Ikan mujaer goreng + telur ayam kampung

Cemilan : Jeruk Honey murcot + yoghurt plain

Begini nih ekspresi Shakila lagi makan :









Daaaannnn..... 1 jam kemudian....


Yey... Shakila makannya abis. Walaupun lama & ujung-ujungnya harus di suapin. Tapi Alhamdulillah ya, sesuatu.

Lihat juga Bento nasi Hello Kitty

Friday, 27 March 2015

Kandungan Gizi Plum




Penasaran pengen cobain buah import yang 1 ini. Tiap ke Giant, ragu-ragu mau beli. Harganya mihil banget boo.. Takut udah beli mahal-mahal, nanti malah ga kemakan lagi.
Hingga suatu hari, pas lagi belanja ke Naga, papanya shakila liat buah plum yang udah di pack. 1 pack isi 3, dan harganya Cuma 10rb-an saja. Hahahahahaha…..


 

Sempet mikir sebentar & tanya sama suami, boleh apa ga aq beli (ini sebenernya Cuma basa basi aja. Harga Cuma 10rb masa mau dilewatin begitu aja) hahahahaha…..
Dan akhirnyaa aq beli juga, sekalian beli anggur buat shakila.

Karena belum pernah beli & makan buah ini sebelumnya, aq sempet bingung ni buah makannya gimana. Dipotong gitu aja atau harus di jus. Hehehehe.. norak ye.
Searching tentang si buah plum ini, nemu artikel kandungan gizi dari plum. Wuih, mantap bener kayaknya nih buah.

Jadi makin penasaran & ga sabar buat coba makan. Sebelum dimakan, ya foto-foto dulu lah.. Walaupun si shakila ga sabar buat megang & tanya2 ini buah apa.



 
Langsung aja kita belah ya. Dalemnya kayak apa sih?
Dan ternyata daging buahnya berwarna merah. Pantes aja namanya plum merah. Sempet heran, orang penampakannya itu ungu gelap/hitam kok dibilang plum merah.



Setelah di juring-juring, hasilnya jadi banyak juga ya. Ga itung dapet berapa juring.



Shakila sempet ga mau coba ni buah, waddduhh… gaswat nih. Terancam gagal deh ngenalin shakila sama jenis buah baru. Dia bilang dia mau anggurnya aja. Rayu-rayu, tetep ga mau. Ok lah, turutin aja dulu maunya.

Anggur udah abis, shakila minta lagi. Aq bilang, adanya anggur yang besar (plum maksudnya). Dan akhirnya shakila meng-iyakan mau coba. Horeeee…….

Waktu aq potong-potong, shakila udah ga sabar pengen gigit langsung buah yg masih utuh.


Setelah selesai dipotong, orang yang pertama makan tuh buah adalah “Bundanya Shakila”. Hahahahaha… abis penasaran banget dari tadi rasanya kayak apa.

Ternyata rasanya itu :
  • Ada rasa manisnya, tapi ga terlalu manis
  • Banyak airnya
  • Tekstur empuk, seperti kiwi, tapi lebih keras lagi
  • Kulitnya ternyata kalo ikut dimakan rasanya ada paitnya
  • Kulitnya gampang banget di kupas. Kayak kita ngupas kulit anggur. Tinggal di kelet (halah bahasanya)
  • Airnya berwarna merah, seperti buah naga merah. Tapi merahnya ga parah seperti buah naga

Pertama nyobain, shakila masih takut-takut makannya. Paling di gigit sedikit-sedikit (di ujungnya). Gigitan pertama kedua, masih di rasa-rasa. Gigitan selanjutnya udah mulai biasa sama rasanya. Hahahahahahaha…. Walaupun dia belum berani gigit banyak-banyak sekali makan.

Untuk tahap awal, Shakila Cuma abis 3 juring. Buatku itu ga masalah. Nanti juga lama-lama dia doyan. Terbentur sama waktu juga sih. Waktu makan ini, udah malem & kondisinya dia mau tidur. Next time coba lagi dengan waktu yang tepat.

Besoknya aq coba kasih lagi. Kali ini bukan aq yang nawarin. Tapi dia sendiri yang minta. Amazing, 1 buah kurang ternyata dia. hahahahahaha..... Bagoooooossss...... cukup sekali coba langsung doyan.

