Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Monday 16 October 2017

Lahiran anak ke-2 part-2

Cerita sebelumnya disini

Lanjut lagi ya.

Liat muka aq dan suami yang kebingungan, seakan susternya pun tau apa yang dipikirkan oleh kita. Susternya langsung bilang "bisa pake BPJS kok pak. Gak usah pake rujukan. ini kan sifatnya urgent".
 
Papanya shakila langsung urus registrasinya, sedangkan aq sendiri langsung dibawa ke ruang bersalin. Ganti baju, trus tiduran deh. Karena udah pengalaman lahiran sesar dan di RS yang sama juga, jadi aq udah tau deh prosedurnya. Oh iya, sebelum masuk ruang bersalin tensi darahku sempet tinggi 140/90. Langsung disuruh tes urine. Ternyata hasilnya negatif. aq gak kelebihan protein. Mungkin karena aq lagi tertekan aja nahan sakit dan stres karena harus lahiran sekarang.

Tinggal nunggu giliran nih buat masuk ruang operasi. Tik tok, tik tok. Sambil nunggu giliran, sempet minta maaf dulu sama mama dan minta doanya biar semua berjalan lancar. Ah, kok aq jadi inget 6 thn lalu ditempat ini, aq lagi meringis nahan mules karena induksi, yang ujung2nya di sesar-sesar juga. ceritanya ada disini

Akhirnya giliran ku sekarang, sampai di dalam ruang operasi, aq disuruh duduk dan sedikit membungkuk untuk disuntik bius. Suntik di pinggang belakang yang menurutku gak sakit. Kok kata orang-orang sakit ya? Begitu biusnya masuk, kaki langsung kesemutan. Dan gak lupa juga bilang ke dokternya kalo lambung ku lagi sakit. akhirnya disuntik obat buat lambung, daaaann.... seketika lambung ku langsung sembuh buh buh...

ah elah, kenapa gak dari tadi aja aq disuntik pake obat yang beginian biar lambung ku gak sakit. kan jadi bisa lahiran normal. Ya sudah lah.

Sempet juga bilang ke dokternya, "dok, kalo mau mulai baca bismillah ya?" serentak dokter anastesi dan susternya bilang "iya bu".

Duh, di ruang operasi ini aq bener-bener gak bisa ngenalin yang mana dokternya. semua pake masker dan tutup kepala. Nah, gak lama ada seorang pria masuk. Dan ternyata itu dokter kandungannya. Dia bilang, "baca doa ya bu, kita mulai". Langsung komat kamit deh nih mulut.

Mulai pembedahan jam 15.55. Perut mulai terasa di goyang-goyang. Selang 10 menit, terdengar suara "oek...oek...". Alhamdulillah bayinya sudah lahir.

Dokter : "selamat ya bu, bayinya perempuan. sehat. lengkap"
aq : "Alhamdulillah"

Dalam proses melahirkan aq ini, gak ada IMD :(
Begitu lahir, bayinya langsung dibawa keruangan lain untuk dibersihkan. Setelah bayinya bersih, susternya balik lagi ke ruang operasi.

Suster : "Ini bu bayinya, perempuan. beratnya 2,6 kg"
sambil dikasih liat ke aq, trus aq disuruh cium bayinya. Perasaannya seneng banget bayinya sehat, tapi bingung juga ya. di USG katanya berat 3,2. lah ini kenapa jadi 2,6 kg. Jauh amat ya... Dah gitu kok gak ada mirip2nya sama aq atau papanya, atau shakila dulu. Ini bener gak sih anak ku?




Ok, abaikan dulu rasa bingung ku. Lanjut ke cerita sesar. Jadi dokter kandungan itu enak bener ya. Dateng ke ruang operasi ketika semua udah siap, belek perut sebentar, jait sebentar, tinggal kabur. Selebihnya bidan dan suster-susternya yang nerusin jaitan. Tuh dokter gak ada setengah jam di ruang operasi.

ok, total aq diruang operasi sekitar 40 atau 45 menit lah. Aq dikembalikan ke ruang bersalin. tunggu 1 jam, liat reaksi ku. Baru lanjut dipindahkan ke kamar perawatan.

hem... lagi-lagi teringat 6 thn lalu. Tapi ada perbedaannya sih sama dulu. Mungkin karena udah pengalaman sesar, jadi sesar kali ini gak terlalu gimana-gimana. Udah lebih tenang menghadapinya.

Dulu shakila ditaruh diruang bayi. Sekarang bayinya rooming in sama ibunya. Seneng sih bisa kapan aja liat bayinya. Bisa sering-sering juga merangsang biar ASI nya keluar. Tapi kendalanya, aq kan abis sesar. belum bisa miring-miring dengan leluasa. Dah gitu, gak ada box bayi. Jadi si bayi 1 kasur sama ibunya ;(
Laaah,.... takut gelinding anaknya dong. Dah gitu anaknya nangis melulu, sedangkan ASI ku belum keluar. Mana banyak nyamuk lagi. gak ada kelambu bayi. AC kamar mati. Padahal aq kelas 1 :(
Kasian kan.

duh, dengan sangat terpaksa aq menyerahkan anak ku untuk dirawat diruang bayi. Yang suasananya lebih layak. Dan aq pun harus rela untuk sementara bayinya dikasih sufor karena ASI belum keluar. Padahal aq tau teori "bayi baru lahir punya persediaan makanan selama 3 hari" tapi tetep aja takut kenapa2 kalo dia gak minum sama sekali :(

Saat beberapa jam setelah lahiran, ada WA masuk. Dan ternyata WA dari dokter Yuditya. Memang sebelumnya aq sempet nanya tentang hasil CTG bayiku. dan ini wa dari dokter yuditya.






duh, jadi ngerasa gak enak sama dokter yudit. Untung dokter Yudit baik. hehehehehe....

Yah, itulah dua penggal cerita ku saat lahiran. Syukuri aja apa yang terjadi. Alhamdulillah masih dikasih kepercayaan sama Allah setelah 3x keguguran :)

Lahiran anak ke-2 Part-1
Welcome my 2nd baby girl

2 comments:

  1. siang...
    aku boleh minta nomer hp dr yuditia purwosunu?
    krn aku lg kontrol k dokter tsb kmrn cm lupa minta no hpnya..
    boleh email k vonny_ryani@yahoo.com
    trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang mba. maaf banget ya telat bales komen nya.
      ini nomer HP dr. Yuditia : 0811-1681-545
      semoga aja belum ganti ya.
      soalnya saya udah lama gak contact beliau.

      Delete