Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Friday 12 October 2012

MAKANAN PEMBANGKIT MOOD

Makan bukan hanya untuk mengenyangkan tubuh atau sekadar memenuhi kebutuhan nutrisi. Pilihan makanan yang tepat bisa membangkitkan mood tertentu. Makanan mampu mengubah produksi atau melepas neurotransmitter, pembawa pesan yg menghantarkan informasi antar sel saraf. Neurotransmitter inilah yg bertanggung jawab untuk informasi penting,seperti"aku mengantuk" atau "aku mau main".

MAKANAN MEMBANTU TIDUR

- PISANG
Sangat membantu penderita 'sleep apnea', gangguan tidur akibat kesulitan bernapas. Fosfolipids diketahui dapat membuat tenggorokan terbuka. Dalam pisang, fosfolipids bisa tetap aktif berada di mulut selama 6 jam. Kandungan potasiumnya juga membantu si kecil tidur nyenyak karena melepaskan miosin yang berperan dalam relaksasi otot.

- AYAM
Selain mengandung protein, daging ayam kaya vitamin B3 yg membantu sintesis serotonin dan membantu si kecil mendapatkan tidur sehat berkualitas. Kandungan vitamin B12 juga membantu mengatasi gangguan ritme 'sirkadian', yakni mekanisme alami tubuh yg menentukan kapan dan berapa lama waktu tidur.

- YOGHURT
Yoghurt kaya magnesium yg bisa membuat saraf-saraf tubuh yg tegang serta otot dan pembuluh darah yg "mengendur" menjadi relaks. Si kecil pun tidur nyenyak sepanjang malam. Yogurt juga mengandung triptofan yg menimbulkan kantuk.

- CERI
Baik dalam bentuk segar,beku,atau dikeringkan, buah ceri merupakan sumber melatonin alami,antioksidan yg membantu tubuh mengatur ritme 'sirkadian'. Melatonin juga berperan dalam pengaturan kualitas tidur yg diinginkan, terutama untuk si kecil yg mengalami sulit tidur.

MAKANAN PENAMBAH KONSENTRASI

- ALPUKAT
Tubuh si kecil perlu lemak. Dalam alpukat terdapat Omega-9 yg bagus, berguna membentuk sel baru termasuk sel-sel otak.

- NASI
Makanan pokok ini memang tepat sebagai sumber karbohidrat kompleks yg paling baik disimpan di otot. Jika kelak dibutuhkan, bisa digunakan sebagai sumber energi utama. Nasi jiga mengandung vitamin dan mineral yg dibutuhkan otak.

- TELUR
Kandungan vit. B membantu pembentukan neurotransmitter. Selain itu, telur juga kaya kandungan kolin yg dibutuhkan untuk kerja otak dan fungsi memori. Dalam 1 butir telur terkandung 9 as. Amino esensial dan protein,dan bagusnya, telur juga rendah kandungan lemak jenuh.

MAKANAN YG MENENANGKAN

- SUSU
Proteinnya berkualitas tinggi yg mengandung as. Amino esensial yg tidak bisa dihasilkan tubuh, salah satunya adalah triptofan. Kandungan kalsium dan magnesium dalam susu membantu mempercepat perubahan triptofan menjadi serotonin. Selain memberi rasa tenang dan relaks, serotonin juga menimbulkan rasa kantuk.

- COKELAT
Teobromin adalah zat yg memberikan "rasa enak" dalam coklat. Zat ini menghasilkan efek menenangkan otot dan jaringan otot halus. Kandungan triptofan dlm cokelat membantu tubuh meningkatkan produksi serotonin.

- PASTA
Kandungan karbohidratnya bisa memicu insulin membantu membersihkan aliran darah dari as. Amino yg bersaing dengan triptofan. Akibatnya, anak lebih tenang karena lebih banyak triptofan masuk ke otak.

- KEJU
Keju bisa melepaskan stres karena triptofan di dalamnya melepaskan serotonin. Dari beragam jenis keju, cheddar, guyere, dan keju swiss adalah keju yg cocok untuk memberi efek menenangkan.



Sumber: Ayahbunda 20/2009
Konsultan: DR. PAULINE ENDANG PRAPTINI. SPGK

No comments:

Post a Comment