Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Monday, 6 October 2014

Klappertart (12m+)



Klappertart, siapa yang ga tau makanan khas manado ini (eh bener ga sih khasnya manado?)

Pertama liat penampakannya di internet, kok ngiler ya. Tapi gimana rasanya? Jujur, sampe sekarang pun aq belum pernah coba yang namanya klappertart aslinya. Sampe akhirnya aq penasaran, cari-cari info & resep. Daaaaannn.....taraaaaa......

Berhubung aq belum pernah ngerasain klappertart sebelumnya, jadi aq sendiri juga ga tau klappertart yang aq buat sama atau ngga dengan aslinya. Hasil pencarianku di google, jatuh kepada resepnya mba Hanna (anaknya alm. Kasino warkop). Klappertart bikinannya itu udah terkenal ndes nya. Aq menemukan beberapa variasi resep yang katanya punya mba Hanna ini.

Aq baru coba 1 resep dari 4 macam resep yang aq temukan di google. Mba Hanna, ijin share resepnya ya.. :)

Bahan :
100 gr tepung terigu
1 lt susu cair
1 kaleng susu kental manis
vanili secukupnya
150 gr mentega (aq pake orchid 100 gr salted & 50 gr unsalted. ngabisin stok di kullkas)
200 gr gula pasir
6 butir telur ayam
1-1,5 kg kelapa muda (aq pake 2 butir)
Rum (optional, aq ga pake)

Toping :
kismis,
kacang almond,
kayu manis bubuk, atau
keju parut, atau
selai


Cara membuat :
1. Tepung terigu dicampur dengan air, kemudian masukkan kedalam panci dengan cara di saring.
2. Lalu masukkan satu per satu, susu cair, susu kental manis 1/2 kaleng sedikit demi sedikit, vanili, mentega, gula, telur (telur kocok lepas & saring).
3. aduk sebentar, nyalakan api. Masak diatas api sedang
4. Aduk semua adonan perlahan-lahan sekitar 20 menit terus menerus hingga adonan mengental.
5. Masukkan kelapa muda, aduk rata.
6. Setelah agak mengental, tuangkan lagi sisa susu kental manis dan aduk hingga rata.Angkat, dinginkan (masukkan rum jika suka,kemudian aduk)
7. Setelah dingin, siap untuk dituang ke loyang
8. Beri topping sesuai selera.

Tips dari mba Hanna :
Saring semua bahan sebelum dimasukkan kedalam panci, supaya kalppertart bersih dari kotoran gula atau tepung.
Selain itu, tips yang menjadi kunci keberhasilan lezatnya klappertart mba hanna ini juga terletak pada posisi mengaduk adonan yang temponya harus selalu sama dan tidak boleh berhenti sebelum adonannya matang.
Tanda adonan sudah matang dan siap dicetak sendiri adalah adanya letupan pertama dan jangan sampai terjadi letupan ke-2 apalagi ke-3. Begitu adonan meletup sekali, langsung angkat dan dinginkan dengan kipas angin. Baru kemudian dimasukkan ke dalam mesin pendingin.

Gampangkan, tinggal cemplung-cemplung, aduk-aduk. Hasilnya lumayan banyak. waktu aq bikin, hasil jadinya kira-kira 3/4 panci sedang. Mungkin kalo di letakkan di cup, bisa sampe 30an.. Di rumah ga ada kismis, cari di supermarket pas banget lagi ga ada. Ya udah pake toping yang ada di rumah aja deh. Ada keju parut, kayu manis bubuk, selai blueberry & coklat batangan parut (itung-itung ngabisin stok di kulkas)

Alhamdulillah shakila doyan, pertama mau ngasih ke dia, aq harus bilang kalo ini ice cream :D
soalnya kalo bilang ini kue atau klappertart, takut ga mau di coba. Padahal mah kalo udah di coba, dia doyan.

Shakila sekali makan ga banyak sih. Paling 2 sendok teh. Soalnya ini cukup mengenyangkan. Kalo makan terlalu banyak, malah jadi enek. Ga heran ya klappertart yang di jual itu ada ukuran cup nya. Karena emang cukup segitu untuk sekali makan. Dan ga heran juga kalo harga seloyang klappertart itu muahaaalll.... karena emang modalnya lumayan.

Kelak ku akan rindu dengan masa-masa ini

3y 2m

Alzena Shakila Riandra, Wanita cantik dari Rianti dan Candra. Lahir pada tanggal 19 Juli 2011. Shakila, itu lah panggilannya. Di dalam nama terselip sebuah doa dan harapan yang selalu menyelimutinya setiap kali namanya di panggil :)

Sekarang usianya sudah 3thn 2 bulan. Punya anak umur segitu rasanya sesuatu banget deh ya. Udah mulai ceriwis, udah mulai ngerti dengan perasaannya, udah mulai protes, udah mulai ber-eksperimen dengan apa yang dia mau, udah mulai bisa ngomel :D , pokoknya wah banget deh.

Aq seorang ibu yang juga bekerja di luar rumah. Sehari-hari selama aq kerja, shakila tinggal sama jiddanya (neneknya). Sabtu & minggu adalah waktu yang sangat berharga untuk ku, karena bisa bersama shakila seharian. Itu lah sebabnya aq jarang mau kalo disuruh lembur, he..he..he.. maapkeun ya bos :P

Ok, aq akan cerita mulai dari shakila bangun tidur ya. 




