Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Thursday 26 October 2017

Welcome my baby girl

Setelah penantian sekian lama, sempet keguguran 2x setelah shakila, Allah masih percaya sama aq untuk dititipkan seorang anak lagi :)

Welcome my baby girl "Kirani Ghania Riandra"
Lahir dengan BB : 2,6 kg dan TB : 45cm, pukul : 16.05 wib 
Seorang anak perempuan, mempunyai tanggal lahir yang sama dengan kakaknya. Dan nama panggilan yang maknanya juga sama dengan kakaknya. Sempet bingung cari nama, mungkin sekitar 2 minggu dia belum punya nama. hahahahaha....
Kirani Ghania Riandra.
Berkah atau anugrah dari Allah yang cantik untuk rianti dan candra

Setelah beberapa kali gagal untuk mendapatkan momongan, setelah beberapa kali kesedihan yang aq alami, Allah menggantinya dengan sangat Istimewa.

Aq beri nama Kirani karena memang ini benar-benar anugrah dari Allah. Dengan nama panggilan Ghania yang artinya cantik. Diharapkan menjadi anak yang cantik luar dan dalam. Cantik dalam segala hal. Sama seperti kakanya Shakila (Shakila & ghania, artinya cantik).

Dulu waktu baru lahir, sempet bingung ini anak mirip siapa. Malah yang lebih parah, papanya sempet takut kalo itu anak ketuker.hehehehehe.....
Tapi makin besar, makin ketauan deh mirip siapa. Mirip sama Shakila waktu kecil. iya mirip, mirip banget. Coba deh liat foto-fotonya.








Kelahiran anak ke-2 ini lahir dalam keadaan yang berbeda. Kalo dulu setelah lahiran aq tinggal dirumah mama, karena baru anak pertama. Saat ini aq memberanikan diri untuk tinggal di rumah sendiri. Yah walaupun mama tetap bantu. Alhamdulillah punya orang tua yang deket (bukan maksud hati utk memanfaatkan orang tua ya).

Dengan kondisi finansial yang berbeda juga. Karena udah anak 2 bok.. Pengeluaran makin banyak. Kalo dulu jamannya shakila kecil aq jor-joran. Mau beli apa aja gak pake mikir, baju-baju, asesoris, mainan dari yang murah sampe yang mahal ada. Pokoknya shakila mah dulu gak kekurangan deh. Untuk Ghania, sepertinya kamu harus hidup dengan kondisi yang sedikit memprihatinkan ya nak. (baca : NGIRIT)

Untuk kelahiran Ghania, persiapanku gak seheboh waktu lahiran shakila. Karena hampir semua udah ada. Itu lah enaknya punya anak gak seberapa jauh jaraknya dan sama jenis kelaminnya. Semua bisa di lungsurkan. hahahaha.... Lumayan irit kan.

Oh ya, ketakutanku dulu kalo lahiran sesar kan karena pulihnya lama. Gak bisa ngapa-ngapain sedangkan sekarang udah ada shakila yang harus diurus. Alhamdulillah, memang Allah maha mengetahui segalanya. Lahiran kali ini aq lebih cepet pulihnya. Hari ke-3 setelah lahiran dan di rumah, aq udah bisa masak nasi. Walaupun jalan masih pelan-pelan sambil megangin perut.

Idealnya sih, orang abis lahiran itu kerjaannya cuma selonjoran sama kasih ASI ke bayinya. Walaupun mama ikut ngebantu dan merawatku pasca lahiran, tapi masa iya aq bisa selonjoran sedangkan orang tuaku ngerjain kerjaan rumah. Ya Allah, kalo aq sampe kayak gitu, kok ngerasa jadi anak durhaka banget ya sama orang tua. Makanya sehabis melahirkan, aq kurang selonjoran nih. walhasil kakiku bengkak. 

Shakila, gimana dengan shakila?
Bagaimana sikapnya setelah punya adik?

