Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Monday 2 January 2017

Kontrol ke-2 Dr. Yuditya Purwosunu SPOG

Siapa yang ga bahagia kalo tau dirinya hamil. Kehamilan yang ditunggu-tunggu setelah beberapa kali gagal. Beberapa kali gagal, itu yang menyebabkan aq was-was menjalani kehamilanku kali ini. Sekecil apapun keluhan, aq mencoba untuk mengingat-ingat. Sekecil apapun tanda-tanda yang tubuhku alami, mencoba untuk lebih respek.

Sempet flek waktu uk 4w, alhamdulillah ga kenapa2. Setiap hari kerjaannya ngaca ngeliatin perut melulu. sudah seberapa buncitkah perutku ? hehehehe...

lebay ya, padahal mah besarnya rahim paling ga lebih besar dari buah jeruk nipis. Mual-mual mulai aq rasakan. Bahkan sampe muntah. Lebih sensitif terhadap bau-bauan. Ah, nikmatnya jadi orang hamil.

Kehamilan sebelumnya (yang gagal), aq ga sampe muntah. Bahkan di kehamilan ke-3 ku, aq ga mual sama sekali. Kehamilan kali ini, rasanya mual dan muntahnya sama seperti hamil shakila. Pernah baca, itu karena hormon HCG yang dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat berjalan normal (semoga kehamilanku berjalan normal & sehat).

Seiring berjalannya waktu, mual & muntah mulai berkurang. Aq bingung, harus seneng atau was-was. Karena memang seharusnya semakin lama mual & muntah berkurang. Kenapa was-was? karena aq takut kalo aq berhenti hamil.

Perut yang biasanya begah, lah kok ini ga begah? Begah paling kalo abis makan. Perut kok rada kempes? wah ini bener-bener parno banget deh. Terus coba nimbang, kok ga naek? padahal udah hampir sebulan jangka waktu sama kontrol ke-1.

haaaa... Ya Allah, apa aq gagal lagi?
Tapi aq masih suka ngerasa perut bagian bawah berdenyut. Baca-baca, untuk kehamilan yang masih kecil gerakan janin belum terasa. Kalaupun berdenyut, itu karena gerakan usus. Ada sedikit pergeseran organ karena rahim membesar (kalo ga salah). Lah, berarti rahimku masih tumbuh berkembang toh? Ada perasaan seneng juga di dalam hati. tapi masih tetep was-was.

Duh, nungu gajian lama amat ya. Eh, jadwal kontrol maksudnya. Karena jadwal kontrolku emang nunggu gajian. wkwkwkwkw...

Pengalaman yang sudah-sudah, di kontrol ke-2 ini lah penentuannya. Duh, pokoknya harus, kudu, wajib ditemenin suami ini kontrolnya. 

Tiba giliran masuk ruang dokter sambil deg degkan dan baca bismillah. 

Begitu lagi di usg :

dr Yudit : ni bu bayinya 

aq : alhamdulillah (sambil berdoa dalam hati semoga masih ada detak jantungnya)

dr yudit : (merubah setingan untuk mendengarkan detak jantung, sambil terima telp)

aq : (terdengar suara detak jantung dan gambar frekwensi detak jantung), alhamdulillah. tapi belum berani memastikan itu beneran detak jantung. karena dokternya masih sibuk terima telp sambil usg aq.

setelah dr yudit selesai terima telp, aq tanya lagi.

aq : gimana dok? detak jantung nya ada? (walaupun aq tau tadi itu udah ada)

dr yudit : ada, tadi kan detak jantungnya. sambil senyum

aq : maksudnya detaknya normal gitu dok? ga lemah atau gimana?

dr yudit : (sambil merubah setingan kembali ke suara detak jantung). normal kok, nih. 110/70. ga lemah. Plasentanya juga udah mulai menebal, keren. Kalau kemarin kan masih tipis. ini udah menebal.

aq : beratnya berapa dok?

dr yudit : masih kecil, sekitar 10 gram

aq : uk berapa minggu dok?

dr yudit : 9 minggu.

aq : alhamdulillah

Setelah sampai di mejanya dr. yudit, 
kandungannya ga kenapa2 kan ya dok? soalnya takut dok. yang kemaren kan pas 9w ketauannya.

ya ga kenapa-kenapa. tadi ada kan detak jantungnya. udah 9 minggu. Seharusnya sih udah aman. ya insya Allah berhasil.

hasil medical chekup di kantor sebulan yang lalu, HB ku rendah. Aq kasih hasil MCU ke dr. Yudit. Dia bilang ini obat yang di resepkan sama dia udah yang paling bagus.

Terus aq ga bosen-bosen tanya, apa masih harus minum glucophage & pravastatin? kata dokternya iya. Trus kata suami, tapi kok BB nya turun ya dok? iya, memang begitu. Berapa turunnya? aq bilang, dalam sebulan 1 kg. malah waktu dl abis kuret, bisa 5kg. trus dokternya bilang "WOW".
ya udah di stop aja dulu pravastatinnya ya, tapi glucophage nya tetep di minum. Pokoknya minum aja yang saya resepin disini.

penasaran kenapa aq ga berasa begah lagi, kata dia memang hamil yang bagus itu : ga ada keluhan, ga mual, ga kembung. Alhamdulillah bisa tenang. Walaupun tetep was-was. Ah, in mah aq nya aja yang parno-an.

Pesan papanya shakila, ga usah mikir yang macem-macem. Jalanin aja kayak air yang mengalir :)
Beberapa hari stop minum pravastatin, kok rasanya kepala pusing ya? ntah lah ini apa efek stop pravastatin atau karena yang lainnya. jadi inget dulu juga sempet stop glucophage & pravastatin, sama pusing juga. Tapi nanti ilang sendiri. Mungkin tubuh lagi beradaptasi.

oh ya seperti biasa, yang belum tau berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk periksa di RS. Hermina Bekasi, klinik Eksekutif dengan dr. Yuditya. Ini rinciannya. Maaf, bukan bermaksud untuk sombong atau hitung-hitungan. Tapi ini murni untuk sharing.



No comments:

Post a Comment