Ni Videonya
Sssstttt….. gara-gara aq pasang foto buah ini di BBM, jadi ada yang penasaran sama rasanya & pengen ikutan beli. Hahahahahaha…..

Foto ini yang aq pasang di BBM
Ga apa-apa toh menyebarkan virus yang positif ;)

Waduh, sampe lupa mau tampilin artikel tentang si buah plum ini.
Cekidot.....

-----------------------------------------------------------------------------------

Plum adalah salah satu buah segar dan lezat yang mengandung antioksidan tinggi. Manfaat makan buah plum bagi kesehatan termasuk mencegah gangguan pencernaan, influenza dan masalah yang berhubungan dengan depresi. Kekuatan antioksidan dalam buah plum dapat membantu mengobati penyakit seperti osteoporosis, degenerasi makula, kanker, diabetes dan obesitas. Hal ini karena membantu menjaga kadar kolesterol sehat, kesehatan jantung, kesehatan kognitif, sistem kekebalan tubuh, kesehatan sel, keseimbangan elektrolit, sistem saraf dan membantu perawatan kulit dan mencegah pembekuan darah .
Advertisement
Plum tersedia dengan beragam warna dan bentuk dari 2000 lebih varietas yang berbeda . Plum secara umum dibagi menjadi tiga kelompok : Eropa – Asia ( Prunus domestica ) , Jepang ( Prunus salicina ) dan Damson ( Prunus insititia ) .
China adalah penghasil utama plum yang diikuti oleh Amerika Serikat , Serbia , dan Rumania . Di AS , produksi utama buah plum terdapat di California .
Selain buah segar, Plum juga telah bisa diperoleh ditoko dalam keadaan sudah diolah, yaitu plum kering atau kalengan .

Fakta kandungan Gizi buah plum

Plum mengandung berbagai macam senyawa sehat, seperti berbagai vitamin dan mineral . Plum mengandung vitamin seperti vitamin A , C ( asam askorbat ) , folat dan vitamin K ( phylloquinone ). Juga merupakan sumber vitamin B1 ( tiamin ), B2 ( riboflavin ), B3 ( niasin ) , B -6 dan vitamin E ( alfa-tokoferol ) . Mineral dalam plum termasuk kalium , fluor, fosfor, magnesium, besi, kalsium dan seng. Plum juga mengandung serat makanan namun rendah kalori dan tidak mengandung lemak berbahaya.

Manfaat buah plum bagi kesehatan

Buah Plum yang dikemas dengan sebagian besar fenol dan flavonoid, menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Antioksidan :

Plum mengandung vitamin C dan fitonutrisi seperti lutein, cryptoxanthin, zea – xanthin, asam neochlorogenic dan klorogenat. Senyawa-senyawa tersebut memiliki kualitas antioksidan yang efektif, dan akan membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal oksigen yang disebut anion superoksida radikal. Fenol dalam plum juga akan memperpanjang efek perlindungan terhadap lemak esensial dalam neuron dan membran sel terhadap luka yang disebabkan oleh radikal bebas.

Obesitas :

Ekstrak Plum digunakan untuk mengobati obesitas dan komplikasi lain yang berhubungan dengan obesitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan seperti plum dapat membantu untuk memerangi sindrom metabolik dengan menghubungkan keberadaan senyawa bioaktif. Flavonoid dan senyawa fenolik seperti anthocyanin, asam klorogenat, quercetin dan catechindalam plum memberikan efek anti obesitas dan anti – inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda, termasuk sel-sel lemak dan juga membantu mencegah masalah yang berhubungan dengan obesitas, seperti gangguan kolesterol , diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Osteoporosis :

Mengkonsumsi buah plum kering memberikan tindakan anabolik dan anti resorptive yang membantu menjaga kesehatan tulang. Flavonoid seperti asam caffeic dalam plum membantu menghambat kerusakan jaringan tulang, sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis pada wanita pascamenopause. Polifenol bersama dengan kalium dalam plum kering akan mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah keropos tulang yang disebabkan oleh kekurangan hormon ovarium . Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi plum kering secara rutin akan membantu pemulihan massa tulang yang berkurang akibat penuaan .

