Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Tuesday 14 March 2017

Kontrol ke-4 Dr. Yuditya Purwosunu SPOG

     Setiap kali kontrol, aq biasanya emang telp ke hermina dulu. Yah walaupun sebenernya nomer urut berdasarkan kedatangan. Nah kali ini kok susah banget nyambung ke herminanya. Sekalinya nyambung, tapi bagian pendaftaran sibuk melulu. Pulsa udah abis 4rb, tapi blm ada hasil. Ya udah lah akhirnya nekat tetep kontrol ke hermina. Tapi apa yang aq dapet? Aq ga kebagian nomer saudara-saudara. Sampai sana jam setengah 3 sore, ternya udah full 64 pasien. Apa mau dikata, harus diundur minggu depan deh kalo gitu. Daftar sekalian biar ga keulang lagi hal kayak gini.

     Akhirnya waktu kontrol yang ditunggu-tunggu tiba juga. Ini beneran deh, udah kayak nunggu gajian aja. Ga sabaran bawaannya. Sampai sana jam 2, aq udah dapet nomer 34. Padahal dokternya baru praktek jam 3 sore. haaaaa...... lama bingit. Aq kebagian masuk jam 19.30 wib.

     Waktu di tensi sama suster, ternyata tensiku tinggi. 130/80. Duh.... jangan sampe deh keulang lagi waktu hamilnya shakila. Ah, fikirku mungkin karena aq baru dateng, jadi masih capek. Selang setengah jam aq minta tensi lagi. Dan ternyata makin tinggi. 140/100. haaaaaaaaa.... tidaaaakkk.......
tapi emang waktu itu sih kepala terasa pusing. Ntah beneran pusing apa karena ketakutan yang berlebihan yang akhirnya jadi pikiran dan ter-realisasi.

     Ya udah lah, kita tunggu aja di ruang tunggu yang nyaman, ga gerah + dapet snack. Dari luar aq udah wanti-wanti minta papanya shakila untuk video-in waktu di USG nanti. Tapi ternyata layar yang di atas itu miring ke pasien. Jadi papanya shakila ga keliatan. Gagal deh.

     Saat USG, dokternya lumayan detail.

dr yudit : apa kabar bu?

aq : baik dok

dr yudit : ada keluhan ?

aq : rada pusing nih dok, kayaknya tensinya tinggi.

Lanjut tiduran dan siap untuk USG.


dr yudit : ni bu mukanya, masih kecil banget. Ni tungkainya, kakinya, pahanya, jantungnya, livernya, lambungnya, tangannya, dll.... (apa lagi dokternya bilang, lupa)

aq : semua normal dok?

dr Yudit : normal kok, ni detak jantungnya. Kayaknya ini gak tinggi tensinya.
 
aq : usianya berapa dok? beratnya berapa ?

dr yudit : 19w, berat 400 gr (kl aq ga salah denger, perasaan gede bgt ya?)

aq : alhamdulillah, jenis kelaminnya apa dok ?

dr yudit : mau tau bu? yang pertama apa?

aq : perempuan dok

dr yudit : yang ini ..... (sensor ah, biar pembaca penasaran)

aq : alhamdulillah, yang penting sehat dok.

dr yudit : kakaknya umur berapa skrg ?

aq : 5thn dok

dr yudit : jarang dibawa kesini ya?

aq : ga mau dok, takut

dokter Yudit juga sempet nanya2 tentang shakila, apakah shakila sehat? pertumbuhannya gimana? karena waktu hamil shakila aq darah tinggi.

seperti biasa, dr Yudit ngobrol saat usg sambil klak klik sana sini yang kadang aq juga ga tau itu gambar apa.  Dan ini hasilnya. Ternyata muka si babynya di print 3d sama dr. Yudit.


setelah usg, waktunya tanya-tanya. Sebenernya ada beberapa pertanyaan yang udah aq list. Dan ini karena gerogi atau ga enak takut terlalu lama, akhirnya cuma beberapa pertanyaan yang aq tanyain. Mungkin bener kata papanya shakila, aq tuh kebawa pikiran. Karena list pertanyaan yang aq tanyain hampir semua berhubungan dengan pre eklamsia (darah tinggi). Dan beneran kejadian aja kan.

