Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Wednesday 29 March 2017

Alat peraga shalat dari kardus bekas



Ga sengaja ketemu sama blog orang yang menceritakan tentang mainan dari kardus. Penasaran sama siapa sih yang buat itu semua. Ubek-ubek dan ketemulah sama nama mba "Uchy Widya". Wuih, nih wanita bener-bener kreatif deh. Kalo aq mah cuma nyontek. Jadi ini idenya bukan murni ide ku loh ya. Tapi ini beneran keren deh. Boleh dicontek. Cara buatnya juga ga seberapa susah.

Kali ini aq coba buat alat peraga untuk sholat. Pas banget buat Shakila yang masih sekolah TK. Untuk bahan-bahannya sendiri, aq pakai kardus bekas susu, kardus bekas belanja bulanan, dan kardus bekas tisu gulung. Untuk engselnya biar orangnya bisa digerak-gerakin, aq pakai paper fastener.

Ini penampakan paper fastenernya :
Nyari ini di intermedia ga ketemu. Adanya mata ayam. Ribet ya kalo pake mata ayam. Harus ada alatnya lagi. Akhirnya dapet juga, tapi belinya online. Ah, ini barang bener-bener langka deh. Buatku, ini amat sangat berharga.

Lanjut ke alat-alat lainnya :
Kenapa gambar di atas ada jarum pentul dan palu segala? hahahaha...
Jadi ceritanya, ini waktu belum dapet paper fastener, tapi udah kebelet pengen buat mainan. Jadi coba pake jarum pentul, yang bayanganku jarumnya di bengkokin, mungkin bisa. Ternyata susah saudara2. Karena kardus yang ku pakai super tipis (kardus bekas susu). Sedangkan kalo jarum dibengkokin, ga bisa sampe mepet banget bengkoknya (ngeti ga ya maksudku?). Akhirnya terpaksa nunggu dapet paper fastenernya deh. Peralatan lainnya: cutter & lem jangan lupa ya.

Ok, sekarang kita lanjut ke cara pembuatan. Pertama pasti lah buat polanya dulu. Pertama yang ku buat adalah orangnya. Setelah orangnya, baru sajadahnya. Ukuran sajadah mengikuti tinggi orangnya ya. 




Nah untuk sajadah, nemu karton bekas alat kertas A4 di kantor. Cuma segini adanya.

Bisa lah buat sajadah doang mah. Ok, kita bikin pola sajadahnya kalo begitu. Lanjut gunting dan gambar-gambar sedikit. Jadinya seperti ini.

Sekarang tinggal buat pelengkapnya :
1. Jam (pasti tau lah ya cara buat jam)
2. Kotak untuk menempelkan orang,dll
3. Rol pemutar untuk waktu sholat

Untuk kotak dasarnya, sesuaikan aja ukurannya dengan orang,sajadah, jam, dan tentunya ukuran kardus yang ada ya. Untuk tata letak, bisa di atur sendiri. Karena aq ga punya kardus yang lebar, jadi aq buat yang agak tinggi.

Seperti itu kira-kita kardusnya. Buat lubang untuk waktu sholat. Dan disamping buat lubang bulat untuk rol pemutar waktu sholat.
Dan hasilnya seperti ini.

Shakila ga mau ketinggalan minta ikut di foto.

ok, sekarang buat waktu sholat. Lapisi kardus tisu gulung dengan kertas. Kemudian tuliskan waktu-waktu sholat.
Untuk ujung kardusnya, kasih kardus tambahan ya buat pegangan & ganjelan biar ga nyeplos ke dalam kardus dasar.

Sekarang tinggal tempel-tempel, jadi deh.
Untuk orang & sajadah, sengaja aq tempel pakai paper fastener. Biar bisa di copot & dibawa kemana-mana sesukanya shakila.
Kalo mau netep, sajadahnya bisa di lem. Kalo jam, aq lem.

Mainan edukatif sudah jadi, saatnya main sama shakila.






2 comments: