Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Monday, 29 September 2014

Terompet sayur (12m+)




Lagi nyari-nyari  resep, eh ketemu sama resep dari umami nih. Namanya terompet sayur. Resepnya gampang banget, tapi tentu saja aq modif sedikit ya bumbunya.

Resep asli :

Bahan :
8 buah kulit pangsit
50 gr wortel
50 gr kentang
100 gr ayam suwir
1/4 buah timun
1 bungkus Saori saus tiram
2 sdm air
700 ml minyak goreng

Cara :
1. Potong wortel,kentang, dan timun ukuran korek api. sisihkan
2. Goreng pangsit bentuk terompet hingga kuning ke-emasan. Angkat,tiriskan
3. Panaskan minyak, tumis daging ayam suwir dan sayuran sebentar. Tambahkan saori saus tiram. Masak hingga matang,angkat.sisihkan
4. Isi pangsit dengan tumisan ayam sayur, sajikan

Untuk lebih jelasnya, bisa liat videonya disini


Sedangkan resep yang aq buat, seperti ini

27-09-2014 (shakila 3y 2m)


Bahan:
4 lembar kulit pangsit, buat seperti kerucut (aq pake telur untuk merekatkannya)
1/2 buah wortel
1/4 timun
2 buah buncis
dada ayam, potong memanjang
1 buah bawang putih,haluskan
garam
lada
kecap manis, secukupnya
air secukupnya
Minyak goreng

Cara :
1. Potong sayuran ukuran korek api. sisihkan
2. Goreng pangsit bentuk terompet hingga kuning ke-emasan. Angkat,tiriskan
3. Tumis bawang putih & lada hingga harum.
4. masukkan ayam dan sayur
5. tambahkan kecap & garam. beri sedikit air. Masak hingga matang.Angkat,sisihkan
6. Isi pangsit dengan tumisan ayam sayur, sajikan

Cerita sedikit ya tentang si terompet sayur ini.
Kalo liat dari videonya sih kayaknya gampang banget ya.Tapi prakteknya, cukup membuatku agak kerepotan. Tau dimana letak kerepotannya? Shakilaaa?? itu sih udah pasti. Kalo masak bareng shakila pasti rempong.. :D

Ternyata untuk membuat si terompetnya sendiri susyeh boo....
aq coba buat kerucut dari kuliat pangsit, dengan direkatkan pake telur. Kesulitan saat menggoreng si pangsit itu biar bentuknya tetep kerucut. Haduh, aq harus pake sumpit nih waktu gorengnya buat nahan biar si kulit pangsit ga letoy. Belom lagi kulit pangsit yang patah. Makanya aq ga buat banyak2, cukup 4 saja. Dari ke-4 pangsit yang aq goreng, 1 yang nempel sempurnya. hahahahahaa....
akhirnya ya di makan sama papanya shakila aja, jadi kayak kerupuk pangsit.

Untuk hasil akhirnya, shakila ga tertarik sama sekali sama si terompet sayur ini (-_-)!
Padahal niatnya, biar shakila mau makan krn ngeliat bentuk yang lucu (kayaknya yg aq buat bentuknya ga lucu nih).

dari menu di atas yang aq sajikan untuk shakila :
* terompet sayur
* ebi furai
* jagung rebus
* tempe goreng
yang pertama di makan adalah jagungnya. huft...


Akhirnya shakila cuma mau makan pake jagung & ebi furai. Terompet sayur & tempe ga di sentuh sama sekali. Gagal deh menu hari ini (-_-)!  Untung ada menu cadangan, sayur sop. Jadi tetep masih bisa masuk nasi walaupun ga banyak.


ok fix, besok coba lagi menu lain (^_^)
Semangaaaaattt.....







Friday, 26 September 2014

B'Day Shakila yang ke-3



Seperti tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun yang ke-3 ini masih bertepatan dengan bulan puasa. Sempet bingung mau buat acara apa. Kalo di bulan puasa, mau apa2 jadi rada ribet ya. Awalnya pengen bagi2-in snack / naskun ke tetangga aja. Tapi siapa yg mau masak? bisa sih pesen, tapi kok ya aq kurang sreg. Pengennya ultahnya shakila ada doanya (seperti thn2 sebelumnya). Akhirnya aq putuskan untuk ngasih uang ke anak yatim aja. Amalnya buat shakila. Beres, ga repot :D

Lebaran udah tinggal beberapa hari lagi. Hem... niatnya sih ga usah beli baju baru buat lebaran. Tapi kalo shakila, ya emang harus beli. Secara anak2 kan gampang banget gedenya ya. Alhasil baju lebaran thn kemaren udah pada kekecilan :). Yah mau ga mau beli lah kita.

Tepat tgl 19 Juli 2014 (shakila ultah yg ke-3),kita malah ke ITC. hahahahahaaha....
Niat awal cuma beli baju shakila, lah kok malah jadi merembet :D

Sampai lah di sebuah toko baju khusus India. Hem, lucu juga kalo lebaran pake baju India. Tapi mana berani aq make baju yg full bener2 kayak India. Akhirnya aq cuma beli baju kemeja yg bawahnya panjang & kerudung (buat selendang). Kalo shakila, lumayan nih bajunya mirip2 dikit lah sama India. Aq sengaja pakein baju india yg sopan buat shakila. Sayang pas coba di toko Shakila ga sempet di foto. Padahal cakep tuh, dia nurut di pakein apa aja sama mba2 penjaga tokonya :D

Selesai hunting baju,sepatu & sendal, tiba waktunya pulang ke rumah. Kepikirian, kok kasian ya ga ada acara tiup lilinnya. Entah disengaja atau kebetulan, shakila tiap tahun kalo mau ultah, selalu seneng nyanyiin lagu ultah & tiup lilin. Setiap liat lilin nyala, bilangnya lilin ulang tahun. Kok rasanya ga tega ya kalo ga ada kue ultahnya.

Yo wes lah, pulang pas sampe deket rumah, kita mampir dulu ke toko "Dapur coklat". Niat pengen beli kue inceran, tapi ga ada. ya udah beli yg ada aja deh. Lumayan dapet lilin ultahnya. Padahal aq udah siapin lilinnya dr kemaren2.

Sesampainya di rumah, langsung dong pada coba baju2 yang baru di beli. Termasuk shakila nih. Sayang selendangnya ga mau di pake.

Puas coba baju, waktunya kita baca doa & tiup lilin nih buat yg ultah.

19-07-2014 (shakila 3y)

Mejeng dl sebelum kuenya di potong sambil pake baju India :D




berhubung foto & videonya pake HP yang berbeda2, jadi susah deh ngumpulin fotonya :(
cuma segini aja yg bisa aq tampilin di blog ini.

Doa untuk Anakku "Alzena Shakila Riandra"

Ya Allah, sehatkanlah badannya,
panjangkanlah umurnya,
Jadikan dia anak yang solehah,
kuatkan iman islamnya,
bimbinglah dia selalu ke jalan yang benar,
lindungilah dia dari orang2 zolim & godaan syaitan yang terkutuk,

Ya Allah, Murahkanlah rejekinya,
Berikan dia kecantikan luar & dalam,
agar menjadi penyejuk bagi semua orang,

Ya Allah, bahagiakanlah dia di dunia & akhirat.
Aamiin.

B'day Shakila yang ke-1
B'day Shakila yang ke-2

Tuesday, 23 September 2014

Buah-buahan (6m+)

20-09-2014 (shakila 3y 2m)


Cemilannya Shakila nih yang lagi masa recovery dari batpil.

* Jeruk Honey murcot
* Anggur Autumn Royal
* Melon Golden

Awalnya sih pengen sate buah pake tusukan sate yang biasa. Tapi berhubung tusukan satenya ga ada, pake yang ada aja deh. Tusuk gigi. Berhubung tusuk gigi itu kecil, jadi 1 buah lagi ga usah ikutan aja dulu. Yang ketinggalan yaitu buah naga merah (Red Dragon).

Begini nih gayanya Shakila waktu lagi makan buah2an

20-09-2014 (Shakila 3y 2m)

Mantaaaab....