Shakila usia +/- 1 thn
Bangunin Shakila

Shakila mungkin masuk kategori anak yang rada susah kalo disuruh bangun pagi :D . aq bilang rada susah loh ya, bukan susah banget. Karena kalo sekarang sih gampang aja bangunin shakila, tinggal gendong aja bawa keluar. Yah, meskipun kadang tetep masih tidur di pelukkan ku atau malah ngambek & nangis karena ga mau di bangunin.
Aq masih ngantuk maa...
Biar shakila bisa bener-bener melek mata, harus di rayu dulu nih. Kalo sekarang sih dengan setel DVD lagu kesukaannya dia (ga jarang papanya sampe bosen denger lagu2nya shakila :P ). 

Ajak main shakila
Kadang di rayu dengan olah raga di lapangan, atau main sepedah di lapangan. Dengan rambut acak-acakan dan masih bau acem (semenjak pake AC, udah ga bau acem lagi :P ) shakila main di lapangan. Kadang sambil jaga tukang bubur lewat. Jalan pagi ke rumah jidda atau sekedar jalan-jalan mondar mandir di lapangan sambil maem (shakila susah banget disuruh makan sambil duduk). Dulu, waktu masih kecil-kecilan, mandi dulu baru makan. Tapi seiring berjalannya waktu & mood nya shakila, kenapa sekarang jadi berbalik, makan dulu baru mandi.

Mandiin Shakila
Sekarang tiba saatnya prosesi mandi. Harus di tanya dulu nih mau mandi di luar (teras) apa di dalem (kamar mandi). Mau pake air anget atau air dingin. Rempong deh ah. Seringnya sih shakila minta mandi di luar, sambil pake bak (hadeh... ). Mungkin dia pengen mengenang masa2 dia waktu bayi.





Tapi bak mandi yg bebek ini, sengaja di kempesin & di taro di dalam kardus. Kalo ga begitu, pasti deh shakila minta mandi pake bak ini :D kini yang keliatan sama shakila adalah bak mandi biasa. Untung aja dia lupa sama kolam renangnya. kalo inget, hadeh... tambah rempong deh. Rempong ngisi airnya, rempong masak air panasnya, rempong naro kolamnya, rempong beresin sesudahnya.

shakila usia 3m

shakila usia 3m


shakila usia 8m


Dengan rumah kontrakan 3 petak, kebayang dong ya space kosong buat naro kolem segede gitu dimana.Belom lagi perlengkapan renangnya. Kalo dulu sih waktu shakila masih bayi, masih belom punya barang-barang. Nah kalo sekarang, udah sesek kayaknya tuh rumah. Doain ya biar bisa beli rumah sendiri. Aamiin.

Saat mandi, shakila masih suka bawa mainan. Apa aja pokoknya, bebek-bebekan, atau bola, atau uang logam, atau mangkok plastik, atau botol sampo kosong, pokoknya apa aja deh yg di temuin. Malah guling juga pernah di ajak mandi.he..he.he...he.. tapi itu dulu, waktu masih kecil. Sekarang sih udah mulai bisa dibilangin. Paling sekarang suka minta tiup balon dari busa sabun mandi. Shakila, shakila. Untuk proses mandinya aja makan waktu. Kadang, kalo lagi idep, mandi langsung dari selang aja, ga pake bak-bak-an.

Pakein baju Shakila
Ok, proses mandi selesai. Abis mandi, andukan dong. Mau andukan aja susahnya minta ampun deh. Lari sana, lari sini. Di tidurin di kasur, malah lari ke pojokan. Mau di pakein baju, kabur.Baju maunya milih sendiri. Di pakein bedak, maunya pake sendiri, atau malah mama yg di pakein bedak. Di sisirin, ga mau. haduh, butuh tenaga ekstra nih buat dandanin shakila aja.

Suapin Shakila
Selesai mandi, kalo paginya belum sarapan, ya berarti abis mandi baru sarapan. Seperti yang aq bilang di atas, shakila paling susah kalo disuruh makan dalam ke adaan duduk diem. Pasti lari sana, lari sini. Mamanya rempong nih laaaa ngikutin kamu. Shakila tuh ya kalo makan, harus bawa minum & tisu. Kebayang dong ya kalo dia makan pindah-pindah tempat. Mamanya harus bawa-bawa tempat makan + minum + tisu. Belom lagi shakila yang susah makannya. Sendok nasi udah di depan mulut, tetep aja ngeles. makannya di emut pula. Shakila kalo makan unik. Kadang mau nasinya aja, kadang lauknya aja, kadang sayurnya aja. Kadang cuma beberapa suap, kadang abis banyak, kadang mintanya pake mangkok bayi, malah kadang langsung ambil nasi dari magicom :D


Disini nih paling banyak menyita waktu. Shakila kalo makan bisa sampe 2 jam. Ini ni, yang bikin kerjaan rumah jadi ketunda. Cucian piring udah manggil-manggil, baju kotor udah nunggu. Lantai yang tadinya bersih udah di sapu, jadi kotor lagi, rumah yang udah rapih jadi berantakan lagi karena shakila mainan atau bahkan pengen makan sendiri. Sering kali semut udah nyamperin duluan sebelum sisa makanan di sapu karena kelupaan(efek ngejar shakila yang susah makan kesana kesini).papanya shakila ngomel-ngomel nih kalo udah begini

Jadi, untuk bapak-bapak nih ya, jangan suka protes kalo rumahnya ga pernah rapih ya. Bukan karena sang istri males, tapi tuntutan keadaan :P yah, namanya juga punya anak kecil, nikmatin aja ber capek2 ria & rumah berantakan.