Waktu aq masih di RS, shakila kayaknya stress banget. Karena semua orang pada sibuk mondar mandir ke RS. Aq rasa dia takut ditinggal di rumah sendirian. Padahal kan itu gak mungkin terjadi. Jadi setiap Papa atau mbahnya mondar mandir ke RS, dia selalu ikut. gak pernah mau ditinggal di rumah. Mungkin karena kecapean, suatu malam tiba-tiba hidungnya shakila keluar darah. Anaknya mah pertama gak sadar. Tapi pas di lap ternyata darah, ya langsung nangis. nangis karena emang dia takut darah.

Awalnya dikira kejedot, atau jatuh atau apalah yang bisa buat hidung cedera. Tapi pengakuan shakila enggak tuh. Wah, ini mah fix MIMISAN. Seumur hidup shakila gak pernah mimisan. Tiba-tiba aja malam itu mimisan. Papanya shakila sengaja gak bilang ke aq, karena takut aq stress mikirin shakila di rumah. Baru dikasih tau besok paginya.

ok, sekarang shakila udah punya adik. Awal-awal aq pulang ke rumah, aq ngerasa kok shakila jadi jaga jarak sama aq. Ntah dia marah sama aq karena aq lebih prioritaskan adiknya, atau dia malah emang pengertian karena aq harus prioritaskan adiknya. Tapi gara-gara ini aq sempet kena baby blues syndrome.

ah, ngeliat kondisi shakila yang jadi ngejauh, lebih pendiam, lebih milih deket sama papanya daripada aq. Membuat aq tertekan.


Liat foto di atas. Rumah yang masih ngontrak 3 petak membuat shakila harus tidur dibawah dan di ruang tamu, karena kamar cuma ada 1. Dan tentu saja gak muat untuk ditiduri orang ber-4.

Singgasana shakila sekarang diambil alih oleh adiknya. Yang biasanya tidur disampingku, sebelum tidur di usap-usap, dipeluk, dicium, kadang malah aq bacakan cerita dan tidak lupa mengingatkannya untuk baca doa sebelum tidur. Sekarang semua itu gak dia dapetin. karena dia harus tidur di ruang tamu sama Papanya :'(

Seiring berjalannya waktu, aq mulai terbiasa dengan keadaan ini. Dan baper nya pun berkurang. Sekarang shakila udah gak pendiem lagi, tapiii....... jadi marah-marah melulu. Apa dia ngerasa iri ya sama adiknya. Jadi cari-cari perhatian.

ah, ini emak2 maunya apa sih ya. anaknya pendiem dia baper, anaknya marah2, dia baper juga. Eh tapi bener loh, shakila marah2 mulu. Malah sempet adiknya dilempar sendal dan kena jidad. Langsung nangis kejer ghania nya.hadeh.... untung yang dilempat sendal bayi yang enteng. Belum lagi adiknya lagi anteng, tiba-tiba kakinya dikremes, atau pipinya dicubit. Ghania nya gak sampe nangis sih. Kata shakila, dia gemes. trus Ghania lagi tidur, di teriakin sama dia. Akhirnya adiknya bangun lagi. hadeh..... nidurinnya susah-susah, malah dibangunin sama shakila.




Baru ngerasain nih punya anak lebih dari 1. Banyak banget seni nya ya. Kalo begini mah, gak boleh ditinggal ber-2 an mereka.

Tapi sekarang di umurnya Ghani yang udah 3 bulan, shakila mulai ada perubahan. Marah2 gak jelas sama teriak2 sih masih. tapi udah jarang gemesin adiknya. Malah sekarang dia mulai mau cium adiknya, walaupun sambil malu-malu.

Well, segitu aja dulu cerita emak-emak yang baru punya anak 2. Kapan-kapan disambung lagi ya :)

Salam emak-emak berdaster.


Kontrol ke-9 Dr. Yuditya Purwosunu SPOG
Lahiran anak ke-2 part-1 
Lahiran anak ke-2 part-2

No comments:

Post a Comment