Hasilnya, Ludes tak bersisa.
Lihat videonya disini

Untuk makan siangnya, aq buatkan bento bentuk panda seperti di bawah


untuk cerita selanjutnya tentang bento ini, silahkan klik disini

Bento Panda (12m+)



     Shakila lagi masa recovery nih dari batpil nya. Selagi sakit, tau lah ya pasti napsu makannya berkurang. Entah cuma perasaan atau emang beneran,shakila kalo di buatin bento, makannya lumayan banyak :D

Menu kali ini adalah :
* Salad kol ungu + lobak putih + mayonaise
* Salmon paprika
* Brokoli rebus
* Nasi putih
* Selada buat alas (sukur2 kalo di makan juga sama Shakila)

Untuk totorialnya, silahkan liat disini ya.

Karena waktu proses pembuatannnya shakila tau, jadi begitu jadi udah ga surprise lagi deh. Brokoli rebusnya udah di makanin sama shakila. sssssttt.... waktu lagi nyomot brokoli, dia sebenernya nyari2 buncis rebus. Tapi ga ada. hahahahaha....

Shakila udah mulai ga sabar nih mau makan. Sebentar2 narik2 minta makan. Sabar dulu ya la, makanannya belom di foto :D hahahahaha....

Begini nih foto2nya shakila & bentonya sebelum di makan.



Acara prosesi makan2 pun segera di mulai. Seperti biasa, yang pertama di makan & di habiskan adalah sayurannya. pertama makan brokoli, lahap banget dia makan brokolinya (liat videonya disini). trus coba salad. Ini pertama kalinya shakila coba mayonaise, dan ternyata ga doyan. langsung di lepeh. Ga apa2, lain waktu di coba lagi ya. Abis brokoli, merambat ke salmon dan nasi. Selada sempet di coba juga, tapi katanya keras. Akhirnya selada ga di makan. Ini hasil akhirnya :


Yang tersisa :
Salad, Paprika yang ada di salmon & daun selada

Untuk cemilannya, shakila aq kasih buah2an

20-09-2014 (Shakila 3y 2m)

Untuk cerita selengkapnya tentang buah-buahan ini, bisa klik disini

Thursday, 18 September 2014

Jus Wortel Strawberry ( 12m+)



Di kulkas ada strawberry, niatnya mau bikin jus di campur jambu biji merah. Tapi jambunya ga ada. Yang ada wortel. Ya udah hajar bleh...
Yuk kita nge-just, eh nge-jus.

Bahan :
* 1 pak strawberry (isinya kira2 12 buah)
* 1 wortel import
* Madu secukupnya / Gula
* Air secukupnya (bisa diganti dengan perasan jeruk / yogurt)
* es batu (aq ga pake)


Cara membuat :
Blender semua bahan (aq pake tokebi). Jadi deh..

Kalo ga mau pake ampas,bisa di saring. Hasil jadinya 1 gelas seperti di bawah + 1 gelas mug besar. Lumayan juga sih karena aq bikinnya ga terlalu kentel. Lebih enak lagi kalo ngejus nya pake jus extractor. Bener2 full buah. ga usah pake air & gula.



Nih shakila lagi minum jus

12-09-2014 (shakila 3y 1m)
Mau liat videonya ? klik disini

Shakila sebenernya ga begitu suka jus. dia lebih suka makan buah potong. Liat aja di video waktu di kasih segelas jus. Yang jadi perhatian utamanya ya si buahnya :D

Bagus lah, jadi ga repot2 ngejus kalo makan buah (emaknya males :D)
Lagian makan buah potong lebih sehat ketimbang minum jus. Kenapa ?

pernah baca di internet, ringkasannya kira2 seperti ini :

1. karena saat kita buat jus, maka kita akan menambahkan gula. Pada saat penambahan gula ini lah yang akan membuat fruktosa yang buruk untuk hati. Selain itu kandungan vitamin yang terkandung dalam buah akan hilang

2. Makan buah langsung tanpa dijus atau diblender akan merangsang enzim di rongga mulut untuk pencernaan

lalu bagaimana dengan jus extractor? bukan kah tidak ada penambahan gula?
jangan lupa ya, yang kita butuhkan saat makan buah bukan hanya sari buahnya saja. tapi juga seratnya. Pada jus extractor, dia ada proses pemisahan antara sari buah dengan ampasnya. Padahal ampasnya ini lah yang banyak mengandung serat Tp jangan khawatir. pada sari buah, masih ada kok serat larut yang bermanfaat bagi tubuh.