Saatnya aq mandi
Selesai shakila sarapan,saatnya mama mandi. Apakah saat mandi aq udah bebas dari keribetan yang di buat shakila? o.. tentu tidak. Hari Sabtu papanya shakila kadang masuk kerja. Kalo udah ber-2 an di rumah nih sama shakila, rempongnya tuh sampe kesini (saat proses mandi).

Udah di rayu-rayu, shakila nonton di dvd aja ya. mama mau mandi. Tetep aja ga mau di tinggal sendiri. Pokoknya shakila harus deket2 sama mama nih. Saat aq mandi, shakila duduk ngejogrok di depan pintu kamar mandi. Apakah aq bebas mandi? ya ga lah. lah wong pintunya ga boleh di tutup :D (eits, jangan mikir yg engak2 ya). Karena aq mandi harus tetep pake baju, minimal pake daleman. Huh, rempong ya. Pernah saking takutnya shakila di tinggal sendiri, dia sampe ikut ke dalem kamar mandi. Apakah di dalem kamar mandi aq bisa bebas mandi? ga juga. Karena kalo aq lagi gosok gigi atau cuci muka pake sabun, shakila pengen liat. katanya "liat coba ma". dan aq pun harus menghadap ke dia sejenak.

Ke Pasar
Selesai mandi, saatnya kita ke pasar. Shakila udah pasti dong ikut. Ya iyalah, dia mau sama siapa lagi. Shakila seneng banget kalo di ajak ke pasar. Di pasar lagi-lagi aq di rempongin sama shakila. Kalo aq lagi belanja sayuran, dia ikut-ikutan milih sayuran.hahahah... minimal tuh sayuran diacak-acak. maap ya bang :D
Di pasar dia juga bisa belajar, karena ga jarang dia tanya ini apa ma? itu apa ma? shakila mau ini ma.

Shakila tuh takut sama bunyi terompet atau empet-empetan (halah, apa ya bahasanya), di pasar kan suka ada abang-abang yang jual balon yang bisa bunyi tuh, atau terompet-terompetan. Nah, kalo udah pas lewat sini nih, atau pas lewat abang-abang yang jual dvd tapi nyetel musiknya kenceng banget, udah deh. Shakila minta di gendong, sambil tutup kuping. Tangan kiri gendong shakila, tangan kanan bawa belanjaan. Untungnya kalo udah lewat, dia mau jalan lagi.

Nyapu
Sepulangnya dari pasar, biasanya aq nyapu dulu nih. Kontrakan 3 petak, seberapa luas sih. Tapi shakila tetep aja ga mau di tinggal jauh dikit. Sampe-sampe aq mau nyapu aja, di ikutin sama dia. Kotoran yang aq sapu, kadang di injek-injek sama dia. Karena dia ga mau ada di belakangku, tapi di depan ku. Kadang dia juga mau ikut-ikutan nyapu.

Ajak main Shakila
Selesai nyapu, kalo shakila moodnya lagi bagus, bisa di ajak kompromi. Aq bisa ngerjain kerjaan rumah yang lain. Tapi namanya juga anak kecil, kadang minta ditemenin untuk mainan. Kadang minta di temenin untuk sekedar nonton dvd lagu-lagu kesukaannya. Nonton dvd juga shakila maunya di pangku. Sampe aq mau ambil remote tv aja yang ada di depan mata, dia tetep mau nempel. 

Kalo pas si abang odong-odong lewat, so pasti lah shakila minta naik. Walaupun shakila udah besar, tetep aq kok ga tega ya ninggalin shakila naek odong2 sendirian.

Waktu shakila umur 1th 5bln

Waktu shakila umur 1th 5bln

Waktu shakila umur 1th 5bln

Waktu shakila umur 1th 5bln

Cuci Piring
Sebelum masak, cuci piring dulu yang tadi belom sempet di cuci. Berhubung aq masih tinggal di rumah kontrakan, jadi kegiatan nyupir(nyuci piring) pun di lakukan di kamar mandi. Lagi-lagi shakila ga mau jauh-jauh dari mama. Shakila ikut ngejogrok di depan pintu kamar mandi. Aq bisa nyupir dengan tenang?ho ho ho, anda salah. Karena hampir setiap aq cuci sebuah piring, shakila minta liat."Liat coba ma", dan aq pun harus memperlihatkan piring yang penuh dengan busa sabun ke hadapannya. hahahahah.... 

1 persatu piring yang sudah bersih aq letakkan di depan pintu kamar mandi, tepat di depan shakila. Shakila bisa duduk tenang? ya enggak lah. Dia pasti ambil salah 1 dari cucian piringku untuk di buat main :D
Pernah shakila maunya duduk pake stoller. Wew, kontrakan sempit, dia mau ngejogrok di depan pintu kamar mandi pake stoller. Sesuatu banget deh. Udah gitu, minta ambilin ini itu (cucian piring yg udah di cuci) buat mainan. Nanti kalo mainannya jatoh, minta ambilin. Wadew, ga kelar-kelar deh nih nyuci piringnya.

Selesai cuci piring, saatnya beresin piring-piring yang udah di cuci ketempatnya. Saat mamanya shakila beresin cucian piring, shakila malah berantakin piring.hahahahaha.... tempat makan plastik yang ada di rak di ambilin sama dia, buat mainan. Ulekan kayu, di ulek2 sama dia. Buka rak piring, mau ambil gelas plastik. Ada air di panci/penggorengan yg buat nadahin cucian piring yg bersih, dibuat mainan. Air ga boleh di buang. Tangannya basah, lantai becek, hadeh... bener-bener deh shakila.

