Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Monday 28 May 2018

Perjuangan memberikan ASI





Ntah kenapa, aq merasa seperti dikasih kesempatan ke-2 sama Allah untuk memperbaiki kesalahan2 ku dulu sewaktu shakila masih kecil. Dulu shakila cuma sebentaran minum ASI. Karena alesan klasik "asi keluarnya sedikit". Anaknya udah keburu ngamuk kalo mimik, dan akhirnya menyerah pada sufor.

Anak ke-2 ini, niatannya sih mau ASI eklusif, tapi pupus sudah. ASI ku baru keluar saat hari ke-3 setelah melahirkan. Melihat anak ku yang nangis melulu, ya... pasti panik. Orang tua menyarankan untuk kasih sufor. Walaupun aq tau bayi baru lahir masih punya cadangan makanan selama 3 hari. Tapi kenyataannya semua itu sulit dijalani, sulit untuk mempercayai teori itu. Walaupun dalam hati kecilku percaya, tapi lingkungan kurang mendukung. Dan aq gak mau terjadi apa2 sama bayiku. Bayi yang aq harap-harapkan, dan dengan susah payah aq mendapatkannya.

Anak ke-2 ini sebenernya ASI ku juga gak banyak-banyak amat sih. Tapi lumayan lah, sampai saat ini usia ghania 10m dia masih ASI walaupun gak eksklusif.

Katanya kan biar ASI nya banyak, harus sering-sering dikosongkan. Selama cuti melahirkan, aq berusaha untuk sering-sering menyusui. Sampai Ghania tidur gak pake kelambu.wkwkwkwkwk...
Abisnya ribet, bayi kan sebentar-bentar nenen. Mending ditidurin disamping aq aja. Begitu nangis, langsung lep.


Berharap bisa sampai nabung ASIP buat persiapan nanti kerja. Tapi harapan tinggallah harapan.


Gambar di atas waktu nyoba pumping, saat umur ghania belum sampe sebulan.
 

Tiba waktunya aq bekerja, Alhamdulillah perusahaan tempatku bekerja sangat mendukung ASI. Ada tempat khusus untuk pumping. Walaupun se-adanya, tapi alhamdulillah banget ini.





Udah coba macem2 ASI booster, tapi sepertinya tetep gak membuat ASI ku sampe luber-luber. Memang ASI itu tidak harus luber, yang penting cukup. Tapi sepertinya asi ku memang belum cukup.

ASI booster yang pernah aq coba :
sayur katuk, lactamom, asi vit, labu kecil rebus (gak rutin sih), tumis pare, tumis daun pepaya, banyak minum, bayangin si baby saat pumping, asi booster tea, makan sesuatu yang disenangi, blackmores pregnancy, Herbs of gold, trus apa lagi ya?
sepertinya semua itu tetep belum bisa membuat hasil pumpingku sampe berbotol-botol.


untuk blackmores dan HOG, aq baru minum 3 hari. lah kok kepala pusiiiingg banget. Apa iya karena obat itu? Akhirnya aq berhenti minum. Masih mau nyoba minum itu lagi sih, siapa tau pusingnya bukan karena itu. Tapi nanti dulu deh.
Akhirnya selang 2 minggu, aq beranikan diri untuk minum lagi si BM & HOG ini yang emang udah tinggal buat 2 atau 3 hari. Dan hasilnya :
* untuk BM, ngaruh ya. ASI ku jadi lebih kentel

* untuk HOG, gak pengaruh di aq. blm ada peningkatan secara kuantitas.



Malah sempet ganti pompa, coba yang elektrik. Tapi kok masih belum mebuahkan hasil.

Yang belum di coba adalah power pumping. Lah kapan waktunya power pumping? Tidur aja udah jam 11 malem, besok harus bangun jam setengah 5 karena jam 5 lewat harus udah berangkat kerja. Sedangkan selama tidur kan si baby ng-ASI.

Pasrah dengan ASIP yang dihasilkan setiap kali pumping, dulu waktu baru masuk kerja, paling cuma bisa sampe 70 ml sekali pumping. Dan sekarang alhamdulillah agak naik sedikit lah. Rata-rata 90-100 ml sekali pumping.

ini waktu dapet 110 ml kalo gak salah

Aq pumping selama kerja sebanyak 2x. Untuk pumping yang ke-2 biasanya cuma dapet sedikit. Jadi rata-rata aq bawa pulang ASIP sekitar kurleb 150 ml. Gak cukup kan buat diminum seharian :(

Oh ya, selama ngasih ASIP ke Ghania, gak selamanya mulus ya. Kadang dapetnya cuma sedikit, kadang malah banyak banget melampaui biasanya. Sekali2 nya nih bisa dapet 150 ml sekali pumping :D



Pernah udah capek-capek pumping, begitu mau di taro di kulkas kantor, eh tumpah semua. Trus yang ke-2 kalinya, tumpah di dalem kulkas. huaaaaaa... mau nangis jadinya.
sisa tumpahannya tinggal segini
 Yang paling parahnya, pernah kelupaan ngeluarin asi yang ada di cooler bag. Baru ketauan besok paginya di kantor. Akhirnya harus buang ASIP sebanyak 150 ml. Dan itu terjadi udah 2x. Huaaaaaa...
nangis lagi deh ini. Kalo udah begitu, berarti ghania seharian gak minum ASIP.


Aq penasaran, kok ASIP ku tumpah melulu. Usut punya usut, tutup botolnya udah gak bener. suka ngejepluk sendiri.

Akhirnya setiap kali pumping, botolnya aq pakein plastik dan di karetin. hehehehehe....


 Mungkin perjuanganku memberikan ASI buat debay belum seberapa ya dibanding sama momy2 diluar sana. Yang sampe niple nya lecet2 dan berdarah, atau sampe meriang. Aq alhamdulillah gak sampe berdarah. Lecet sih pernah waktu awal-awal ngASI. Tapi makin kesini sih udah gak pernah lecet lagi.

Buat para momy yang ASI nya belum keluar saat abis lahiran, coba aja terus ya. ASI ku juga baru keluar 3 hari setelah lahiran. Dan ingat, momy gak sendiri. Banyak loh momy2 lainnya yang pontang panting memberikan cairan emasnya untuk debay.

Semangat....







No comments:

Post a Comment