Tapi bukan berarti jus itu di haramkan ya...
kita bisa siasati membuat jus yang lebih sehat. Misal :
* Mengganti air putih dengan perasan jeruk atau yogurt.
* Mengganti gula dengan madu atau tidak sama sekali menggunakan ke-2 nya.
* Jus tidak di saring agar seratnya tetap masuk
* Minum jus sebaiknya tidak langsung habis seperti minum air putih. Tapi minumlah sedikit demi sedikit, biarkan sebentar di dalam mulut untuk bercampur dengan ludah, baru kemudian ditelan.

Puding Roti (12m+)



     Di lingkungan rumah lagi musim batuk pilek. Shakila juga ga luput dari penyakit musiman itu. Layaknya anak kecil yang lagi sakit, pasti lah dia rewel, makan ga napsu. Kalo ga napsu makan, kita aja yang dewasa kalo sakit juga suka ga napsu makan kan?
     Sepulang kerja, liat shakila lagi di gendong aja sama jidda nya. ga ada semangat buat main seperti biasa. Mungkin dia sebenernya pengen main, tapi badan lagi ga enak. Di suapin nasi, tapi ga abis. Ya udah deh, dari pada shakila ga kemasukan makanan, coba bikinin cemilan yang ngenyangin & bergizi aja.
     Kebetulan di rumah ada roti tawar sisa 3 lembar. Ok lah, kita bikin puding roti aja kalau begitu. Siapin dulu bahannya.



Bahan-bahan :
* Roti tawar 2 lembar
* 200ml susu UHT plan
* 1 butir telur
* 10 gr unsalt butter
* Vanili secukupnya
* Keju parut secukupnya (bisa ganti dengan garam)
* 4 sdm Madu (bisa di ganti dengan gula,tapi mungkin takarannya berbeda)

Cara membuat :
1. kocok lepas telur, tambahkan dengan bahan lainnya
Step 1
2. Tata Roti tawar yang sudah di potong-potong ke dalam loyang atau mangkok
Step 2
3. Tuang larutan telur & susu kedalam mangkok berisi roti
Step 3

Hasilnya setelah di campur dengan larutan susu
4. Kukus dengan api sedang sekitar 30 menit(sebelumnya kukusan sudah di panasi ya) atau sampai matang. Masih ada ruang kosong di kukusan, sempilin kentang aja lah :D

Step 4

Saat di kukus, roti akan mengembang,tapi setelah dingin akan kempes kembali


Rasanya kalo menurutku lembut, wangi, manisnya pas. ga terlalui manis. dan yang penting, enaaakk... :D
(muji diri sendiri). Tapi kayaknya rotinya terlalu sedikit, jadi bagian bawah terlalu lembek kayak bubur (efek cairannya turun semua ke bawah)

Tapi sayang, pas pudingnya mateng, shakilanya keburu tidur. Padahal baru jam 7 malem :(  (efek ga enak badan,jadi tidur cepet). Taro di kulkas dulu aja deh pudingnya. besok baru di makan.

Note :
Sekarang bundanya shakila lagi ngator nih. Belom tanya jidda nya udah di makan apa belom puding rotinya.

Monday, 1 September 2014

membuat bunga dari sosis

     Pernah liat di youtube cara buat bunga dari potongan sosis, Seharusnya yg di tengah di kasih telor puyuh. apa daya di rumah pas lagi abis si telor puyuh. jadi pake telor biasa aja deh.


Cara :
1. potong-potong sosis (kalo aq di rebus dl sosisnya, biar pasti mateng)
2. Letakkan 1 telur puyuh utuh di tengah2 sosis yang sudah di atur (ga ada telor puyuh, aq pake kocokan telur biasa, yg penting sosisnya bisa nempel)
3. goreng sampai matang, angkat
4. rapihkan telur yang berada di sisi-sisi luar sosis.

dan hasilnya seperti di bawah ini :



Kalo ada yang bilang "ya elah cuma telor dadar sama sosis goreng aja juga. ribet banget".
Ya emang cuma telor dadar sama sosis goreng doang sih. Ga ada yang istimewa. Yang istimewa adalah respon si anak ketika membuka kotak makan yang isinya tidak seperti biasanya.

