Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Saturday 18 February 2012

Bermain sambil melatih saraf motoriknya


Senang rasanya menjadi ibu baru. Tapi rasanya bingung juga apa yang harus aku lakukan agar anakku tumbuh menjadi anak yang cerdas. Jika ada waktu, mulai baca-baca artikel. Searching sana-sini untuk mencari informasi. Hal yang paling mudah untuk aku lakukan adalah memberikan sarana bermain yang syarat akan manfaat. Salah satunya melatih syaraf motorik.


Hem… kayaknya aku harus ngumpulin duit nih buat beli mainan yang bermanfaat. Mainan pertama yang aku beli adalah kemidi puter atau apa sih namanya aku ga tau (^_^)!
Lumayan lah buat melatih penglihatannya. Kan warna warni tuh. Biasanya baby suka sama warna-warna yang mencolok.
 



Aku beli juga kerincingan, buat melatih pendengarannya. Cuma hati-hati kalo lagi mainan itu, harus bener-bener di liatin. Takut ke getok. He..he..he… soalnya kan bahannya keras dari plastic.

Mainan selanjutnya adalah teether (mainan untuk di gigit-gigit). Menurutku daripada gigit tangan, mending gigit teether. Bagus juga kan untuk merangsang pertumbuhan gigi & motorik halusnya.

Tak lupa juga aku membelikannya gelang rattle. Lumayan buat lucu-lucuan. He..he..he..
Gelang ini kalo di goyang-goyang ada bunyinya krincing-krincing gitu. Trus gambar bonekanya lucu-lucu. Berguna untuk melatih saraf motoriknya. Merangsang untuk dia menggoyangkan tangannya, sambil mendengarkan bunyi-bunyian. Bayi jadi belajar sebab akibat kan..? jika gelangnya di goyangkan, maka akan timbul suara krincing.


Dari yang kecil sampai yang besar. Ho..ho..ho… apa sih yang ga buat anak. Akhirnya aku beliin kolam renang. Lumayan kan bisa irit ga harus ke baby spa. Bisa berenang kapanpun sesuai mood si kecil. Tapi…… harus sabar ya mompa kolamnya. Wuih, cuapek bener…Udah gitu capek juga ngisi airnya. Harus air hangat pula.
Manfaat berenang untuk bayi banyak sekali loh., makanya walaupun sedikit mahal, aku bela-belain deh dibeli tuh barang. 
Nih manfaatnya untuk bayi 
1. Anak yang sejak bayi diajarkan berenang di air memiliki IQ yang lebih tinggi
2. Berenang Merangsang Motorik di seluruh tubuh Bayi
3. Membantu pertumbuhan tubuh bayi
4. Berenang dapat membantu perkembangan dan memperkuat jantung dan paru-paru pada bayi
5. Menambah Nafsu Makan Bayi
6. Membuat bayi tidur lebih nyenyak.
7. Berenang melatih penglihatan, pendengaran, sentuhan dan keseimbangan pada bayi .

Siapa coba yang nggak ngiler buat beli kolam renang kalo tau segitu banyak manfaatnya untuk bayi.

Barang selanjutnya adalah Play gym. Bermanfaat untuk melatih saraf motorik halusnya. Merangsang bayi agar lebih aktif. Di saat  shakila mulai lebih aktif tangannya, langsung aja aku beliin deh mainan ini. Pertama kali mainin, langsung semangat. Ga Cuma tangannya aja yang main, kakinya juga ikut-ikutan mainan.he..he..he…

Mainan ini fleksibel kok. Ga selalu dimainkan saat tiduran. Sambil duduk juga bisa. Kalo Shakila udah mau belajar jalan, mainan ini bisa di pake untuk dorong-dorong sambil buat pegangan kalo dia jalan.
Harga cukup terjangkau.tergantung belinya dimana. Mending di toko baby atau pasar yang bisa di tawar.


 


 
Setiap bayi itu berbeda, ada yang takut saat mandi (mandi itu menyebalkan), ada juga yang senang ketika mandi. Nah gimana caranya biar saat-saat mandi itu menjadi hal yang menyenangkan untuk Shakila. Pilihanku jatuh pada bak mandi yang lucu. Kayak gini nih. Bentuknya sih macem-macem. Tapi aku suka yang bebek.

Sssttt…. Tau ga di foto ini sebenernya Shakila belum bisa duduk sendiri. Tapi pake bak mandi ini shakila jadi bisa duduk.he..he..he..

Liat asyikkan mandinya, bisa sambil mainan. Dijamin ga licin baknya, jadi saat shakila duduk, ga bakalan merosot. Ada indicator airnya lagi. Kalo kepanasan indikatornya berubah menjadi berwarna putih. Mulut bebeknya bisa berbunyi wek..wek.. wek..wek.. kalo di pencet.lucu kan…
Kalo ga dipake mandi, bisa buat duduk2 sambil ditaroin mainan. bisa juga buat duduk santai kayak gambar disamping. Multifungsi kan….









Sebenernya masih banyak mainan yang masih belum kebeli. Next time mungkin aku bisa certain pengalaman shakila kalo baca buku (Soft book). Tapi nanti ya kalo udah beli. Soalnya barang yang ini agak susah dicari.


No comments:

Post a Comment