Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Friday 24 February 2012

Agar asi lancar dan melimpah

Banyak ibu baru yang sering merasa kesulitan saat awal-awal harus memberikan ASI untuk bayi mereka. Bahkan tak sedikit para ibu yang ASInya tidak bisa langsung keluar setelah melahirkan. Ditambah lagi, bayi baru lahir biasanya sering mengalami kebingungan puting.

Akhirnya, entah karena frustrasi atau kurang sabar, dan juga kasihan dengan bayi yang kelaparan, susu formula pun menjadi pilihan. Padahal, sebenarnya kita hanya perlu sedikit bersabar dan berusaha. Ada banyak cara untuk dapat membuat ASI Anda menjadi lancar dan berlimpah.

Bagaimana caranya?
  1. Kurangi konsumsi kopi dan makanan berkafein, serta jauhi rokok.
  2. Banyak minum air putih. Semakin banyak Anda minum, maka akan semakin banyak ASI yang terproduksi.
  3. Minum habbatus sauda’ atau jintan hitam untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI.
  4. Perbaiki kualitas makanan yang Anda makan. Maksudnya, Anda harus rajin dan banyak makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah, serta daging dan susu.Pilihlah sayur-sayuran yang dapat mengentalkan ASI, serta membuat ASI menjadi enak untuk bayi Anda. Dengan demikian, bayi akan merasa kenyang, sehingga tidurnya pun nyenyak.
  5. Biarkan bayi Anda menyusu langsung dari Anda. Meski awalnya sulit, Anda merasa payudara Anda sakit dan terluka karena awal-awal menyusui, serta ASI yang keluar sangat sedikit, Anda tetap harus berusaha. Jangan patah semangat. Terkadang, tangisan bayi memang akan membuat kita frustrasi. Maka cobalah untuk relaks. Sikap santai Anda akan membuat ASI keluar dengan lancar. Tapi, bila kita emosi, maka ASI akan sulit keluar.
  6. Tingkatkan frekuensi menyusui/memompa/memeras ASI. Jika anak belum mau menyusu krn masih kenyang, perahlah / pompalah
    ASI. Ingat ! produksi ASI prinsipnya based on demand sama spt prinsip
    pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin
    banyak yg ASI yg diproduksi.
  7. Kosongkan payudara setelah anak selesai menyusui
  8. Ibu harus dalam keadaan relaks. Kondisi psikologis ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan asi eksklusif. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam membarikan asi eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran "duh asi peras saya cukup ga ya?" maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi asi) untuk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi asi menurun. Disini sebetulnya peran besar sang ayah. Jika ayah mendukung maka asi akan lancar. Mendukung bisa dengan berbagai cara mulai dari menyemangati sitri hingga hal-hal lain seperti menyendawakan bayi setelah menyusu, menggendong bayi untuk disusukan ke ibunya, dsb.
  9. Hindari susu formula. Terkadang karena banyak orangtua merasa bahwa ASInya masih sedikit atautakut anak gak kenyang, banyak yg segera memberikan susu formula. Padahal pemberian susu formula itu justru akan menyebabkan ASI semakin tidak lancar. Anak relatif malas menyusu atau malah bingung puting terutama pemberian susu formula dg dot. Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya akan kekenyangan. Sehingga volume ASI makin berkurang. Makin sering susu formula diberikan makin sedikit ASI yg diproduksi. 
  10. Hindari dot, empeng, dkk. Jika ibu ingin memberikan ASI peras/pompa (ataupun memilih susu formula) berikan ke bayi dg menggunakan sendok, bukan dot ! Saat ibu memberikan dg dot, maka anak dapat mengalami BINGUNG PUTING (nipple confusion). Kondisi dimana bayi hanya menyusu di ujung puting seperti ketika menyusu dot. Padahal, cara menyusu yang benar adalah seluruh areola (bag. gelap di sekitar puting payudara) ibu masuk ke mulut bayi. Akhirnya, si kecil jadi ogah menyusu langsung dari payudara lantaran ia merasa betapa sulitnya mengeluarkan ASI. Sementara kalau menyusu dari botol, hanya dengan menekan sedikit saja dotnya, susu langsung keluar. Karena itu hindari penggunaan dot dsbnya.
  11. Datangi kliknik laktasi.Jangan ragu untuk menghubungi atau konsultasi dg klinik laktasi. Disana ibu dan ayah mendapatkan masukan secara teknis agar ASI tetap optima.  
  12. Lakukan perawatan payudara : Massage / pemijatan payudara dan kompres air hangat & air dingin bergantian 

Nah, kini, tahukah Anda, makanan apa sajakah yang disarankan oleh pakar gizi agar ASI Anda lancar dan berlimpah?

1. Daun katuk.  
Daun katuk memiliki kandungan  vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna. Sudah menjadi tradisi yang turun temurun, bahwa ibu menyusui yang banyak mengkonsumsi daun katuk, ASInya akan berlimpah dan kental.

2. Almond. 
Almond mengandung banyak kalsium yang sangat baik bagi Anda yangs edang menyusui. Almond juga sangat tinggi kalori dan tidak menyebabkan iritasi pada anak-anak, tetapi melakukan keajaiban untuk ASI Anda.

3. Pare atau paria.
Sayuran ini memang sangat pahit rasanya. Tapi, ternyata pare memiliki khasiat yang sangat manjur untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI, sehingga bayi akan mudah kenyang. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker.

4. Kacang hijau.
Vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat yang terkandung dalam kacang hijau membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu.

5. Pepaya.
Buah murah meriah ini mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik bagi ibu menyusui agar tidak mudah capek / lelah, serta ASI yang diproduksi akan berlimpah. Bunga pepaya juga baik untuk menambah nafsu makan ibu.

6. Bayam.
Bayam sangat baik untuk kekebalan tubuh bayi, terutama bayi yang baru lahir. Kandungan vitamin A, B6, C, E, K, asam folat, riboflavin, fosfor, kalium, protein, zat besi, karoten, dan thiamin dalam bayam sangatlah baik.

No comments:

Post a Comment