Masak
Ok, fix. Selesai beresin cucian piring, giliran masak. Sebelum masak, siangin sayuran dulu ya. Shakila ga mau ketinggalan, ikut-ikutan megang sayuran. Sayuran yang udah di potong-potong, di acak-acak.Bawang merah, di kupasin pake tangan (ngeri aja dia ngucek mata). Lagi motong buncis, maunya dia yg masukin ke wadah. Nyuci sayuran, mau ikut-ikutan masuk kamar mandi & nyuci sayuran. Ngulek bumbu, dia juga mau ngulek (aku kasih ulekan kecil yg dari kayu). Minta sesuatu yang bisa dia ulek.aq kasih aja garem. Katanya "ma, bumbunya mana?". aq bilang, ga usah pake bumbu, itu aja. Eh, garemnya malah di colek, di jilatin. Pernah juga dia tuang minyak goreng ke ulekan. hahahahaha.... untung aja ga tumpah semua tuh minyak goreng.

Orang kocok telor, minta liat. Maunya shakila aja yg ngocok. Lagi goreng-goreng, tumis-tumis, minta liat. Akhirnya masak sambil gendong. Shakila minta gendong bukan karena dia manja, tapi karena dia mau liat apa yg di masak mama & bagaimana proses memasaknya. Begitu  mau kasih garem ke masakan, maunya dia aja yg kasih. Sejauh ini masih aq turutin, itung-itung menumbuhkan kegemaran memasak ke shakila.

Pernah ada percakapan dengan shakila yang membuatku ketawa
Kebetulan aq baru masukkan santen kental ke dalam opor. Gendong Shakila sambil ngaduk-ngaduk opor.

Shakila                 : ma, udah jangan di aduk-aduk. udah mateng. matiin kompolnya (kompornya)
Bundanya Shakila : belum mateng, ini harus di aduk biar santennya ga pecah.
Shakila                 : oooh, biar ga ada belingnya ya?
Bundanya Shakila : hahahahahahahahaha....

Anak kecil emang polos ya. cerita yang lain lagi, aq mau buat terompet sayur. bahannya dari kulit pangsit yg di isi sayur. Shakila minta kulit pangsing. Aq kasih selembar. Ternyata di robek-robek sama dia, trus di lempar-lempar kesana kesini.begitu abis, dia minta lagi.Alhasil dapur berantakan sama kulit pangsing. hahahaha....

Solat zuhur
Shakila tuh makannya lamaaaaa banget. Jadi sebelum aq suapin shakila makan, biasanya aq solat zuhur dulu. kadang di tengah-tengah suapin shakila sih, aq suka baru solat. Sebelum solat, pastilah kita ambil wudhu dulu. Kalo shakila sih paling cuma liatin dari depan pintu kamar mandi aja. Tapi pernah suatu ketika dia minta masuk & ikut-ikutan mau ambil wudhu. ok, aq turutin. Repot dikit ga apalah, yg penting dia bisa belajar. Tapi abis itu bajunya basah semua. hahahahaa.....


Makan siang
Masak & solat selesai, saatnya makan siang. Keulang lagi deh cerita seperti yang aq ceritain di atas. Gimana gaya makannya Shakila. Lari sana, lari sini. Banyak menghabiskan waktu. Biasanya aq sambi dengan nyuci baju nih
 
Nyuci baju
Anak se-usianya dia, emang lagi aktif-aktifnya. Semua serba mau tau. Termasuk mengerjaan kerjaan rumah. Untungnya aq nyuci pake mesin cuci. Seandainya aq nyuci masih ngucek-ngucek atau sikat-sikat di kamar mandi, ga kebayang deh kalo aq nyuci harus sambil gembol shakila. 

Setiap aq nyuci, pasti shakila mau ikut-ikutan nyuci juga. Lagi isi air di mesin, tangannya mau masuk. Selang maunya dia yang pegangin. Tapi sama dia di pencet-pencet selangnya. jadi air muncrat kemana-mana. Maunya shakila aja yg taro-in sabun ke dalam mesin cuci. Sampe-sampe lagi ngebilas, mau di masukin sabun lagi sama dia. Begitu baju selesai di bilas, waktunya masuk ke mesin pengering. Dia minta duduk di atas mesin pengering. Dia seneng banget duduk di situ, mungkin karena saat mesinnya jalan, mesinnya bergetar :D

Shakila waktu usia 2th 3bln
Biasanya aq nyuci, di sambil dengan kerjaan yang lain. seringannya sih sambil masak. Karena sekarang mesin cuci taronya di luar, jadi agak ribet juga sih kalo nyuci sambil masak. Mesin cuci di luar, dapur di dalem. dari ujung ke ujung. Itu yang menyebabkan aq suka telat selesai nyucinya. Karena aq lebih memilih teruskan memasak ketimbang cucian.Malah kadang aq tinggal karena harus ngelonin shakila untuk tidur siang.

Nyuci baju selesai, saatnya jemur pakaian. Shakila mau bantuin mama nih katanya. diambilnya baju yang sudah bersih, dan di gantung ke hanger. Jadi lama sih kerjaan, tapi tak apalah. Biar shakila belajar. Kalo aq lagi buru-buru,ya kadang shakila aq suruh liatin aja. (papanya shakila suka manyun kalo aq jemur baju udah sore atau malah ga keburu nyuci semua baju).

