Assalamualaikum wr. wb

Blog ini sebenarnya adalah sebagian besar berisi informasi tentang bayi dan balita.
karena aku mempunyai anak yang masih bayi.
Semua informasi yang aku pernah dapatkan, aku usahakan untuk di posting di blog ini dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.
Demi kemajuan blog ini, tolong tinggalkan komentar atau vote anda.
Boleh juga kritik dan saran yang membangun.


Wassalamualaikum wr. wb
Bundanya Shakila


Monday 20 February 2012

BERAPA LAMA BAYI BUTUH TIDUR ?


Tidur merupakan hal penting bagi kesehatan, termasuk bagi kesehatan bayi Anda. Seberapa lama waktu tidur yang diperlukan oleh seorang bayi? Hal ini sangat bervariasi.  Tapi yang jelas, tanpa tidur yang cukup akan timbul sejumlah gangguan, baik itu gangguan secara fisik maupun secara emosi.
Berikut adalah kebutuhan rata-rata lamanya waktu tidur bayi disesuaikan dengan usianya.
1. Usia nol hingga tiga bulan
Bayi yang baru lahir umumnya memerlukan 17-18 jam sehari untuk tidur.  Sungguhpun demikian, bayi Anda tidak akan ttidur lebih dari tiga sampai empat jam dalam sekali waktutidue.  Menjelang usia tiga bulan kebutuhannya untuk tidur menjadi sekitar 15 jam per harinya.
Banyak pakar menyarankan, agar saat tidur di malam hari bayi berada di dekat orang tuanya, terutama selama enam bulan pertama usia bayi yang bersangkutan.
2. Usia tiga hingga enam bulan
Pada usia tiga hingga enam bulan, bayi Anda akan beberapa kali terjaga di malam hari.  Akibatnya Anda harus bersiap untuk terbangun pula di malam hari. Tapi, menjelang usia enam bulan umumnya bayi sudah mampu tidur menyeluruh sepanjang malam. Di jenjang usia tiga sampai enakm bulann, bayi Anda memerlukan rata-rata 15 jam untuk tidur per harinya.
3. Usia enam hingga sembilan bulan
Pada jenjang usia enam hingga sembilan bulan, bayi memerlukan sekitar 14 jam untuk tidurper harinya. Dalam hal ini, bayi mampu tidur selama tujuh jam penuh pada satu kali masa tidur. Menjaga secara konsisten waktu tidur bayi Anda akan sangat membantu mengatur pola tidurnya.
4. Usia sembilan hingga  dua belas bulan
DI usia antara sembilan hingga  dua belas bulan, bayi Anda memerlukan rata-rata 112 jam tidur dimalam hari serta ditambah beberapa jam (antara 1.5 – 2 jam) tidur siang. Pastikan bayi Anda tidur dengan cukup karena tidur sangat penting bagi perkembangannya.  SEcara konsisten, Anda mesti pula memberlakukan jam tidur siang secara rutin kepada bayi Anda.
5. Usia dua belas hingga delapan belas bulan
Pada usia antara dua belas hingga delapan belas bulan, bayi Anda memerlukan rata-rata 11 jam tidur di amalam hari dan beberapa jam lagi di siang hari.Menjelang usia delapanbelas bulan, bayi Andan cuma memerlukan sekali waktu untuk tidur siang, dengan durasi antara 1.5 – 2 jam.
6. Usia delapan belas hingga dua puluh empat bulan
Pada usia delapan belasm hingga dua puluh empat bulan, bayi Anda memerlukan rata-rata 10-12 jam untuk tidur di malam hari ditambah dua jam tidur  di siang  hari.  Beberapa bayi masih memerlukan dua kali tidur siang  pada rentang usia ini.
Para pakar menyatakan, Anda sebaiknya menghndari membiarkan anak Anda sangat bergantung pada faktor-faktor dari luar — seperti musik, cahaya dan makan — yang membuatnya bisa segera tidur.  Mengapa? Kalau ini terjadi, anak Anda akan selalu memerlukan hal-hal tersebut setiap kali terjaga di malam hari sebelum ia bisa tidur kembali.

No comments:

Post a Comment