Contohnya aja shakila (3y 1m). Begitu dia liat kotak makannya, mukanya langsung sumringah, seneng banget. Padahal isinya ya makanan biasa. Kata Shakila "wah bagus...., ada bunganya" (sambil ketawa kegirangan). Begitu makan si telor dadar (yang di gulung & di tusuk pake buncis), dia bilang "enak ma, sedep" :D

Lebay ya si shakila.... tapi itu lah ekspresi yang benar2 natural dari seorang balita berusia 3 thn. Yang menurut kita biasa2 aja, belum tentu buat si anak biasa aja.

Monday, 25 August 2014

Bento nasi isi abon

     Punya masalah dengan anak yang susah makan? kayaknya hampir seluruh ibu merasakan hal seperti itu. Kalo anak udah susah makan, mulai deh kita puter otak. Mau share menu makanannya shakila nih. sebenernya sih biasa aja. Biasa banget malah. yg jadi agak luar biasa adalah penyajiannya.
     Ini pertama kali aq bikin bento buat shakila. sebenernya sih ga pertama-tama banget. cuma kali ini emang niat banget. sampe aq beli alat2nya. biar mahal tetep deh di ladenin (^_^). Maaf ga sempet foto cara buatnya. udah keburu siang, waktunya shakila maksi.

Sarapan pembuka shakila (23-08-2014)

     Kenapa aq kasih nama sarapan pembuka? karena abis makan buah, shakila masih sarapan berat. Tentu saja di kasih jarak. Sarapan pagi itu bubur ayam (cuma sesuap), ganti sama nasi kuning (dapet beberapa suap, lumayan lah)

Bento nasi isi abon (23-08-2014)


     Ini dia bento nasi isi abonnya. Nasi aq buat seperti di atas, dalemnya di kasih abon. tentu saja isi bisa menyesuaikan yang ada di rumah. Untuk baju, mata, alis & mulut aq pakai nori. love dari wortel.

Brokoli & baby buncis. setelah jadi kok malah mirip pohon :D

Nama "Shakila" aq buat dari wortel rebus.

telur puyuh rebus 2 butir. itu telur puyuh yang keliatan kuningnya,sebenernya ga sengaja waktu ngupas kulitnya, eh putihnya ikut :D

Terakhir kacang merah, yang aq ambil dari sayur sop yang udah jadi :D

pertama shakila buka kotak makannya, dia langsung tanya :
shakila : "itu apa ma?" sambil tunjuk telor puyuh dengan muka sumringah
mama : "telor puyuh"
shakila : "ini apa ma?" sambil tunjuk nasi
mama : "nasi"
shakila : "boneka ya ma?"
mama : senyum2 aja liat shakila kegirangan

tanpa banyak tanya2 lagi, pertama yang di ambil adalah telor puyuhnya. seperti biasa, dia ga suka kuning telor. kali ini aq ga bisa ngelak karena udah di skak mat sama shakila (kuning telornya udah di sodorin ke mulutku suruh aq yg makan).

telor puyuh abis, selanjutnya baby buncis, brokoli, kacang merah, nasi. Untuk kacang merah, pertama nyoba langsung di lepeh. mungkin karena ada kulitnya kali ya. trus aq nyerah gitu ga kasih ke shakila? ow.. tentu tidak. buatku, ga ada kata ga doyan :D (ibu kejam :D) kacang merah aq kupas kulitnya, aq selipin tiap suapan nasinya :D

untuk sayuran sih buatku ga masalah. karena dasarnya emang shakila doyan sayuran :)

dah hasil akhir dari si bento itu adalah :

tersisa kulit kacang merah & batang brokolinya saja :)


   Coba tiap makan hasil akhirnya begini (ludes semua), tapi aq nya yg gempor. Masa harus bikin bento tiap kali makan :(

     Dan waktu sudah menunjukkan jam 17.00 wib. Waktunya shakila makan sore. Karena siang aq cuma buat rebus2an, sore ini aq buat tumisan aja deh yang gampang. Bahan tentu aja pake sisa yg tadi siang & apa yang ada di kulkas.

makan sore (23-08-2014)
     Karena shakila mau ke rumah mbah Yono, jadi ga sempet bikin bento2an deh. Udah cukup begini aja ya penyajiannya.

tumis sayur (buncis + wortel + paprika merah + bawang bombay)
telor ayam kampung rebus + nasi

dan hasilnya :
tersisa paprika & kuning telornya.

hem, kuning telor sebenernya tiap suapan udah di sumpelin, tapi masih nyisa aja. kayaknya nasinya kurang nih. soalnya waktu nasinya abis, shakila masih mau makan tuh. terbukti masih mau gado tumis sayur & putih telornya.

