Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Friday 13 October 2017

Lahiran anak ke-2 part-1

     Aloha.... masih punya utang nih. Untuk cerita tentang kelahiran anak ke-2 (yang sebenernya kehamilan ke-5). Mulai darimana ya?

     Ok, mulai dari shakila ulang tahun aja deh. Jadi ceritanya lusa itu ulang tahunnya Shakila. Tahun ini shakila pertama kali masuk SD. Jadi banyak punya temen baru. Tahun ini pengennya dibikinin nasi kuning aja deh. Dibagiin ke sekolahnya. Gak mungkin juga di rayain, berhubung nih perut udah buncit banget dan emang udah bulannya, trus isi dompet juga untuk biaya lahiran.

     Singkat cerita, hari ini kasih dana ke mama. Biar mama yang beli semua bahan-bahan untuk nasi kuning. ok, bahan-bahan udah dibeli. Tinggal besok hari H nya. Rencana aq mau ke sekolahnya shakila. Mau mendokumentasikan juga ulang tahunnya shakila. Eh tapi, kok malemnya lambungku sakit ya. Mulai dari jam 9 malam. Dalem hatiku, "waduh, jangan sakit dulu ya Allah. Besok shakila ulang tahun". Biasanya kalo sakit lambung atau ulu hati itu tengah malem, dan subuh juga udah sembuh. Tapi ini kok sampe pagi jam 7 belom ada tanda-tanda sembuh.

     Minum obat yang di kasih dr. Yuditya udah. Tapi belum sembuh-sembuh juga. Akhirnya WA dr. Yudit minta saran. dr Yudit sempet nanya, "punya sakit maag ya? lagi stress ya?" hehehehe... jawaban dari semua itu adalah "iyes dok"

     Emang aq lagi stress, kepikiran kapan lahiran melulu. Padahal HPL masih 2 minggu lagi. Saran dr. Yudit ke UGD aja. minta sama dokternya obat yang di suntik biar langsung terasa efeknya. Pakai obat omeprazole atau pantoprazole.

     Aq sih pengennya langsung ke hermina, maksudnya biar kalo ada apa2 bisa dirujuk ke dr. Yudit gitu. kan gampang jadinya. Tapi papanya shakila bilang, "emang km masih kuat nahan? Hermina jauh loh. Kalo emang cuma ke UGD, ke RS THB aja yang lebih deket". Akhirnya aq manut aja deh. yang penting nih lambung gak sakit lagi. Lagian gak biasanya nih selama ini. Biasanya kalo udah muntah udah ilang sakitnya.

     Akhirnya, sampe juga ke RS. minta obat yang disuntik. Ternyata suntiknya beberapa kali ya. Jadi harus pake jarum yang kayak infus.

Abis disuntik, sabar menunggu rasa sakit itu hilang. Laaah... kok gak ilang-ilang tuh sakit. Ditanya dokternya, "masih sakit gak bu?" masih dok....

dan dokternya pun langsung intervew tentang kehamilanku. Perutnya gimana rasanya, mules ga? ada keluhan gak? singkat cerita aq dirujuk ke dokter kandungan. Sebenernya dari awal aq juga mau ke dokter kandungan, berhubung jadwal prakteknya masih lama, sekitar 4 jam lagi dan aq udah gak tahan sama rasa sakitnya. Jadi aq minta dokter umum aja dulu. Duh, kalo ujung2nya disuruh ke dokter kandungan mah, dari tadi aja aq ke dokter kandungan.

Hasil USG : 
* Bayi nya bagus, semua normal. 
* berat 3,2 kg. 
* HPL 3 agustus (mundur nih dari HPL nya dr. Yuditya). 
* kepala sudah di bawah, tapi blm masuk panggul (kalo kata dr. Yuditya udah masuk panggul)
* usia kandungan 37w (4 hari yg lalu kontrol di dr. Yudit sudah 37w6d). harusnya kan sekarang udah 38w

yang bikin aq kaget, air ketuban udah tinggal dikit. Padahal baru 4 hari yang lalu kontrol ke dokter Yudit, ketuban masih bagus. Kalo ini sih masih mungkin ya, bisa aja udah rembes tapi aq gak sadar.

ditanya sama dokternya, udah pernah CTG blm? aq bilang belum. Akhirnya aq CTG. Dan hasilnya kurang bagus :(
Kata dokter & susternya, mungkin aq belum makan. disuruh makan dulu. Nanti habis makan CTG lagi. 

Dan hasil CTG juga masih sama :(
entah kenapa kok gak ada gerakan janin. Padahal perut udah keras-keras melulu. Yang biasanya si cabang bayi aktif banget, ini kenapa gak gerak2.


Hasilnya seperti di atas. Kata dokternya hasilnya gak bagus. Susternya menjelaskan, seharusnya detak jantung janinnya itu grafiknya naik turun. tapi ini rata. trus kenapa lagi gitu deh aq lupa. Yang pasti aq disuruh lahiran sekarang. Takut terjadi apa2 dengan janinnya. Aq disugesti untuk sesar. alesannya selain hasil CTG di atas, aq nya juga udah lemes karena nahanin sakit lambung. Takutnya aq gak kuat ngeden kalo lahiran normal. Lagian aq juga takut gak kuat nahan mules, karena harus nunggu sampai pembukaan lengkap.

Duerrr.... bagai kesamber petir nih. Niatnya ke RS buat ngobatin lambung malah disuruh sesar. Sempet bingung, mau konsultasi dulu ke dr. Yudit tapi jam prakteknya udah abis. WA juga lama banget di balesnya. Maklum lah ya, namanya juga dokter.

Binguuung banget waktu itu. Mau ditunda sampe besok, tapi aq harus tanda tangan surat pernyataan kalo nanti ada apa2 dokter gak tanggung jawab. hati kecil pengeeeen banget rasanya ke hermina kontrol ke dr. yudit. Tapi aq juga takut terjadi apa2 sama bayiku kalo di undur-undur. Jangan sampe aq harus kehilangan untuk yang ke sekian kali. Na uzubillah deh.

Yah, apa mau dikata. Telp ke mama yang waktu itu lagi disekolaahnya shakila (acara ulang tahun shakila), telp ke mama mertua juga. Semua pada panik. Akhirnya diputuskan untuk sesar hari itu juga di rs. THB

Jadi, percuma aja ya selama ini aq cari-cari info biaya melahirkan di hermina.hehehehehe....

Ceritanya bersambung ya.....

No comments:

Post a Comment