Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Tuesday 21 February 2012

Menyanyi untuk bayi


Pagi, siang, malam atau tengah malam bila bayi Anda terbangun dan butuh bantuan untuk tidur kembali, menyanyi dapat Anda lakukan. Jangan bingung, Anda tak perlu kursus menyanyi untuk bisa menyanyikan lagu bagi bayi. Sumbang atau tidak nada yang Anda nyanyikan, bayi Anda takkan protes. Yang ia tahu, ia sangat senang mendengar suara Anda.

Persiapan: Tak dibutuhkan banyak peralatan. Bayi dalam keadaan mengantuk atau sedang siap bermain pun tak jadi masalah. Yang penting ia tidak sedang kelaparan  ingin menyusu.

Persiapkan diri Anda dengan sebanyak-banyaknya perbendaharaan nyanyian. Ingat kembali lagu-lagu yang pernah Anda dengar semasa kecil, juga lagu-lagu daerah yang Anda kuasai. Maksudnya, bila bayi Anda tampak tak suka dengan lagu yang sedang Anda nyanyikan, Anda bisa beralih ke lagu lain.

Cara bermain:
  • Letakkan bayi Anda pada posisi senyaman mungkin. Bisa di pangkuan Anda, bisa juga telungkup di hadapan Anda. Usahakan ia dan Anda saling bertatap muka.
  • Pilih lagu yang pendek dan biasa dinyanyikan anak-anak seperti Cicak di Dinding, Burung Kakatua atau lagu lain yang kata-katanya bisa Anda ganti sesuai nama bayi Anda.
  • Masukkan nama bayi Anda sesering mungkin dalam lagu bila memungkinkan. Misalnya Anda menyanyi lagu ”Sebelum Kita Makan”, ganti kata ’kita’ menjadi nama bayi Anda.
  • Gunakan sebanyak mungkin variasi, misalnya menyebut nama kakak, ayah dan bunda, bisa juga binatang peliharaan di rumah Anda.  Sambil bernyanyi Anda bisa menunjukkan obyek yang dinyanyikan.  Seperti "Cicak di Dinding" sambil menunjuk binatang cicak yang sedang menempel di dinding, dan sebagainya.
  • Gunakan music book, nyanyikan lagu-lagu yang ada dalam buku musik bila Anda kehabisan ide nyanyian untuk dinyanyikan.
  • Bila bayi Anda tidak di pangkuan Anda, gunakan tangan Anda untuk bergaya.

Yang dipelajari bayi dari nyanyian:
  • Berbahasa dan berbicara
  • Keterampilan mendengarkan
  • Interaksi sosial
Hati-hati:
  • Kenali bahasa tubuh bayi. Bila ia mulai gelisah berhentilah menyanyi. Mungkin ia ingin berubah posisi, mungkin juga mulai lapar. Bila Anda memaksanya, ia bisa marah
Sumber : http://www.ayahbunda.co.id

No comments:

Post a Comment