Nah, itu dia menu sederhana shakila untuk sehari. Semoga menjadi inspirasi bunda2 yang lain.

Buat bento itu memang butuh waktu & penuh perjuangan, tapi liat hasil akhirnya (anak senang + makannya abis). Bahagianya tuh di sini (sambil tunjuk dada dengan hati yg bahagia)

Monday, 11 August 2014

Nugget Mie (12m+)

     Bingung mau masak apa buat shakila. Baca-baca di internet, nemu resep yang gampang banget nih. di Resep sih namanya kroket mie, tapi biasanya kroket itu kan identik dengan kentang ya. Jadi namanya aq rubah aja deh jadi nugget mie. he..he..he..

Bahan :
1/2 bungkus mie telor
5 btr telur ayam
2 tangkai daun bawang, iris halus
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt merica
3 sdm kornet
wortel potok kotak2 (tambahan)
1 1/2 sdt garam (bisa juga di ganti keju parut)
tepung panir
minyak goreng

Cara membuat :
1. Rebus mi sampai lunak, sisihkan
2. Kocok 4 butir telur, daun bawang, bawang putih, lada, kornet, garam, wortel.
3. Tuang ke dalam mi rebus, aduk rata
Setelah di aduk rata & siap di kukus
4. Kukus 25 menit / sampai matang
5. Potong2 mie, celupkan ke telur
6. Balur dengan panir
Siap di goreng atau masuk kulkas buat stok

7. Goreng sampai kuning ke emasan. Atau kalo mau buat stock, tinggal masuk frezer aja nih. tapi taro di wadah yang tertutup dulu ya.

Aq buat ga sebanyak yang di resep, mi telor cuma 1 baris (1 bungkus isi 3 baris), telur cuma 2 (pake telur ayam kampung), dan bumbu yg lain menyesuaikan. Jadinya sebanyak gambar di atas, di tambah  6 pcs yang udah di goreng tapi ga ke foto.

o iya, nugget ini juga bisa loh di makan setelah di kukus (tanpa di panir & di goreng). Jadinya kayak Skutel mie.


Penampakan semua nugget yang udah di goreng ga sempet ke foto nih. Soalnya hari udah siang, udah waktunya Shakila makan. Lagian ga semua nugget di goreng. Satu-satunya foto yang bisa di ambil ya yang di bawah ini.

Menu maksinya Shakila 10-08-2014
(nugget mie & tumis kangkung)

Report :
Seperti biasa, Shakila itu makannya susah. Awal-awal sih dia ga mau makan.
Setelah di bujuk rayu & penuh perjuangan, akhirnya mau juga dia makan.
awal-awal sih begini :
Ga mau pake nugget nya. (padahal tiap suapan di sumpel nugget, di makan juga)
Ga mau pake sayurnya, tapi suapan berikutnya malah mau sayurnya aja.

dan ending nya adalah :
ternyata 1 cetakan nasi itu ga cukup buat shakila :D
nugget sisa 1, sayur sisa 1 suap.

Thursday, 3 July 2014

Penyumbatan kelenjar air liur (RANULA) - 2

Artikel sebelumnya : Penyumbatan kelenjar air liur (RANULA)

     Menyambung dari artikel sebelumnya, mungkin pembaca mengira aq sudah operasi. Tapi keadaan berkata lain. Bagaimana ceritanya? yuk di simak.