pertanyaan :
1. masih ada kontraksi ga dok? (karena bulan lalu ada kontraksi)
    masih ada sedikit

2. apa yang menyebabkan pre eklamsia dok?
    pada kasus ibu ? ya bisa karena gula atau kolesterol yang tinggi

3. kalo tensi tinggi, tapi protein ga sampai berlebih, apa itu termasuk pre eklamsia?
    tidak, cuma hypertensi

4.  minuman probiotik katanya bisa mencegah pre eklamsia? apa benar dok?
    iya, minum yakult

5. dok, apakah pre eklamsia bisa jadi lahir prematur?
    bisa iya, bisa enggak. tergantung sih. Tapi untuk pre eklamsia memang ada resiko lahir prematur. 

6. Jadi tes lab apa enggak dok?
    iya, nanti saya kasih rujukan untuk tes lab.

7. Dok, bisa ga hamil ini biar ga darah tinggi lagi gitu
    iya, ini makanya di cek dulu ya. Minimal kita kasih pencegahan atau pengobatan.

Dokter Yudit sambil cek-cek riwayat aq sebelum-sebelumnya yang udah 2x kuret sama dia dan sekarang kontrol kehamilan sama dia. Kata susternya "penggemar setia" hahahaha....

ini nih rujukan untuk periksa lab.
Cek lab dilakukan kalo usia kehamilan minimal 20 minggu, atau lebih juga boleh. Biar hasilnya lebih akurat. Kalo bisa tes lab nya di sini aja ya bu (rs. Hermina), kata susternya.

ok, sekarang giliran ke kasir. Sampai sana ternyata ada 1 obat yang lagi kosong dan harus beli di luar. Dan ini biaya yang harus aq bayar.



Bulan ini biayanya sedikit berkurang, karena memang obatnya berkurang 1 macam. Ok, lanjut ke laboratorium untuk tanya-tanya biasa tes lab nya berapa. Sampai sana dikasih penjelasan sama petugasnya kalo untuk tes lab ini harus puasa 10 jam. Puasa dari jam 9 malam sampai 7 pagi. Jam 7 pagi harus udah ada di hermina untuk ambil darah. Darah diambil 2x, ya mungkin proses pengambilan darah bisa sampai jam 9 pagi. tes lab yang dilakukan untuk :
1. Ferritin
2. Tes Toleransi glukosa
3. cholesterol LDL
4. CRP
5. Vitamin D25OH

Daaaannnn, tibalah pada pemberitahuan mengenai biaya. Biaya yang harus dikeluarkan sebesar : Rp. 2.767.500,-
Biaya yang lumayan fantastis buat aq. Aq memutuskan untuk tes lab nanti aja kalo udah gajian, pas banget emang usia kandunganku udah sekitar 20 minggu lebih. Giliran puyeng deh nih untuk biaya kontrol. Karena setiap kontrol minimal 1jt harus ada. Jadi total biaya yang dikeluarkan sebesar +/- 3.767.500

Semoga ada rezekinya, aq percaya Allah maha pemberi rezeki. Demi anak yang ada didalam kandunganku, harus semangat :)

Mungkin ada beberapa pembaca yang meng-anggap aq perhitungan masalah biaya. Karena selalu aq beberkan berapa biaya yang aq keluarkan setiap kali kontrol. Aq cuma mau meluruskan, niatku disini cuma sekedar sharing. Siapa tau lagi ada yang bingung atau takut-takut mau kontrol di hermina & dr.Yudit. Ya, aq sih cuma kasih pandangan aja.

ok, waktu udah sore nih. Segini aja dulu ya yang bisa aq sharing. Jangan lupa doakan aq & baby yang didalam kandunganku ya. Semoga diberikan kesehatan & kelancaran sampai nanti saat persalinan. Biar aq tetep bisa sharing di blog ini. Aamiin.



Kontrol ke-5 Dr. Yuditya Purwosunu SPOG
Kontrol ke-3 Dr. Yuditya Purwosunu SPOG








No comments:

Post a Comment