Dulu, waktu shakila masih sekitar umur 2th-nan, malah aq nyuci  & jemur sambil gendong. Shakila emang suka minta gendong, mungkin krn dia ga ketemu aq seharian (ketemu malem doang).


Ngelonin Shakila
Waktunya bobo, biasanya kalo shakila bangun beneran pagi-pagi, sebelum jam 12 dia udah minta tidur. Tapi kalo bangunnya rada siangan, tidur siangnya setelah makan siang. Makin besar, shakila makin susah disuruh tidur siang euy. Jadi sekarang mah harus bener-bener di rayu-rayu deh. Shakila kalo bobo harus di kelonin. Kalo ga begitu, mana bisa dia tidur sendiri. Sumpel susu, minum susu sambil tiduran, usap-usap punggungnya, kadang dia suka minta nyanyiin dulu pake boneka.hahahahahaha... ribet deh kalo mau ngajak dia tidur. Yang ngelonin udah ngantuk, yg di kelonin masih seger. Biasanya kalo shakila tidur, nah ini nih kesempatan buat beberes. Kerjaan rumah yang tadi belom sempet di kerjain, harus bener-bener ngebut nih. Suka heran sama ibu-ibu yang punya "Me time", kok bisa ya? mau dong... (ngiri.com)

Ajak main Shakila sesi ke-2
Bangung tidur, biasanya shakila belom mau kalo langsung disuruh mandi sore. Biasanya dia minta main ke luar rumah, ngadem di warung depan rumah, kadang setel dvd. Kalo waktunya memungkinkan, ini juga sebagai "snack time". Sering juga nih saking asiknya main, sampe susah disuruh mandi.

Mandi sore
Waktu masih kecil sih dia nurut-nurut aja kalo lagi main trus disuruh mandi. Tapi setelah besar, wuih.... udah punya argumen sendiri dia. Acara mandi pun, sudah aq ceritain di atas ya.

Saatnya aq mandi sesi ke-2 & solat ashar
Shakila udah rapih, tinggal mamanya nih yg belom rapih. Waktunya aq maundi sore & diteruskan solat ashar. Prosesi mandi ini, sudah aq ceritain juga ya di bagian atas.

Makan sore
Shakila paling ga bisa disuruh makan duduk anteng. Yah, terpaksa deh ajak main di luar sambil makan.Dari pada ga makan (shakila suah banget disuruh makan). Ritual ini biasanya aq sampe bawa tas jinjing buat naro tempat minum & tissu.

Solat magrib
Shakila tuh kalo makan bisa sampe 2 jam. Makan dari jam 5, magrib kadang belum selesai juga (seharusnya makan cukup 1/2 jam, tapi kalo setengah jam, paling baru dapet 3 suap). Jam setengah 6 biasanya papanya shakila udah pulang kerja. Ini sih bisa gantian suapin shakilanya biar aq bisa solat.

Lipetin cucian
Baju yang udah dicuci, masih berantakan nih. Harus di lipetin & di setrika. Lagi-lagi si anak gadis mau bantuin. Seneng sih, tapi ngerepotin juga :D
Aq kasih kaos singlet dia biar di lipet. Dia nanya, "gimana ma ngelipetnya?" aq ajarin. trus di lipet sama dia. Hasilnya amburadul. hahahahaha... katanya "udah ma, udah di lipetin sama shakila". aq sambil senyum-senyum terima hasil lipetan bajunya.

Kadang, baju yang udah aq lipet, di injek-injek sama dia. wew, amburadul lagi deh. Atau dia maunya duduk di depan ku. Trus ngelipet bajunya gimana?

Setrika
Biasanya aq setrika hari minggu malem (malem senin). Kebetulan di rumah ada setrika yang udah rusak. Hem, biar dia ga pegang2 setrika aq yang beneran panas, aq kasih setrika yang rusak. Wew, dia ga mau. katanya "mama pake yang itu, shakila yang ini aja (sambil tunjuk setrika yg baru)". Tau aja kalo itu udah rusak. tapi ya akhirnya dia ga ikut-ikutan setrika sih. Cuma harus waspada, soalnya shakila suka kesana kesini, takut injek kabel. Belom lagi kalo dia ngedeketin setrika yang panas itu. Trus baju yang udah di setrika, di acak-acak lagi. alamaaaaaakkk......

Waktunya Bobo
Puas maen seharian, sekarang waktunya bobo. cuci kaki, ganti baju, & pake diapers dulu ya la. Acara cuci kaki & pake diapers, shakila kadang ga mau nih. Dulu, sebelum pake AC, malah dia sering nolak kalo dipakein diapers,sekalinya berhasil di pakein diapers, dia ga mau pake celana. Mungkin gerah banget kali ya. Jadi lah tidur cuma pake diapers sama kaos atasan. Tapi setelah ada AC, dia sih ok-ok aja di pakein diapers. Sebelum bobo, minum susu dulu.
Bagian ini biasanya harus di tawarin dulu,
1. mau minum susu apa ga?
2. Pake botol yang mana?
3. Siapa yg bikinin (biasanya dia langsung bilang mau dibikinin susu sama siapa)
kalo shakila udah mau bobo, biasanya aq sekalian solat isya. Soalnya biar bisa langsung tidur. Shakila bobo tenang sampe pagi? hem, ga juga sih. Karena tengah malem shakila suka nangis. Entah kenapa, karena mimpi atau emang ada yang dirasa. Kalo rewel, hal yg pertama aq tanya adalah "shakila mau minum susu?", kalo dia bilang ga, berarti ada hal lain. Keseringan sih minta di pijitin karena kaki / tangannya pegel. ok lah, kita pijit memijit dulu kalo begitu.

