Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Thursday 17 September 2015

Membuat mainan edukatif dari bahan Flanel


Apa sih mainan edukatif itu?
Mainan edukatif adalah mainan yang mempunyai nilai edukasi alias mainan yang mendidik. Jadi ga cuma memberikan kesenangan aja.

Emang bisa ya bikin sendiri?
Ya bisa lah. Bisa banget malah. Yang penting kitanya kreatif

Haruskah dari bahan flanel?
Ga juga. Semua jenis bahan bisa dijadikan mainan edukatif. Bahkan barang bekas yang ada di sekitar kitapun bisa disulap jadi mainan edukatif. Intinya "KREATIF"

Aq ga kreatif,ga punya ide mau buat mainan seperti apa. Gimana dong?
Hello...jaman udah canggih gitu loh. Tinggal di searching aja di mbah google. Bejibun ide kreatif akan muncul tentang si "mainan edukatif" ini.

Tapi aq ga ada waktu untuk membuatnya
Buat apa punya banyak teman di twitter, di facebook, di path, di IG kalo ga ada satupun yang bisa dimintain tolong untuk membuatkan mainan ini. hahahahahaha......
Seperti yang aq lakukan beberapa bulan yang lalu. Minta tolong seorang teman lama, yang Allah pertemukan kita disebuah sosial media untuk membuatkan mainan edukatifnya Shakila. Jaman sekarang juga udah banyak kok yang menjual jasa pembuatan mainan edukatif ini. Ada yang udah jadi, atau made by request.

Ok, back to title "Membuat mainan edukatif dari bahan flanel"
Dalam posting ku kali ini aq fokuskan untuk bahan flanel dulu ya. Karena menurutku bahan ini gampang didapet dan gampang juga di kreasiin menjadi bentuk apapun. Karena bahan ini mempunyai banyak warna, bahkan ada motifnya juga loh.

Berawal dari liat foto teman yang di upload di FB, dia buat sendiri play mat untuk anaknya bermain. Dari selembar kain flanel, yang ditempel gambar-gambar gedung, jalan raya serta dilengkapi dengan asesoris mobil-mobilan yang semuanya dibuat dari bahan flanel. Jadi ngiler....

Play Mat yang dibuat mba Falpa Faldiana

Dari jamannya shakila masih umur bulanan, niat pengen buat mainan edukatif dari flanel ini. 

Dari yang sederhana aja dulu, 
pengennya 
buat dadu yang masing-masing sisi nya terdapat polkadot warna warni. Fungsinya untuk mengenalkan warna dan kalo shakila udah rada gedean, bisa di pakai untuk belajar berhitung. 

Aktualnya :
Sampai saat ini umurnya Shakila sudah 4 tahun, itu dadu ga pernah jadi-jadi.hahahaha....
cuma sampe setengah dari proses penyatuan sisi-sisnya. Udah males nerusinnya :(

Pengennya :
Bikin bebek yang ada sayapnya. Sayapnya terbuat dari bahan bulu yang untuk boneka. Fungsinya untuk merangsang indra perasanya

Aktualnya :
Tuh bebek jadinya setelah shakila umur 3thn. Itupun tanpa mata. hahahaha....

Waduh, kalo ngandelin waktu dan kesempatan bikin sendiri mah, bisa kacau deh. Ga akan jadi-jadi. Akhirnya aq pake jurus terakhir "Minta tolong teman untuk buatin" hahahaha.....

Minta tolong ke Aunty Triana Fibrianty yang udah jago dalam bidang kerajinan tangan + penulis buku juga loh dia :)
Yang mau liat-liat koleksinya Aunty Triana ini, bisa klik Triana Handmade

Sebelum request, tentu lah aq harus buat sketsanya dulu maunya seperti apa. Biar yang bikin ga bingung. Saat itu usia shakila 3thn lebih, sebentar lagi mau sekolah TK. Aq mau buat mainan yang shakila sendiri ga sadar kalo dia lagi belajar.

Searching-searching, pilihan jatoh ke design seperti ini :

http://kreasicaki.blogspot.co.id


Dengan beberapa perubahan, yang disesuaikan dengan maunya aq.

Detailnya sebagai berikut :

Fitur Waktu

Fungsinya : 
Mengenal angka dan mengenal jam

Keterangan :
untuk merekatkan jarum jam, gunakan jarum pentul yang bekalangnya dibengkok kan
Fitur Angka



Fungsi :
Mengenal angka dan belajar berhitung

Keterangan :
disini aq buat agak berbeda. Aslinya 
ditiap angka terdapat kelinci yang bisa dihitung. Jumlah kelinci sesuai dengan angka yang tertulis. Dan jika kotak dari masing-masing angka di buka, maka didalamnya terdapat tulisan angka dalam bahasa inggris.