     Sebelum jadwal operasi (28 Juni 2014) , hari senin nya tanggal 23 Juni 2014 aq disarankan untuk konsultasi ke dokter spesialis paru. Dengan berbekal hasil cek darah, ronsen dan hasil ct scan aqpun  menuruti saran dari dokter spesialis bedah mulut (dokter yang akan meng-operasi ku).
     Setelah di lihat hasil ct scan dan periksa kondisi fisik, dan dokterpun berkata bisa operasi. Si dokter menerangkan kenapa tempo hari tidak jadi di lakukan operasi. krn ada sesuatu yg menghalangi saat masuknya alat & di khawatirkan itu "masa" yang lain. tetapi dilihat dari hasil ct scan bahwa tidak terdapat masa yang lain selain ranula, dokterpun optimis bisa dilakukan operasi.
     Dokter menerangkan proses operasinya, bahwa nanti saat operasi akan dimasukkan alat sejenis kamera untuk memonitor keadaan di dalam. sehingga proses masuknya alat bisa terarah. Oleh dokter paru aq di kasih antibiotik & obat pengencer dahak (karena aq ada brokhitis juga).

     Ke esokan harinya, tepatnya tanggal 24 Juni 2014, aq merasa kok ada yang keluar dari dasar mulutku. Rasanya asin, berwarna kekuningan seperti dahak. Aq pun bertanya-tanya. Apa ini? dahak yang ada di paru-paru kan? atau apa? cairan itu keluar sedikit-sedikit. mungkin sekali keluar hanya setetes. Tapi dalam sehari bisa berkali-kali. Hari berikutnya cairan itu dalam sehari sudah agak jarang keluar. Bersamaan dengan itu, aq lihat ranulaku semakin mengecil (walaupun masih tetap ada). Tapi ukurannya jauh lebih kecil dari sebelumnya.
     Apakah dahak yang aq maksud adalah cairan yang keluar dari ranula? dalam arti kata ranulaku pecah?
Memang aq sempat baca bahwa ranula bisa pecah, isinya berupa cairan agak kekuningan.

     Hari kamis, 26 Juni 2014 aq pun kontrol kembali ke dr. bedah mulut. Sebenarnya kontrol ku kali ini hanya untuk memastikan keadaanku terakhir sebelum operasi nanti. Tapi Allah berkehendak lain. Ranulaku semakin mengecil. Aq pun jadi ragu untuk operasi. Meskipun aq tau ranula tidak ada obatnya & jika belum di angkat selaputnya, ranula akan tumbuh lagi. Aq mengutarakan niatku untuk menunda operasi.

     Alasannya apa?simple, karena aq takut operasi. hahahahahahahaha......
sebenarnya itu hanya salah 1 alasan saja, alasan yang lain adalah : tanggal 28 Juni 2014 aq takut itu hari puasa pertama. ya walaupun ternyata puasa di mulai tanggal 29 Juni 2014. aq fikir, jika aq operasi saat bulan puasa, pasti akan merepotkan keluargaku. Belum lagi sehabis operasi yang aq harus minum obat, kontrol-kontrol. Mungkin aq akan banyak ga puasanya nih. Waduh, kalo ga puasa, berarti PR ku banyak untuk ganti puasa. hahahahahahahaha....

     Alasan yang lain, ranulaku mulai mengecil (walaupun saat aq ketik artikel ini, ranulaku sudah sedikit membesar lagi). Dengan ranula yang mulai mengecil, muncullah secerca harapan untuk sembuh tanpa operasi. yah, seperti yang aq bilang sebelumnya, walaupun aq tau bahwa ranula memang harusnya operasi. Aq mulai mencari-cari obat herbal untuk menyembuhkan penyakitku. Ada beberapa obat herbal yang mau aq coba. Sebenarnya dari kemarin-kemarin mertuaku sudah menawarkan apakah aq mau berobat alternatif? Berhubung saat itu aq sudah janjian untuk operasi dengan si dokter & aq pun takut ranulaku semakin membesar, aq memutuskan untuk operasi saja. Tapi lagi-lagi Allah berkehendak lain. ranulaku mengecil dan aq jadi terfikirkan untuk mencoba jalan lain selain operasi.

     Dengan rasa optimis & semangat untuk sembuh dan tak lupa berdoa memohon kesembuhan kepada Yang Maha Kuasa, aq pun mecoba obat herbal. Bukan promosi nih, sekedar share aja ya. Obat herbal / jamu yang aq coba kali ini adalah jamu tetes SOMAN. Aq sih baru coba 2 hari. Jadi aq belum bisa mereferensikan reaksi dari si jamu itu. Mungkin di artikel selanjutnya akan aku ceritakan perkembangan kesembuhan ku.

Bersambung....