Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Friday 10 March 2017

Selalu ada hikmah dibalik cobaan




Siapa yang setuju sama judul diatas ??
Pasti semua setuju dong ya (maksa.com).

Ya, aq pribadi percaya banget yang namanya "selalu ada hikmah dibalik cobaan". Cobaan atau teguran? itu sih tergantung amal ibadahnya masing-masing ya.

Aq menikah maret 2010, dan alhamdulillah selang 2 bulan udah dikasih kepercayaan sama Allah untuk hamil. yeyeyeyeye.... rasanya seneng bukan main. Tapi itu gak berlangsung lama. Karena di usia kandungan +/- 15 minggu janinku ga berkembang. Detak jantungnya berhenti. Dan singkat cerita aq harus dikuret bulan juli 2010.

Hikmah apa yang ku dapat?
Aq disuruh belajar jadi istri dan ibu rumah tangga. Mungkin kata Allah "belajar dulu, sebelum punya anak". Kenapa harus belajar? ya, karena aq baru menikah. Belum tau apa-apa tentang rumah tangga. Gimana cara ngurus suami, gimana cara ngatur keuangan, gimana memanage waktu, dan yang paling penting, gimana caranya MASAK. hahahahaha....

Aq tuh ga bisa masak sama sekali. Cuma bisa masak air sama mi instan. Sumfeh, ane zuzur...... hahahaha...

Kalo dikantor kan dapet cuti keguguran 1,5 bulan tuh. Nah ini kesempatan buat belajar masak dan lain-lain. ya, walaupun sampe sekarang aq juga ga jago-jago banget sih soal masak. Paling gak mendingan lah. Gak cuma masak, baju juga aq setrika semua. sampe-sampe bingung harus ngapain lagi. Mau ngurus anak, tapi belum punya. Yang ada baju yang dilemari, aq keluarin lagi untuk di setrika ulang. hahahahaha.....

Ibarat anak sekolah, aq sudah lulus ujian. Selang 2 atau 3 bulan kemudian aq hamil lagi. Alhamdulillah pada Juli 2011 aq diberi pengganti sama Allah. Shakila lahir dengan sehat :)

Waktu terus berlalu, Shakila juga udah besar. Timbul lah keinginan untuk kasih adik buat shakila. Kasian juga shakila kalo main dirumah sendirian (alasan klasik). Padahal mah, takut keburu tua. Aq lama-lama kok mikir, seandainya aq cuma punya anak 1. Nanti kalo aq udah tua, kasian shakila ngurusin orang tuanya sendirian. Semua beban dia sendiri yang nanggung. Udah dari kecil kesepian, udah gede masih harus nanggung semua sendiri. Itu lah yang membuatku pengen punya anak lagi.

Alhamdulillah Nov 2015 aq hamil, tetapi itu cuma sebentar. Kasusnya sama seperti yang pertama. Janin tidak berkembang, detak jatung berhenti. Januari 2016 aq harus dikuret kembali. Untuk yang pengen tau alasan aq keguguran berulang, silahkan baca disini

Lagi-lagi selang 2 bulan aq hamil lagi. Beneran kebelet pengen punya anak soalnya. Dan hamil kali inipun berakhir dengan alasan yang sama. Yaitu janin tidak berkembang, detak jantung janin berhenti. Sampai disini aq mulai frustasi, yah walaupun ga sampe nangis berhari-hari. Tapi cukup membuatku sedikit trauma untuk hamil lagi. Bukannya ga mau, tapi ditunda nanti dulu.

Niatnya nanti thn 2017 aja baru hamil lagi. Dokter juga saranin jangan hamil dulu selama 3-6 bulan. Pokoknya sampai siklus haidnya normal.


Hikmah apa yang ku dapat?
Kali ini hikmah yang kudapat buuaaannyyak banget. Lagi-lagi aq dikasih kesempatan untuk merasakan bagaimana jadi ibu rumah tangga, bedanya kali ini dengan adanya seorang anak yang cantik :)

Hikmah keguguran yang ke-2 ini, aq bisa nganter shakila sekolah. Itu cita-cita dari dulu sebenernya. Shakila juga keliatan seneng banget bisa dianter sama mamanya. Karena selama ini yang nganter shakila ya jidda-nya (nenek). Aq bisa kenal sama temen-temennya shakila, bisa tau dan mendokumentasikan kegiatan shakila untuk kenang-kenangan kalo dia udah besar nanti. Belajar memanage waktu yang sekarang udah makin rempong karena udah ada anak. Aq merasakan benar-benar jadi ibu rumah tangga.

Hikmah keguguran yang ke-3, aq bisa puasa sebulan full di rumah. Ini yang ke-2 kalinya aq merasakan puasa full dirumah setelah keguguran yang pertama. Bedanya sekarang udah ada anak.  

Selain puasa full di rumah, tentu aq juga makin intens ngurus shakila. Yang paling bikin aq bahagia adalah, shakila sekarang makin deket sama aq. Sampai2 apa2 mama. Yang tadinya kalo tidur aq disuruh di kaki (kami tidur ber-3, aq dan suami bentuk leter "L" untuk jaga shakila biar ga jatoh), sekarang suruh disampingnya dia. Papanya yang di kaki. hahahahaha.....

Yang tadinya ga mau dicium, sekarang mau aq cium. Yang tadinya apa2 maunya sama papa, sekarang maunya sama aq. Yang tadinya dicari cuma papanya, sekarang mamanya. Yang tadinya aq tinggal dia cuek aja, sekarang ga bisa ketinggalan mamanya. Ah, pokoknya bahagia banget deh bisa deket sama anak (maklum, Working mom).

Hikmah selanjutnya adalah, berat badannya shakila bisa naik. horeyy.... Shakila bisa rada gemukan. Walau yang keliatan cuma pipi sama betisnya doang. Tapi beneran loh shakila timbangannya naik. Selain karena pola makan yang teratur, mungkin juga faktor psikis ya. Dimana dia ngerasain punya ibu yang bener-bener ngurusin dia. Mulai bangun tidur sampe dia tidur lagi.

Itu baru dari sisi pola makan, gimana dengan pola asuh? Ini juga termasuk. Aq bisa sepuasnya bisa mengajarkan shakila ini itu. Belajar tentang apapun itu, termasuk meng-ikut sertakan shakila dalam hal memasak, mencuci, beres-beres rumah. Sering juga malah aq yang ikut dalam permainan nya dia. Ini moment-moment yang sangat langka yg aq temui kalo aq bekerja karena semua terbatas oleh waktu.

Bisa makin kenal dan bergaul sama tetangga & tukang sayur dipasar.

Yang ke urus bukan cuma shakila, tapi papanya juga bisa ke urus. Terutama urusan sebelum tidur, eh. xixixixixi....

Apa cuma sampe disitu Allah kasih hikmah yang luar biasa nikmat? Enggak, ga cuma sampe disitu. Allah juga mengabulkan doaku untuk punya rumah. Alhamdulillah bisa kebeli rumah walau KPR.

Memang waktu hamil ke-4 (keguguran ke-3) aq lagi proses pembelian rumah. Allah maha mengetahui, seandainya aq terus hamil, mungkin secara finansial aq masih kurang mampu. Allah membiarkan aq fokus ke rumah dulu kali ya.

Seperti yang sudah aq ketik diatas, sebenernya aq berencana mau hamil lagi nanti aja thn 2017. Tapi Alhamdulillah, Allah kasih aq rezeki lagi. Belum sampe 2017 aq udah hamil lagi. Sampai tulisan ini dibuat, aq sekarang lagi hamil 20 minggu (4m). Mohon doanya ya biar semua berjalan lancar, sehat ibu & bayinya sampai nanti tiba waktunya melahirkan. Aamiin.

Jadi kalo ditarik kesimpulan, hikmah yang aq dapat secara keseluruhan adalah :
1. Belajar jadi ibu rumah tangga sebenar-benarnya yang full di rumah
2. Dikasih pengganti sama Allah, yang menjadi anugerah paling indah (Shakila)
3. Bisa nganter anak sekolah
4. Bisa tau & mendokumentasikan kegiatan sekolah
5. Bisa kenal teman & guru-guru shakila
6. Bisa fokus atur pola makan & pola asuh untuk shakila
7. Bisa main sama shakila
8. Bisa ngurus shakila full, dari bangun tidur sampe dia tidur lagi
9. Suami lebih keurus
10. Rumah lebih keurus
11. Lebih sering masak
12. Berat badan shakila bisa naik
13. Shakila lebih ceria
14. Lebih dekat dengan anak (ikatan batinnya)
15. Shakila lebih nurut sama aq
16. Bisa puasa full dirumah, ngerasain menyiapkan makan sahur & berbuka
17. Bisa tidur siang sama anak :D
18. Bisa print buku tabungan yang udah bertahun-tahun ga di print
19. Bisa lebih kenal & akrab sama tetangga & tukang sayur
20. Bisa ngerasain jadi pekerja bebas. Maksudnya kerjain kerjaan kantor dari rumah kapanpun aq mau
21. Bisa meringankan beban orang tua karena shakila ga dititipin
22. Bisa tau bedanya antara : Ibu bekerja kantoran, ibu bekerja part time & ibu rumah tangga
23. Kebeli rumah walaupun masih KPR
24. Insya Allah, Allah mengganti semua itu karena sekarang aq sedang hamil lagi 4 bulan :)

Subhanallah, maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?







No comments:

Post a Comment