Perubahan :



Untuk kelinci kecil yang berada di atas kotak, aq ganti dengan polkadot yang berada di dalam kotak. Dan kotaknya pun bisa dilepas. Kenapa aq minta agar kotaknya bisa dilepas? karena anak kecil itu biasanya menghapal posisi. Tujuannya biar posisi bisa di bolak balik. Sehingga si anak benar2 mengerti dan bisa berhitung. Bukan menghapal posisi setelah angka 1, adalah 2.

Fitur Bidang Geometri


Fungsi :
Agar anak mengenal nama-nama bentuk dari geometri. Bisa juga dijadikan untuk mencocokkan bentuk

Fitur Huruf


Fungsi :
Belajar mengenal huruf & membaca

Keterangan :
ada 3 garis hitam pada foto diatas. Itu adalah velcro atau perekat


Sengaja aq atur agar permukaan yang halus ditempatkan di papan, sedangkan permukaan yang kasar diletakkan di tiap-tiap huruf dan bentuk.

Kenapa ?
Karena yang paling banyak bersentuhan dengan kulit nantinya adalah velcro yang berada di papan. Bukan di huruf & bentuk. Permainan ini bisa dimainkan di lantai ataupun digantung. Jika dimainkan dilantai, maka biasanya si anak akan berada di atas papan. Ga percaya? coba aja liat nih 


Untuk huruf, aq request huruf vokal lebih banyak daripada huruf konsonan. Karena dalam kata biasanya lebih banyak huruf vocal ketimbang huruf konsonan.

Harap-harap cemas dan ga sabar pengen selesai nih playboard. Aunty Triana kasih laporan nih kalo request ku udah jadi.



Uhuy, dikasih bonus box untuk meletakkan huruf-huruf biar ga ilang :)

Ah, ga sabar nih mau kasih ini ke shakila. Mau tau reaksinya shakila. Eh, ternyata shakila semangat loh maininnya.











Nah, puas kan bikin mainan edukatif dengan kreasi kita sendiri? Ibu senang anakpun senang. Tapi jangan kapok ya kalo mainan yang kita buat malah tidak dipakai semestinya sama anak kita. Namanya juga anak-anak. hahahaha.....

Beberapa video shakila :
video-1
video-2
video-3

Mainan yang mendidik itu ga harus bagus dan terkonsep rapih sih. Seperti yang aq bahas dibagian atas, apapun bisa dijadikan bahan. Seperti ini ni contohnya. Gantungan kunci dan toping toping cantik untuk toples hias yang dibuat aunty Retno juga bisa dijadikan mainan edukatif. Tinggal kita yang mengarahkan bagaimana cara memainkannya.




Dari gantungan kunci, bros dan toping toples hias itu bisa diajarkan macam-macam warna, nama dari buah tersebut dan mengenal rasa dari buah tersebut. Atau malah belajar berhitung.

Nah bagaimana bunda?
Tertarik untuk membuatkan mainan edukatif sendiri?

7 comments:

  1. Sis.. Kalo untuk anak cowo 2 thn, bisa ga yah mainin permainan itu? Btw, boleh tanya untuk alasnya memakai cheap board bukan yah? Kreatif bgt bun, jadi pingin buatin untuk anak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, bisa juga pake triplek.
      untuk anak 2 thn, bisa2 aja. Tapi paling cara mainnya yang rada beda ya. Biarin aja dia main sesuka hatinya. Ga usah serius2 banget belajar baca & berhitungnya. Mungkin anak usia 2 thn baru sampe tahap motorik kasarnya, nempel-nempel sama nyabut-nyabutin. atau bisa juga nyama-nyamain bentuk ruang (persegi, bulat,segitiga,dll)

      Delete
  2. Masyaallah
    Inspiratid banget bun
    Aj jg mau buatin untuk anakku jg ah
    Mksh, blog nya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  3. Masyaallah
    Inspiratid banget bun
    Aj jg mau buatin untuk anakku jg ah
    Mksh, blog nya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  4. Masyaallah
    Inspiratid banget bun
    Aj jg mau buatin untuk anakku jg ah
    Mksh, blog nya bermanfaat banget

    ReplyDelete