Pencernaan :

Plum merupakan sumber serat yang baik, dengan senyawa sorbitol dan isatin akan membantu mengatur sistem pencernaan. Menurut penelitian, plum kering lebih efektif untuk  mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit, jika dibandingkan dengan obat lain seperti psyllium. Sorbitol dan isatin mengandung efek pencahar, yang mendorong sekresi cairan dalam usus dan meningkatkan pembilasan efisien limbah melalui usus besar.

Kesehatan Kognitif :

Penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid dalam jus plum efektif memberikan perlindungan terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Fitonutrisi yang menyehatkan dalam buah plum membantu mengurangi peradangan dalam proses neurologis,  dan meningkatkan fungsi otak dan memori. Menkonsumsi plum secara teratur juga membantu dalam mencegah gangguan neurodegenerative yang berkaitan dengan usia,  seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson .

Mengandung Kadar kolesterol yang sehat :

Buah plum kering dapat membantu mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia . Sebuah studi komparatif telah membuktikan kemanjuran plum atas anggur – mium jus plum dapat mempertahankan tingkat yang sehat plasma dan kolesterol hati. Kandungan serat yang hadir pada plum juga akan menambah efek pengurangan kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL ).

Diabetes :

Plum memberikan efek anti hiperglikemia dan membantu mengatasi diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak plum dapat membantu menurunkan glukosa dalam darah dan tingkat trigliserida dalam tubuh. Flavonoid yang hadir dalam plum memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin, serta membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh .

Sistem Saraf :

Plum mengandung vitamin B6 yang akan membantu transmisi sinyal saraf, sehingga membantu  kelancaran fungsi sistem saraf . Plum juga membantu pertumbuhan otak normal, dan membantu pembentukan hormon yang mempengaruhi suasana hati. Triptofan, asam amino dalam buah plum membantu memproduksi neurotransmitter serotonin, yaitu yang bereran penting untuk tidur nyenyak, menambah nafsu makan dan meningkatkan  konsentrasi.

Kesehatan jantung :

Konsumsi plum juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Penelitian telah memberikan bukti yang mendukung,  bahwa asupan rutin plum kering akan membantu mempromosikan fluiditas darah di arteri. Ini adalah efek perlindungan yang membantu mencegah berbagai macam jenis gangguan jantung, seperti pengembangan aterosklerosis dan membantu menjaga kesehatan jantung .

Sistem kekebalan :

Adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Plum, membuat plum juga bermanfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh. Ini akan memicu resistensi tubuh terhadap berbagai macam infeksi dan radang. Penelitian telah menunjukkan bahwa plum oriental memiliki imunostimulan, konstituen yang dapat mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh, yang akan menghambat perkembangan sel tumor dan mencegah berbagai macam penyakit .

Kesehatan sel:

Buah plum mengandung zat besi dan tembaga, yang penting untuk membantu pembentukan sel darah merah, serta memfasilitasi pembersihan dan sirkulasi darah yang sehat. Tembaga dalam plum juga akan bertindak sebagai antioksidan, dan sangat penting untuk kesehatan saraf dan membantu pembentukan kolagen. Konsumsi makanan yang tinggi tembaga seperti buah plum juga akan membantu penyerapan zat besi, dan mencegah berbagai penyakit seperti anemia dan osteoarthritis .

Depresi :

Mengkonsumsi plum secara rutin akan membantu mengurangi kecemasan. Studi telah memberikan bukti yang mendukung mengenai efek anxiolytic dan sifat antioksidan asam chlorogenic dalam plum, dimana yang membantu menyembuhkan perilaku terkait kecemasan – dan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Influenza :

Plum Jepang efektif  memerangi infeksi yang disebabkan oleh virus influenza A . Penelitian telah menunjukkan bahwa jus yang terkonsentrasi plum Jepang mengandung lektin –  molekul yang membantu menghambat dan mengobati infektivitas yang disebabkan oleh virus influenza.

Kehamilan :

Plum dan produk plum juga bermanfaat untuk  kehamilan, karena kelimpahan beberapa jenis vitamin dan mineral. Senyawa-senyawa sehat dari plum sangat penting untuk kesehatan mata, perkembangan tulang dan jaringan sel dan kesehatan bagi ibu dan bayi yang sedang dalam pertumbuhan dirahim. Kandungan serat akan mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan. Memasukkan plum kedalam bagian dari diet seimbang akan membantu memerangi berbagai macam infeksi, dan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Namun kita harus waspada dalam memilih produk jus plum dipasaran, karena mungkin mengandung gula yang tinggi .

