Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Thursday 16 March 2017

anak tidak suka sayur, takdir atau bukan?


Sering denger kan ya anak kecil ga suka makan sayur?

ada sebuah artikel yang kutipannya seperti ini :

"Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa Anda sebagai orangtua perlu memperkenalkan anak pada sayuran sebanyak 5 sampai 10 kali sampai anak suka sayur tersebut. Ya, jika ingin anak Anda suka dengan sayuran, orangtua harus sabar memperkenalkan anak dengan sayuran. Menawarkan sayuran pada anak sejak dini secara berulang. Jika anak menolaknya, coba berikan lagi di lain waktu secara terus-menerus."


ini, aktualnya ga semudah membalikkan telapak tangan. Bukan cuma si ibu yang berperan, tapi juga lingkungan. Harus ada support dari lingkungan.

Mungkin ada yang bilang di dalam hati "Lo mah enak anaknya suka sayur, gampang ngomong gitu".

Tau kah anda bahwa saya juga berjuang untuk itu?

Tau kah anda saya berjuang untuk makan makanan sehat sejak shakila masih dalam kandungan?

Tau kah anda saya harus sedikit bertengkar atau adu mulut ketika papanya shakila marah2 karena anaknya saya suruh coba makanan yang dia ga suka ber-ulang2 ?

Tau kah anda kalau saya disalahkan sama orang tua karena masak makanan yang shakila tidak suka?

Tau kah anda saya selalu menjaga cemilan shakila dari yang manis-manis & gurih-gurih?

Tau kah anda seberapa besar biaya yang harus saya keluarkan untuk mengganti cemilan warung menjadi cemilan yang lebih sehat?

Tau kah anda sering kali makanan yang saya buat tidak termakan oleh shakila?

Yang anda lihat saat ini adalah hasil dari sebuah perjuangan.
Perjuangan yang saya lakukan sejak shakila masih dalam kandungan, dilanjutkan saat shakila mulai MP-ASI hingga detik ini.
Ya, sampai detik ini saya masih harus berjuang untuk beberapa macam makanan sehat yang shakila masih BELUM suka.

Apa yang shakila belum suka ?
* hati (ayam atau sapi)
* bawang bombay
* udang
Untuk sementara itu dulu yang baru ketemu. Mungkin besok-besok akan ada jenis makana lain yang dia belum suka.

Untuk hati ayam, beberapa hari yang lalu untuk sekian kalinya aq coba berikan ke shakila. Dengan olahan oseng ati paprika + bawang bombay. Hasilnya ?
Untuk paprika, memang baru-baru ini dia sudah doyan. Jadi ga masalah.
Untuk ati ayam, lumayan lah bisa masuk walau ga banyak. Minimal dia sudah sedikit mau menerima rasanya.
Untuk bawang bombay, masih belum mau coba. Padahal sudah dirayu. Mungkin memang belum saatnya.

Jadi saat aq dengar ada orang tua yang bilang anaknya susah makan sayur, seakan-akan flashback deh. Ke-inget lagi waktu jaman-jamannya perjuangan. Coba liat video ini deh. Apa jadinya seandainya dulu aq menyerah. Menyerah untuk memberikan buah-buahan ke shakila. Mungkin sampai sekarang shakila ga suka buah.

Contoh video diatas waktu shakila makan buah pir. Selain pir masih ada 1 buah lagi yang dulu shakila bener-bener gak mau. Yaitu PISANG.

Biasanya kan kalo anak bayi disuapin pisang bisa lahap ya. Shakila mah boro-boro. Yang ada di lepeh sama dia. Taukah anda berapa lama perjuangan sampai shakila doyan pisang? EMPAT TAHUN. 
Dari bayi sampai usia shakila kurang lebih 4 thn, baru dia suka makan pisang. 

Awal-awal cuma segigit. Besok-besok ada peningkatan 2 gigit, seper-empat, setengah, dan sampai saat ini dia bisa loh makan pisang yang ukuran sunpride sekali makan 2 buah. Pokoknya kalo beli pisang 1 kantet (apa ya namanya), paling 2 hari udah abis.

Apa lagi selain pisang ya? oh, kuning telur. Dulu sih masih bayi karena makan kuning telur dicampur bubur, jadi ok-ok aja. Begitu udah besar, dia mulai ga mau sama kuning telur. Mungkin karena seret. Coba terus, berawal dari kuning telur puyuh. Dia cuma mau makan kuning telur puyuh. Mungkin karena ukurannya kecil, jadi tidak terlalu banyak. Naik menjadi beberapa suap kuning telur biasa. Dan akhirnya sekarang kalo makan telur, ya sama kuningnya.

Kacang hijau. Kalau ini menurutku masih belum terlalu berhasil. Masih tahap perjuangan. Dulu belum dirasa aja udah ga mau makan kacang hijau. Sekarang semenjak papanya suka makan kacang hijau, lumayan lah masuk walau sedikit. Berawal dari kuah kacang hijau, naik jadi seujung sendok kacang hijau. Ini juga masih termasuk PR ku untuk terus ngenalin shakila.

Madu. Shakila mana mau minum madu. Padahal kan enak ya, manis. Karena terlalu manis ini lah shakila jadi ga doyan. Enek. Baru-baru ini shakila bisa lah minum madu. Caranya dicampur air. Jadi ga terlalu manis dan enek.

Kadang kita sebagai orang tua suka takut duluan kalo mau ngasih makanan ke anak. Takut ga doyan. Padahal belum tentu loh. Contohnya aq nih. Karena udah ngambil kesimpulan duluan kalo shakila ga doyan jeruk nipis + kecap (utk obat batuk), aq ga pernah kasih itu. Dan diluar dugaan, waktu jidda nya kasih itu ke shakila, anaknya enjoy aja gitu minumin itu jeruk nipis kecap.
Minum dengan senang hati pake sendok kecil kayak cemilan.

Jadi, kalau anak ga suka sayur itu takdir atau bukan?
Menurutku itu bukan takdir. Atau kalaupun takdir, itu takdir yang bisa dirubah. Tergantung usaha kita bagaimana. 

Diatas itu contoh nyata ya, pengalaman pribadiku. Kalo aq aja bisa, Kenapa kamu ga bisa?

Ayo terus semangat untuk ibu-ibu yang anaknya susah makan sayur. Jangan lupa baca juga artikel yang linknya sudah aq sebut diatas biar lebih jelasnya ya.




No comments:

Post a Comment