Hem... jadi ibu itu ga mudah ya. Apalagi ibu rumah tangga. Lebih capek dari wanita karir. Alhamdulillah aq ngerasain 22nya :)
Jadi kebayang gimana reportnya kalo shakila udah mulai sekolah. Tapi jalanin aja, Inya Allah bisa :)



Monday, 29 September 2014

Terompet sayur (12m+)




Lagi nyari-nyari  resep, eh ketemu sama resep dari umami nih. Namanya terompet sayur. Resepnya gampang banget, tapi tentu saja aq modif sedikit ya bumbunya.

Resep asli :

Bahan :
8 buah kulit pangsit
50 gr wortel
50 gr kentang
100 gr ayam suwir
1/4 buah timun
1 bungkus Saori saus tiram
2 sdm air
700 ml minyak goreng

Cara :
1. Potong wortel,kentang, dan timun ukuran korek api. sisihkan
2. Goreng pangsit bentuk terompet hingga kuning ke-emasan. Angkat,tiriskan
3. Panaskan minyak, tumis daging ayam suwir dan sayuran sebentar. Tambahkan saori saus tiram. Masak hingga matang,angkat.sisihkan
4. Isi pangsit dengan tumisan ayam sayur, sajikan

Untuk lebih jelasnya, bisa liat videonya disini


Sedangkan resep yang aq buat, seperti ini

27-09-2014 (shakila 3y 2m)


Bahan:
4 lembar kulit pangsit, buat seperti kerucut (aq pake telur untuk merekatkannya)
1/2 buah wortel
1/4 timun
2 buah buncis
dada ayam, potong memanjang
1 buah bawang putih,haluskan
garam
lada
kecap manis, secukupnya
air secukupnya
Minyak goreng

Cara :
1. Potong sayuran ukuran korek api. sisihkan
2. Goreng pangsit bentuk terompet hingga kuning ke-emasan. Angkat,tiriskan
3. Tumis bawang putih & lada hingga harum.
4. masukkan ayam dan sayur
5. tambahkan kecap & garam. beri sedikit air. Masak hingga matang.Angkat,sisihkan
6. Isi pangsit dengan tumisan ayam sayur, sajikan

Cerita sedikit ya tentang si terompet sayur ini.
Kalo liat dari videonya sih kayaknya gampang banget ya.Tapi prakteknya, cukup membuatku agak kerepotan. Tau dimana letak kerepotannya? Shakilaaa?? itu sih udah pasti. Kalo masak bareng shakila pasti rempong.. :D

Ternyata untuk membuat si terompetnya sendiri susyeh boo....
aq coba buat kerucut dari kuliat pangsit, dengan direkatkan pake telur. Kesulitan saat menggoreng si pangsit itu biar bentuknya tetep kerucut. Haduh, aq harus pake sumpit nih waktu gorengnya buat nahan biar si kulit pangsit ga letoy. Belom lagi kulit pangsit yang patah. Makanya aq ga buat banyak2, cukup 4 saja. Dari ke-4 pangsit yang aq goreng, 1 yang nempel sempurnya. hahahahahaa....
akhirnya ya di makan sama papanya shakila aja, jadi kayak kerupuk pangsit.

Untuk hasil akhirnya, shakila ga tertarik sama sekali sama si terompet sayur ini (-_-)!
Padahal niatnya, biar shakila mau makan krn ngeliat bentuk yang lucu (kayaknya yg aq buat bentuknya ga lucu nih).

dari menu di atas yang aq sajikan untuk shakila :
* terompet sayur
* ebi furai
* jagung rebus
* tempe goreng
yang pertama di makan adalah jagungnya. huft...


Akhirnya shakila cuma mau makan pake jagung & ebi furai. Terompet sayur & tempe ga di sentuh sama sekali. Gagal deh menu hari ini (-_-)!  Untung ada menu cadangan, sayur sop. Jadi tetep masih bisa masuk nasi walaupun ga banyak.


ok fix, besok coba lagi menu lain (^_^)
Semangaaaaattt.....







Friday, 26 September 2014

B'Day Shakila yang ke-3



Seperti tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun yang ke-3 ini masih bertepatan dengan bulan puasa. Sempet bingung mau buat acara apa. Kalo di bulan puasa, mau apa2 jadi rada ribet ya. Awalnya pengen bagi2-in snack / naskun ke tetangga aja. Tapi siapa yg mau masak? bisa sih pesen, tapi kok ya aq kurang sreg. Pengennya ultahnya shakila ada doanya (seperti thn2 sebelumnya). Akhirnya aq putuskan untuk ngasih uang ke anak yatim aja. Amalnya buat shakila. Beres, ga repot :D

Lebaran udah tinggal beberapa hari lagi. Hem... niatnya sih ga usah beli baju baru buat lebaran. Tapi kalo shakila, ya emang harus beli. Secara anak2 kan gampang banget gedenya ya. Alhasil baju lebaran thn kemaren udah pada kekecilan :). Yah mau ga mau beli lah kita.

Tepat tgl 19 Juli 2014 (shakila ultah yg ke-3),kita malah ke ITC. hahahahahaaha....
Niat awal cuma beli baju shakila, lah kok malah jadi merembet :D

Sampai lah di sebuah toko baju khusus India. Hem, lucu juga kalo lebaran pake baju India. Tapi mana berani aq make baju yg full bener2 kayak India. Akhirnya aq cuma beli baju kemeja yg bawahnya panjang & kerudung (buat selendang). Kalo shakila, lumayan nih bajunya mirip2 dikit lah sama India. Aq sengaja pakein baju india yg sopan buat shakila. Sayang pas coba di toko Shakila ga sempet di foto. Padahal cakep tuh, dia nurut di pakein apa aja sama mba2 penjaga tokonya :D

Selesai hunting baju,sepatu & sendal, tiba waktunya pulang ke rumah. Kepikirian, kok kasian ya ga ada acara tiup lilinnya. Entah disengaja atau kebetulan, shakila tiap tahun kalo mau ultah, selalu seneng nyanyiin lagu ultah & tiup lilin. Setiap liat lilin nyala, bilangnya lilin ulang tahun. Kok rasanya ga tega ya kalo ga ada kue ultahnya.

Yo wes lah, pulang pas sampe deket rumah, kita mampir dulu ke toko "Dapur coklat". Niat pengen beli kue inceran, tapi ga ada. ya udah beli yg ada aja deh. Lumayan dapet lilin ultahnya. Padahal aq udah siapin lilinnya dr kemaren2.

Sesampainya di rumah, langsung dong pada coba baju2 yang baru di beli. Termasuk shakila nih. Sayang selendangnya ga mau di pake.

Puas coba baju, waktunya kita baca doa & tiup lilin nih buat yg ultah.

19-07-2014 (shakila 3y)

Mejeng dl sebelum kuenya di potong sambil pake baju India :D




berhubung foto & videonya pake HP yang berbeda2, jadi susah deh ngumpulin fotonya :(
cuma segini aja yg bisa aq tampilin di blog ini.

VIDEO b'day shakila yang ke-3

Doa untuk Anakku "Alzena Shakila Riandra"

Ya Allah, sehatkanlah badannya,
panjangkanlah umurnya,
Jadikan dia anak yang solehah,
kuatkan iman islamnya,
bimbinglah dia selalu ke jalan yang benar,
lindungilah dia dari orang2 zolim & godaan syaitan yang terkutuk,

Ya Allah, Murahkanlah rejekinya,
Berikan dia kecantikan luar & dalam,
agar menjadi penyejuk bagi semua orang,

Ya Allah, bahagiakanlah dia di dunia & akhirat.
Aamiin.

B'day Shakila yang ke-1
B'day Shakila yang ke-2

Tuesday, 23 September 2014

Buah-buahan (6m+)

20-09-2014 (shakila 3y 2m)


Cemilannya Shakila nih yang lagi masa recovery dari batpil.

* Jeruk Honey murcot
* Anggur Autumn Royal
* Melon Golden

Awalnya sih pengen sate buah pake tusukan sate yang biasa. Tapi berhubung tusukan satenya ga ada, pake yang ada aja deh. Tusuk gigi. Berhubung tusuk gigi itu kecil, jadi 1 buah lagi ga usah ikutan aja dulu. Yang ketinggalan yaitu buah naga merah (Red Dragon).

Begini nih gayanya Shakila waktu lagi makan buah2an

20-09-2014 (Shakila 3y 2m)

Mantaaaab....

Hasilnya, Ludes tak bersisa.
Lihat videonya disini

Untuk makan siangnya, aq buatkan bento bentuk panda seperti di bawah


untuk cerita selanjutnya tentang bento ini, silahkan klik disini

Bento Panda (12m+)



     Shakila lagi masa recovery nih dari batpil nya. Selagi sakit, tau lah ya pasti napsu makannya berkurang. Entah cuma perasaan atau emang beneran,shakila kalo di buatin bento, makannya lumayan banyak :D

Menu kali ini adalah :
* Salad kol ungu + lobak putih + mayonaise
* Salmon paprika
* Brokoli rebus
* Nasi putih
* Selada buat alas (sukur2 kalo di makan juga sama Shakila)

Untuk totorialnya, silahkan liat disini ya.

Karena waktu proses pembuatannnya shakila tau, jadi begitu jadi udah ga surprise lagi deh. Brokoli rebusnya udah di makanin sama shakila. sssssttt.... waktu lagi nyomot brokoli, dia sebenernya nyari2 buncis rebus. Tapi ga ada. hahahahaha....

Shakila udah mulai ga sabar nih mau makan. Sebentar2 narik2 minta makan. Sabar dulu ya la, makanannya belom di foto :D hahahahaha....

Begini nih foto2nya shakila & bentonya sebelum di makan.



Acara prosesi makan2 pun segera di mulai. Seperti biasa, yang pertama di makan & di habiskan adalah sayurannya. pertama makan brokoli, lahap banget dia makan brokolinya (liat videonya disini). trus coba salad. Ini pertama kalinya shakila coba mayonaise, dan ternyata ga doyan. langsung di lepeh. Ga apa2, lain waktu di coba lagi ya. Abis brokoli, merambat ke salmon dan nasi. Selada sempet di coba juga, tapi katanya keras. Akhirnya selada ga di makan. Ini hasil akhirnya :


Yang tersisa :
Salad, Paprika yang ada di salmon & daun selada

Untuk cemilannya, shakila aq kasih buah2an

20-09-2014 (Shakila 3y 2m)

Untuk cerita selengkapnya tentang buah-buahan ini, bisa klik disini

Thursday, 18 September 2014

Jus Wortel Strawberry ( 12m+)



Di kulkas ada strawberry, niatnya mau bikin jus di campur jambu biji merah. Tapi jambunya ga ada. Yang ada wortel. Ya udah hajar bleh...
Yuk kita nge-just, eh nge-jus.

Bahan :
* 1 pak strawberry (isinya kira2 12 buah)
* 1 wortel import
* Madu secukupnya / Gula
* Air secukupnya (bisa diganti dengan perasan jeruk / yogurt)
* es batu (aq ga pake)


Cara membuat :
Blender semua bahan (aq pake tokebi). Jadi deh..

Kalo ga mau pake ampas,bisa di saring. Hasil jadinya 1 gelas seperti di bawah + 1 gelas mug besar. Lumayan juga sih karena aq bikinnya ga terlalu kentel. Lebih enak lagi kalo ngejus nya pake jus extractor. Bener2 full buah. ga usah pake air & gula.



Nih shakila lagi minum jus

12-09-2014 (shakila 3y 1m)
Mau liat videonya ? klik disini

Shakila sebenernya ga begitu suka jus. dia lebih suka makan buah potong. Liat aja di video waktu di kasih segelas jus. Yang jadi perhatian utamanya ya si buahnya :D

Bagus lah, jadi ga repot2 ngejus kalo makan buah (emaknya males :D)
Lagian makan buah potong lebih sehat ketimbang minum jus. Kenapa ?

pernah baca di internet, ringkasannya kira2 seperti ini :

1. karena saat kita buat jus, maka kita akan menambahkan gula. Pada saat penambahan gula ini lah yang akan membuat fruktosa yang buruk untuk hati. Selain itu kandungan vitamin yang terkandung dalam buah akan hilang

2. Makan buah langsung tanpa dijus atau diblender akan merangsang enzim di rongga mulut untuk pencernaan

lalu bagaimana dengan jus extractor? bukan kah tidak ada penambahan gula?
jangan lupa ya, yang kita butuhkan saat makan buah bukan hanya sari buahnya saja. tapi juga seratnya. Pada jus extractor, dia ada proses pemisahan antara sari buah dengan ampasnya. Padahal ampasnya ini lah yang banyak mengandung serat Tp jangan khawatir. pada sari buah, masih ada kok serat larut yang bermanfaat bagi tubuh.

Tapi bukan berarti jus itu di haramkan ya...
kita bisa siasati membuat jus yang lebih sehat. Misal :
* Mengganti air putih dengan perasan jeruk atau yogurt.
* Mengganti gula dengan madu atau tidak sama sekali menggunakan ke-2 nya.
* Jus tidak di saring agar seratnya tetap masuk
* Minum jus sebaiknya tidak langsung habis seperti minum air putih. Tapi minumlah sedikit demi sedikit, biarkan sebentar di dalam mulut untuk bercampur dengan ludah, baru kemudian ditelan.

Puding Roti (12m+)



     Di lingkungan rumah lagi musim batuk pilek. Shakila juga ga luput dari penyakit musiman itu. Layaknya anak kecil yang lagi sakit, pasti lah dia rewel, makan ga napsu. Kalo ga napsu makan, kita aja yang dewasa kalo sakit juga suka ga napsu makan kan?
     Sepulang kerja, liat shakila lagi di gendong aja sama jidda nya. ga ada semangat buat main seperti biasa. Mungkin dia sebenernya pengen main, tapi badan lagi ga enak. Di suapin nasi, tapi ga abis. Ya udah deh, dari pada shakila ga kemasukan makanan, coba bikinin cemilan yang ngenyangin & bergizi aja.
     Kebetulan di rumah ada roti tawar sisa 3 lembar. Ok lah, kita bikin puding roti aja kalau begitu. Siapin dulu bahannya.



Bahan-bahan :
* Roti tawar 2 lembar
* 200ml susu UHT plan
* 1 butir telur
* 10 gr unsalt butter
* Vanili secukupnya
* Keju parut secukupnya (bisa ganti dengan garam)
* 4 sdm Madu (bisa di ganti dengan gula,tapi mungkin takarannya berbeda)

Cara membuat :
1. kocok lepas telur, tambahkan dengan bahan lainnya
Step 1
2. Tata Roti tawar yang sudah di potong-potong ke dalam loyang atau mangkok
Step 2
3. Tuang larutan telur & susu kedalam mangkok berisi roti
Step 3

Hasilnya setelah di campur dengan larutan susu
4. Kukus dengan api sedang sekitar 30 menit(sebelumnya kukusan sudah di panasi ya) atau sampai matang. Masih ada ruang kosong di kukusan, sempilin kentang aja lah :D

Step 4

Saat di kukus, roti akan mengembang,tapi setelah dingin akan kempes kembali


Rasanya kalo menurutku lembut, wangi, manisnya pas. ga terlalui manis. dan yang penting, enaaakk... :D
(muji diri sendiri). Tapi kayaknya rotinya terlalu sedikit, jadi bagian bawah terlalu lembek kayak bubur (efek cairannya turun semua ke bawah)

Tapi sayang, pas pudingnya mateng, shakilanya keburu tidur. Padahal baru jam 7 malem :(  (efek ga enak badan,jadi tidur cepet). Taro di kulkas dulu aja deh pudingnya. besok baru di makan.

Note :
Sekarang bundanya shakila lagi ngator nih. Belom tanya jidda nya udah di makan apa belom puding rotinya.