Kanker :

Ekstrak plum telah terbukti bermanfaat untuk membantu pengobatan kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa epicatechin dalam plum membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker ganas, dan menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler manusia atau kanker hati. Plum kaya akan antioksidan dan fitonutrien seperti asam klorogenat dan asam neo chlorogenic,  yang memiliki efek kuratif terhadap sel kanker pay*d*ra tanpa merugikan sel-sel normal yang sehat.

Menyeimbangkan Elektrolit:

Plum mengandung kalium berlimpah, yang merupakan elektrolit penting yang berfungsi efisien bagi sel dan jaringan tubuh. Mengkonsumsi plum yang kaya kalium akan membantu kontraksi otot,  dan mengatur keseimbangan asam basa tubuh .

Perawatan kulit :

Plum yang kaya akan vitamin C,  bersama dengan antioksidan lain akan membantu untuk menjaga kulit yang sehat, berseri dan awet muda. Konsumsi buah plum akan membantu mengurangi flek dan kerutan yang dihubungkan dengan nutrisi anti penuaan. Ekstrak plum digunakan juga banyak digunakan dalam berbagai macam produk perawatan kulit, seperti paket cuci muka .

Degenerasi makula :

Plum mengandung vitamin A dan beta -karoten yang bermanfaat untuk menjaga mata yang sehat, dan mencegah degenerasi makula yang terkait usia. Karotenoid lutein dan zeaxanthin dalam plum ada dalam jaringan makula retina,  dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV.

Pembekuan darah :

Plum mengandung vitamin K , yang membantu pembekuan darah yang normal, dan meningkatkan kesehatan tulang. Defisiensi vitamin K dalam tubuh dapat menyebabkan hilangnya darah secara berlebihan, dan masalah kesehatan lainnya seperti tulang lemah.

Penggunaan Kuliner :

Plum banyak digunakan dalam makanan, karena rasanya yang manis dan asam dengan aroma yang menyenangkan. Buah plum dapat dinikmati dalam keadaan segar, dan juga dapat ditambahkan ke puding, selai dan jeli.

Obat kumur:

Balsem Plum digunakan untuk pengobatan sakit gigi, sariawan, dan sakit gusi. Plum juga merupakan unsur yang efektif untuk pembuatan obat kumur, dan dapat membantu  menyembuhkan bau mulut serta meredakan sakit tenggorokan .

Bagaimana memilih dan menyimpan buah plum ?

Hindari membeli buah plum yang lunak dengan memar permukaannya. Plum yang sudah Matang dan siap untuk dimakan akan terasa lunak jika di tekan sedikit,  dan sudah mengeluarkan bau yang harum. Plum dapat disimpan di dalam lemari es, atau disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari .
Plum juga efektif untuk menyembuhkan haid yang tidak teratur, dan membantu mendetoksifikasi perut. Plum juga mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Menurut pengobatan Ayurveda, buah  plum memiliki sifat pendinginan yang akan membantu dalam menenangkan kelebihan panas di dalam tubuh .

Peringatan dan efek samping buah plum

Plum segar dan produk plum menawarkan berbagai macam manfaat bagi kesehatan, namun pembatasan dan beberapa pengecualian berikut harus dipertimbangkan sebelum mengkonsumsi plum .

Efek samping :

Oksalat : Plum mengandung oksalat yang dapat terakumulasi dan mengkristal, dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti ginjal, empedu atau komplikasi kandung kemih. Orang-orang yang sudah menderita kondisi tersebut harus menghindari mengkonsumsi buah plum .
Sulfit : Buah plum kering diberikan sulfit untuk mencegah oksidasi fenol, yang dapat menyebabkan warna buah berubah menjadi coklat gelap. Orang yang peka terhadap sulfit harus waspada makan buah plum,  karena mungkin dapat memicu reaksi alergi, termasuk anafilaksis parah.

Interaksi obat :

Tumor Karsinoid: Tumor karsinoid akan meningkatkan jumlah serotonin dalam darah, dan buah Plum mengandung serotonin tinggi. Mengkonsumsi buah plum sebelum dilakukan tes diagnostik tumor karsinoid, dapat menyebabkan hasil positif yang palsu. 

Sumber :