Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Tuesday 17 December 2013

Naget tempe



     Bosan sama tempe goreng, jadi kepikiran tempe di buat nuget. Shakila sih sebenernya suka-suka aja makan tempe goreng. Tapi kalo tempenya di goreng terus, lama-lama bosen juga.

     Bahan-bahan sederhana, sama aja kaya bikin tempe goreng biasa, cuma tambahan telur sama cara pengolahannya aja yang beda.

     Langsung aja ya ke Resepnya. Resep nggak saklek. bisa di kombinasi sama sayuran kalo emang mau. Takeran bumbu juga ga saklek, di sesuaikan aja sama banyaknya tempe.

Bahan :
* 1 lonjor tempe, haluskan
* 2 buah bawang putih, haluskan
* 1 butir telur
* garam secukupnya
* 1 butir telur (utk pencelup)
* tepung roti (utk baluran)

Cara membuat :
1. Haluskan tempe, kalo aq sih di parut dulu baru di ulek
2. Campur tempe halus + bwg putih + garem + telur. aduk rata
3. Kukus sampai mateng (lupa sampe berapa lama)
4. Setelah tempe mateng, dinginkan. Potong-potong sesuai selera
5. Masukkan ke dalam wadah tertutup, kemudian masukkan ke dalam kulkas (aq simpen seharian)
6. Celup tempe kedalam telur kocok
7. Balurkan dengan tepung roti
8. Siap di goreng, atau di simpan di kulkas utk stock (jgn lama2 ya nyimpen nya)

     Hasil jadinya lumayan banyak kan. Cukup lah buat di makan 3 orang. Malah sempet aq kasih ke tanteku & tantenya Shakila juga. Nah bingung kan apa maksudnya "tanteku dan tantenya Shakila juga". he..he..he..
   
     Ngasih tempe, dapetnya anggur. Keren kan? Emang rejekinya Shakila nih.


     Sebenernya sih, tempe ga perlu di kukus ga apa2. Asal tempenya bisa di bentuk. Jadi kaya perkedel. trus balur ke tepung roti. Cuma kalo di kukus, itu utk jaga2 kalo tempenya ga abis di goreng dalam sehari. jadi bisa di simpen di kulkas dan lebih awet karena tempe sebenernya udah mateng.

     untuk tahap 5 juga bisa di longkap. langsung balur tepung roti trus goreng. Kemarin itu tempe nya agak rapuh. Karena takut ancur waktu di balur tepung roti & saat di goreng, jadi di masukin kulkas dulu deh biar agak kenceng.

    Tekstur naget tempe ini agak keras ya. Maksudnya ga selembut naget ayam atau ikan. Ya seperti teksturnya tempe deh. Jadi kalo mau di berikan ke bayi yang belum punya gigi, bisa di lumatkan dulu.

     Kalo di liat dari bahan nya, naget ini bisa diberikan untuk bayi di bawah 1 thn. Dengan catatan ada bahan2 yang harus di sesuaikan. Bahan-bahan yang harus di sesuaikan adalah sbb :
1. Telur
    Bisa di pakai kuningnya saja. karena putih telur pemicu resiko alerginya besar
2. Garam
    Garam untuk bayi di bawah 1 thn sebenernya tidak di sarankan. bayi di latih utk merasakan rasa asli dari suatu makanan. Jika bayi sudah di atas 8 bulan, garam bisa di ganti dengan keju.
3. Di goreng
    Makanan yang di goreng biasanya diperbolehkan untuk bayi di atas 1 thn. Jika bayi masih di bawah 1 thn, naget ini bisa di berikan sampai tahap di kukus saja. Tidak usah di balur dengan tepung roti & di goreng

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment